"Salah satu rahasia meraih sukses di tempat kerja ada pada "bahasa tubuh" (body language). Karena komunikasi verbal hanya sekitar 10 %, menurut Judi James, pengarang Body Talk at Work."
Mantapkan "karier" anda dengan "bahasa tubuh" yang tepat di tempat kerja. Simak cara mengirim signal positif di kantor:
1. Berpikir positif. Pikiran negatif membuat hati tak tenang dan akan tercermin pada gerak "tubuh". Buang jauh-jauh rasa takut yang anda rasakan. Berpikir positif akan membuat anda makin tampil penuh percaya diri.
2. Mendengar dengan baik. Jangan menyilangkan tangan, karena terkesan defensif, kata John Mole, ahli "bahasa tubuh". Jangan mengetik saat diajak bicara. Lakukan kontak mata agar lawan bicara merasa dihargai.
3. Posisi dalam rapat. Lokasi duduk dalam rapat sama pentingnya dengan cara duduk, kata Judi James. Selalu duduk di tempat yang sama pada setiap rapat mengesankan kalau anda bukan orang yang dinamis.
4. Cara jalan. Meski tak perlu bergaya bak peragawati di catwalk, berjalan dengan benar sangat efektif untuk 'mengiklankan' diri, kata Judi James. Jangan berjalan menunduk. Tegapkan "tubuh" dan lebarkan senyuman.
(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).