Minggu, 30 Oktober 2011

"Efek Stres, Jangka Pendek - Jangka Panjang"

"Kota besar memang punya sejuta daya tarik. Tapi sebenarnya banyak tekanan yang dapat mengakibatkan "stres" pada tubuh kita."


Efek "stres" terhadap tubuh kita dalam "jangka pendek" dan "jangka panjang":

1. Otot dan tulang akan melepaskan kandungan asam amino untuk menyiapkan energi "jangka pendek" yang diperlukan oleh tubuh. Dalam "jangka panjang", otot dan tulang mudah patah, tanpa bisa digantikan dengan sempurna.

2. Glukosa yang disimpan dalam tubuh berupa glikogen, akan diubah jadi glukosa darah untuk menghasilkan energi "jangka pendek". Dalam "jangka panjang", keseimbangan glukosa darah terganggu, akibatnya kelenjanr adrenal dan pankreas mendapat tekanan untuk bekerja lebih keras.

3. Dalam "jangka pendek", darah akan menahan sodium supaya tekanan darah naik sesaat. Dengan demikian, gizi dan oksigen dapat disalurkan dengan lebih efisien dan optimal ke otot, serta mempercepat pembuangan karbon dioksida dan zat tak berguna dari dalamtubuh. Dalam "jangka panjang", tekanan darah yang meningkat membuat otot jantung bekerja lebih keras; kadar sodium yang meningkat akan mempengaruhi aliran gii ke dalam dan keluar sel tubuh, hingga akibatnya ritme jantung jadi terganggu.
4. Dalam "jangka pendek", ketika "stres", maka tubuh akan melepas kortisol (sejenis hormon steroid), yang mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi pada tubuh. Dalam "jangka panjang", produksi kortisol berlebihan lama-kelamaan akan menekan respons dya tahan tubuh, sehingga kemungkinan tubuh terkena infeksi juga meningkat.

5. Dalam "jangka pendek", meningkatnya kadar kortisol akan menjadi senjata untuk melawan peradangan yang mungkin timbul akibat cidera tubuh. Dalam "jangka panjang", kortisol membuat glukosa darah meningkat, hal ini memicu diproduksinya hormon insulin. "Stres" berke"panjang"an akan membuat tubuh jadi lelah dan sel-sel penghasil insulin tak dapat bekerja dengan baik.

6. Dalam "jangka pendek", kandungan lemak akan dilepaskan dari jaringan tubuh untuk menghasilkan energi ekstra yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini pada beberapa kasus akan membuat kolesterol dan lemak dalam darah meningkat. Dalam "jangka panjang", meningkatnya lemak dalam darah akan membuat kadar trigliserida dalam tubuh naik. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan untuk terkena penyakit-penyakit kardiovaskuler.

(Sumber: Cosmopolitan. You & The City, Edisi Oktober 2002).

"Aneka Herbal Tea Untuk Kesehatan"

"Suka minum "teh" kental manis? Hmm.... rasanya memang enak! Tapi, jadi tak enak efeknya bagi tubuh bila anda minum "teh" terlampau banyak."
Meminum secangkir "teh" tiap hari, tetap aman bagi tubuh asal tidak pakai gula! Tapi, bila anda membatasi diri atau bahkan tidak meminumnya sama sekali, dijamin tubuh jadi lebih "sehat"! Ada beberapa herbal "tea" yang perlu anda ketahui yang berkhasiat untuk "kesehatan".

1. Apple dan ginger "tea", berkhasiat menyembuhkan sakit perut.

2. Camomile "tea", berkhasiat menenangkan dan menyegarkan tubuh.

3. Chicory coffee, minuman pengganti kopi karena tidak mengandung kafein. Terbuat dari esens tanaman chicory.

4. Cinnamon "tea", berkhasiat mengurangi kelelahan; sangat baik diminum ketika tubuh terasa lesu.

5. Ginger "tea", berkhasiat mendinginkan perut yang sedang panas, dan sangat baik diminum ketika sakit kepala.

6. Green "tea", dipercaya dapat melawan kanker dan menghancurkan lemak.

7. Lemon balm-"tea", berkhasiat dapat membuat tidur nyenyak; dan menenangkan kegugupan.

8. Peppermint "tea", membantu penyerapan makanan; sangat baik diminum setelah makan.

(Sumber: Cosmopolitan, You & The City, Edisi Oktober 2002).

"Tingkat Desibel Kebisingan Di Sekitar Kita"

"Suara di sekitar kita ternyata punya tingkat "desibel" yang berbeda-beda. Kata mencegah mungkin tak tepat, karena suara yang dihasilkan dari benda apapun di sekitar kita telah jadi bagian dari kehidupan manusia."


Jadi, yang dapat kita lakukan adalah beradaptasi dan mencari cara untuk menetralisir polusi tersebut. Seberapa jauh tingkat kebisingan dapat merusak pendengaran kita, sebenarnya juga sangat tergantung pada kerasnya suara dan lamanya kita mendengar suara tersebut. Misalnya, pada tingkat 80 "desibel", dalam 16 jam kebisingan akan merusak pendengaran kita. Sedangkan pada tingkat 115 "desibel", pendengaran kita akan rusak hanya dalam hitungan 10 menit saja. Agar lebih mudah dibayangkan, bar atau cafe rata-rata memasang musiknya pada tingkat 100 "desibel" atau lebih, begitu juga dengan sebuah pesawat boeing 747 yang sedang lepas landas.

Ada baiknya anda mengetahui tingkat kebisingan di sekitar anda:

a. Suara roket: 180 "desibel".
b. Gemuruh tepuk tangan; Klab malam atau bar (1 meter dari loud speaker): 120 "desibel".
c. Mesin bor pada jarak 5 meter; Pesawat boeing 747-100 lepas landas dari dalam bandara: 100 "desibel".
d. Suara mesin-mesin berat seperti traktor: 90 "desibel".
e. Sirine polisi: 85 "desibel".
f. Pesawat boeing 747-400 yang akan mendarat; Musik dari perangkat stereo pada volume yang dipasang hampir maksimum; Deru mesin cuci: 80 "desibel".
g. Penghisap debu dari jarak 3 meter; Dering telepon dari jarak 2 meter: 70 "desibel".
h. Percakapan normal: 60 "desibel".
i. Arus lalu lintas yang tidak padat; Bunyi peluit ketel pada jarak 0,5 meter: 50 "desibel".
j. Lemari es pada jarak 2 meter: 40 "desibel".
k. Bisikan perlahan, misalnya di perpustakaan: 30 "desibel".
l. Gemerisik daun tertiup angin: 10 "desibel".
m. Tidak ada suara sama sekali: 0 "desibel".

(Sumber: Cosmopolitan, You & The City, Edisi Oktober 2002). 

Sabtu, 29 Oktober 2011

"Buang Jauh Si Pengganggu Kesehatan"

"Kelihatannya kecil dan tak berbahaya. Tapi bila terus dilakukan, kebiasaan-kebiasaan ini bisa berakibat buruk bagi "kesehatan".


Kalau anda ingin selalu tampak "sehat" dan bugar, buang jauh-jauh si pengganggu "kesehatan" berikut ini:

1. Tak minum cukup air putih.

2. Melewatkan makan pagi.

3. Makanan kecil di siang hari.

4. Beli makan malam di luar.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan. It's All About You, Edisi Maret 2002).

"Agar Anda Selalu Gaya"

"Menurut Emme (seorang model ternama), setiap wanita bisa tampil "gaya". Yang penting kita tahu apa yang harus dihindari."


Agar "anda" selalu "gaya", ikuti tips berikut ini:

1. Jangan tutupi tubuh "anda" dengan baju-baju longgar (kebesaran). Karena akan membuat "anda" tambah besar. Sebaliknya coba kenakan baju yang lebih pas (tetapi tidak ketat). Baik untuk atasan maupun bawahan.

2. Jangan pakai celana yang ketat di bagian perut. Carilah celana yang nyaman di pinggang dan perut. Usahakan terbuat dari bahan yang agak berat. Jatuhnya pasti bagus di kaki.

3. Pakai pakaian dalam seksi. Bila "anda" memilih jas berkancing ganda (double-breasted), sebagai dalaman, pakailah body-suit yang terbuat dari baha katun dan stretch, seperti dari Marl & Spencer. Dijamin "anda" nyaman dan seksi.

4. Pamerkan kaki yang seksi. Bila kaki "anda" panjang, pamerkan dengan memakai rok yang agak pendek.

5. Warna baju harus cocok dengan kulit "anda". Ini akan membuat "anda" tampak lebih ramping dan menarik.

6. Setiap wanita harus punya sheath dress. Gaun panjang lurus hingga mata kaki, dengan belahan di samping. Juga sepasang sepatu berhak tipis yang memanjangkan kaki. Hindari hak tebal.

7. Coba rok lilit. Model membuat tubuh "anda" tampak lebih seimbang dan membuat perut "anda" lebih rata.
(Sumber: Cosmopolitan .It's All About Beauty & Style, Edisi Mei 2002).

Minggu, 23 Oktober 2011

"Pakai Shampo Yang Benar"

" Bagaimana cara memakai "shampo" yang "benar" supaya rambut anda tetap sehat? Ada beberapa langkah dalam pemakaian "shampo" yang dapat anda praktekkan."


Langkah pertama: basahi rambut secara merata. Anda boleh pakai air dingin atau air yang agak hangat, tetapi jangan terlalu panas karena nanti bisa membuat rambut jadi tambah kering.

1. Tuang "shampo" sebesar uang logam Rp.100,- yang baru, di telapak tangan. Jumlah ini untuk rambut pendek  sampai sepunggung. Untuk rambut sepinggang, tambahkan satu takaran lagi, gosok di bagian tengah dan ujung rambut.

2. Gosok tangan, dan usapkan "shampo" ke kulit kepala dengan ujung jari. Jangan digaruk, apalagi pakai kuku, karena dapat melukai kulit kepala.

3. Bawa busanya ke helai rambut. Kalau rambut anda panjang, jangan ditumpuk atau digulung di atas kepala, karena kotoran akan tertinggal di sana.

4. Bilas dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup.

5. Untuk mengeringkan rambut, tepuk-tepuk saja dengan handuk yang kering. Jangan digosok-gosok karena dapat melemahkn akar rambut dan membuatnya rontok.

6. Di salon, rambut diberi "shampo" dua kali. Itu karena akan membuat anda merasa lebih nyaman. Kalau di rumah, sekali saja sudah cukup efektif.

(Sumber: Cosmopolitan Hair, Edisi November 2002).

5 Penyebab Rusaknya Rambut"

"Apabila anda menginginkan "rambut" anda tetap sehat, anda harus menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan "rambut" anda "rusak".


Ada 5 penyebab yang dapat mengakibatkan "rusak"nya "rambut" anda. 

1. Menggunakan terlalu banyak produk. Semua penata "rambut" sependapat bahwa wanita sering sekali menggunakan berbagai macam produk, tanpa peduli apakah sesuai atau tidak dengan jenis "rambut"nya.
2. Terlalu stres. Apabila "rambut" anda banyak yang rontok, mungkin karena anda teralu stres. Cobalah untuk menangkan diri, karena ini akan baik untuk "rambut" anda juga.

3. Terlalu banyak perubahan. Wanita sering sekali mengubah gaya "rambut"nya dari lurus jadi keriting dan sebaliknya, serta me"rusak" "rambut"nya dengan zat kimia dan pemanasan. Temukan gaya "rambut" yang anda suka dan setialah pada gaya tersebut setidaknya selama enam bulan.

4. Warna-warni. Pewarnaan dan highlight akan terlihat bagus, asal dilakukan dalam batas wajar. Terlalu sering berganti warna "rambut" dalam waktu yang singkat hanya akan me"rusak" "rambut" anda.

5. Terlalu banyak 'perangkat'. Banyak wanita menang menggunakan berbagai perangkat seperti straightening iron atau pengering "rambut" setiap hari, bahkan dua kali sehari. Gunakan beberapa hari sekali saja.

(Sumber: Cosmopolitan Hair, Edisi November 2002)

Jumat, 21 Oktober 2011

"Pentingnya "bahasa Tubuh Dalam Berkarier"

"Salah satu rahasia meraih sukses di tempat kerja ada pada "bahasa tubuh" (body language). Karena komunikasi verbal hanya sekitar 10 %, menurut Judi James, pengarang Body Talk at Work."


Mantapkan "karier" anda dengan "bahasa tubuh" yang tepat di tempat kerja. Simak cara mengirim signal positif di kantor:

1. Berpikir positif. Pikiran negatif membuat hati tak tenang dan akan tercermin pada gerak "tubuh". Buang jauh-jauh rasa takut yang anda rasakan. Berpikir positif akan membuat anda makin tampil penuh percaya diri.

2. Mendengar dengan baik. Jangan menyilangkan tangan, karena terkesan defensif, kata John Mole, ahli "bahasa tubuh". Jangan mengetik saat diajak bicara. Lakukan kontak mata agar lawan bicara merasa dihargai.

3. Posisi dalam rapat. Lokasi duduk dalam rapat sama pentingnya dengan cara duduk, kata Judi James. Selalu duduk di tempat yang sama pada setiap rapat mengesankan kalau anda bukan orang yang dinamis.

4. Cara jalan. Meski tak perlu bergaya bak peragawati di catwalk, berjalan dengan benar sangat efektif untuk 'mengiklankan' diri, kata Judi James. Jangan berjalan menunduk. Tegapkan "tubuh" dan lebarkan senyuman.
(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).

"Hindari Stres Di Pagi Hari"

"Rutinitas sehari-hari tanpa disadari adalah pemicu timbulnya "stres". Aktivitas paling tinggi ternyata terjadi di "pagi" hari."


Sibuknya anda menyiapkan perlengkapan bekerja dan makan "pagi". Belum lagi ketegangan ("stres") yang menyertainya. Untuk itu antisipasi "stres" sebelum hal ini terjadi. Hindari "stres" di "pagi" hari. Cobalah rileks dengan langkah berikut:

1. Pasang gambar yang menenangkan. Letakkan lukisan atau foto di sekitar tempat tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M menunjukkan, melihat gambar alam dapat segera menurunkan tekanan darah dan ketegangan otot.

2. Nikmati saat mandi "pagi". Menurut Steven Alper, dari The Scripps Center for Integrative Medicine, Amerika, pusatkan pikiran pada sensasi saat mandi air panas dengan pancuran. Kenikmatan yang dirasakan adalah obat penurun "stres" mujarab.
3. Tak harus sempurna. Jangan terlalu tegang memikirkan sesuatu yang tak sempat anda kerjakan. Misalnya, piring kotor belum dicuci atau rumah yang masih berantakan. Berpikir segala sesuatunya masih dapat dikontrol akan membuat pikiran anda tenang.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).

"10 Ritual Tampil Cantik Dan Menawan"

"Tampil "cantik" dan "menawan" tidaklah sulit. Ada beberapa "ritual" ke"cantik"an yang sudah teruji khasiatnya. Jangan bosan untuk melakukannya."


1. Hapus semua make-up sebelum tidur.

2. Jangan ganggu jerawat.

3. Gunakan alas bedak.

4. Pulas perona pipi.

5. Rapikan tas make-up.

6. Gunakan warna make-up yang pantas.

7. Jaga keindahan kuku.

8. Pakai conditioner.

9. Alis jangan botak.

10. Perhatikan tanggal kadaluwarsa make-up anda.

Apabila anda lakukan secara teratur dan penuh disiplin, pasti anda akan selalu terlihat "cantik menawan". Jadi lakukan "ritual" di atas mulai sekarang juga.

"Tips Mendekati Bos Baru"

"Apabila di lingkungan kerja anda ada pergantian "Bos", bagaimana kiat anda untuk mendekati "Bos baru" anda? Karena akrab dengan "Bos baru" sangat penting untuk dilakukan."


Berikut tips untuk mendekati "Bos baru" anda:

1. Pelajari karakter "Bos baru". Sesuaikan sikap dan perilaku anda.

2. Bersikaplah pro-aktif dan berinisiatif menjalin keakraban dengan "Bos baru". Baca keinginannya. Segera tindak lanjuti sebelum diminta.

3. Bersikaplah terbuka terhadap "Bos baru" anda. Supaya "Bos baru" anda memahami situasi yang anda hadapi.

4. Cari tahu kehidupan pribadi "Bos baru" anda. Misalnya soal keluarga. Ajak bicara dalam suasana santai.

5. Dilarang keras lip service dengan "Bos baru". Apalagi cari muka (carmuk).

"Persiapan Presentasi"

"Persiapan matang mengurangi ketegangan. Sebelum "presentasi", anda harus sangat siap. Kuasai materi "presentasi" dan pemakaian alat "presentasi".


Berikut ini tips dalam persiapan "presentasi" yang dapat anda lakukan:

1. Jangan lupa cari tahu siapa audience dalam "presentasi" yang anda lakukan. 

2. Baca situasi psikologis audience, kemauan dan keinginan yang tak diucapkan. 

3. Cermati bahasa tubuh mereka. 

4. Antisipasi reaksi mereka. 

5. Busana sebaiknya sepadan dengan citra yang ditampilkan dan menambah kepercayaan diri anda. 

6. Nikmati saat anda ber"presentasi"

7. Lakukan tanpa beban. 

8. Senyum dan ingat, apabila anda menyenangi yang anda "presentasi"kan, orang lainpun akan menyenangi pula.

"Tidur Nyenyak Di Malam Hari"

"Terlalu banyak "tidur" siang membuat anda susah terlelap di "malam" hari. Ciptakan kualitas "tidur" anda dengan maksimal. Ada cara untuk mengantisipasi agar anda dapat "tidur malam" dengan nyenyak."


Anda yang hanya sedikit beraktivitas di siang hari, kadang muncul kendala  susah "tidur" pada saat "malam" tiba. Supaya mata anda tetap dapat terpejam, ikuti tips berikut:
1. Gelapkan kamar "tidur" anda. Tutuplah jendela kamar anda supaya cahaya tidak masuk. Apabila jarum jam cincing bercahaya dalam gelap, simpan saja. Karena cahaya sedikit saja dapat mengganggu "tidur" anda.

2. Gunakan bantal yang tepat. Pastikan bantal "tidur" pas menyangga kepala, leher dan tulang pnggung anda. Bantal yang terlalu besar menegangkan otot leher dan pundak sehingga aliran darah tersumbat dan anda terus terjaga.

3. Pakai sprei dari bahan linen atau katun jersey (kaos). Karena bahan polyester akan menempel pada badan anda sehingga "tidur" tidak nyaman dan berkeringat.

4. Tenangkan pikiran dan tubuh. Apabila "tidur" anda gelisah cobalah untuk tenang. Buang pikiran yang mengganggu. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan serta katakan dalam hati untuk rileks.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Februari 2002).

Kamis, 20 Oktober 2011

"7 Benda Wajib Dalam Mobil"

"Apabila anda bepergian dengan menggunakan "mobil" pribadi, jangan lupa anda mempersiapkan perlengkapan yang barangkali akan sangat anda butuhkan dalam perjalanan."


7 benda yang wajib ada dalam "mobil" apabila anda bepergian:

1. Telepon genggam dengan charger "mobil" atau baterai cadangan.

2. Senter dengan cadangan batu baterai.

3. Sebotol air mineral dan protein bars.

4. Lilin dan kcorek api (simpan dalam kantung anti air).

5. Peta area yang akan anda kunjungi.
6. Selimut (kalau saja anda terdampar di area yang dingin).

7. Kotak P3K.

Dengan 7 benda di atas ada dalam "mobil" anda, paling tidak anda sudah siap apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Selasa, 18 Oktober 2011

"Senjata Andalan Wanita"

"Wanita" sering tidak sadar bahwa dirinya memiliki "senjata" alami yang ampuh untuk menghalau bahaya. Misalnya kuku tangan, dapat dipakai untuk mencolok mata si pengganggu. Dan sepatu hak tinggi, dapat untuk melukai kakinya."


Perlu diketahui "senjata"-"senjata" lain yang dapat digunakan oleh "wanita" dalam keadaan darurat, antara lain:

1. Gigi adalah "senjata" yang sangat tajam dan kuat. Jangan ragu untuk menggigit bila diperlukan.

2. Kuku panjang anda, dapat digunakan sebagai "senjata" untuk mencakar dan mencolok mata lawan.

3. Kepalan tinju lebih keras dari pada jari-jari yang terbuka dan sulit ditangkap. Jaga ibu jari berada di sisi luar tinju anda, untuk menghindari jari patah saat menonjok. Tonjok dengan kuat dan kencang ke arah sasaran.

4. Lutut juga dapat digunakan sebagai "senjata". Misalnya untuk menyodok kemaluan lawan saat lengah.

5. Bagian atas kepala kita memang tidak tajam, tapi sangat kuat dan dapat dipakai sebagai "senjata" untuk  menyakiti lawan.

6. Payung, sangat berguna untuk menyerang dari jarak jauh. Anda jadi punya kesempatan untuk berbalik dan lari kencang-kencang.

7. Sepatu (makin tajam/keras haknya makin baik) adalah "senjata" yang sangat efektif dipakai menendang atau menginjak kaki lawan.

8. Kunci pintu. Kunci rumah atau mobil dapat dipakai sebagai "senjata" untuk menusuk atau menggores bagian tubuh si pengganggu.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi September 2003).

Jagalah Bra Anda"

"Sudah betulkah ukuran "bra" yang anda kenakan? Salah ukuran ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Soalnya, dapat memperburuk sindrom pra haid (PMS)."


Maka dari itu cermati hal berikut saat memilih "bra".

1. Pastikan ukuran dan bentuk "bra"sesuai dengan payudara anda. Saat dikenakan, seluruh bagian payudara harus masuk ke dalam cup "bra".

2. "Bra" harus 'memegang' payudara secara sempurna dan baik, sehingga tidak terjadi pergesekan antara "bra" dan payudara.

3. Sesuaikan "bra" dengan ukuran lingkar badan. "Bra"jangan terlalu ketat atau longgar.

4. Selama mengenakan "bra", posisi atau bentuk payudara tidak berubah dari kedudukan semula, yaitu puting berada diantara pundak dan siku anda.

 (Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi September 2003).

Minggu, 16 Oktober 2011

"Pribadi Yang Lebih Menarik"

"Ingin menjadi "pribadi" yang lebih "menarik"? Ada lima langkah supaya anda dapat menjadi "pribadi" yang lebih "menarik".


Lakukan langkah-langkah di bawah ini di akhir pekan agar anda menjadi "pribdi" yang lebih "menarik".

1. Tampil bersih dan wangi. Lakukan olahraga teratur, rajin mandi. gosok gigi, merwat rambut, pakai deodoran, rutin ganti pakaian dalam dan baju, bersihkan kuku kaki dan tangan. Sepele memang. Tapi, coba lihat efeknya nanti. Membuat anda makin bersih dan wangi, teman pasti akan senang mendekati.

2. Jangan asal ikut tren. Tak salah anda jika ingin tampil up to date. Tapi bukan berarti, anda sampai harus jadi korban mode. Yang penting, jangan sampai salah gaya. Sesuaikan dengan ke"pribadi"an. Pilih aneka gaya dan busana. Pilih yang cocok untuk anda.
3. Jadi pendengar yang baik. Teman datang untuk curhat? Sebetulnya, jadi pendengar yang baik bukan semata-mata hanya asal mendengar atau menyediakan telinga. Bikin orang yang bercerita merasa problemnya diperhatikan, dan tahu anda tulus mendengarkan masalahnya. Terkadang, mereka tak butuh solusi, tapi hanya ingin didengar dan diperhatikan.

4. Mata indah, senyum menawan. Mata adalah bagian penting dari wajah, karena jadi jendela hati. Wajah yang selalu berhias senyum, membuat pemiliknya disenangi. Mata yang cantik dan ekspresif, pasti akan membuat anda menjadi orang yang tak terlupakan.  Manfaatkan akhir pekan untuk beristirahat dengan cukup. Agar badan tak lelah, mata indah dan senyum tetap makin menawan.

5. Percaya diri, mudah didekati. Empat poin yang telah disebutkan di atas tak akan ada manfaatnya, jika anda tidak percaya diri. Miliki rasa percaya diri dengan kadar yang tepat, dan jadilah "pribadi" yang mudah didekati. Maka anda tak akan pernah kekurangan teman. Selamat berakhir pekan.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi September 2003) 

"Modal Utama Berkarier"

Apabila anda menginginkan "karier" anda berkembang pesat, ada empat hal utama yang mutlak harus anda kuasai."


1. Tetap pada tujuan. Evaluasi kemajuan "karier" anda secara berkala. Apabila belum sesuai dengan misi dan visi, tetaplah optimis. Jangan lupa semboyan 'ora et labora', bekerja dan berdo'a, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna.

2. Selalu fleksibel. Dan terlalu ngoyo. Meski anda mencintai pekerjaan saat ini, tetap siapkan satu alternatif "karier" lain yang dapat jadi pilihan di saat memutuskan untuk beralih profesi.

3. Ingat Networking. Rajin-rajinlah setor muka di lingkungan kantor. Begitu juga hubungan dengan klien. Lewat mereka, anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

4. Perluas wawasan. Pahami semua yang berhubungan dengan pekerjaan anda. Tambah pengetahuan dengan aktif mengikuti seminar, pelatihan, maupun kursus yang ditawarkan oleh perusahaan.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi September 2003) 

"Pelecehan Seksual Terhadap Wanita"

"Banyak pandangan yang keliru. Pakaian bukan sebab utama orang melakukan "pelecehan seksual". Simak juga beberapa pandangan keliru lainnya seputar tindak "pelecehan seksual".


1. Tidak semua "wanita" terkena "pelecehan seksual". The Fact Survei membuktikab, kalau "pelecehan seksual" di tempat kerja terjadi di seluruh dunia. Sebuah penelitian di Australia menyatakan, 24% "wanita" dan 4% pria pernah mengalami "pelecehan seksual" di tempat kerja. Apalagi "pelecehan seksual" yang terjadi di tempat uum. Jumlahnya lebih besar dan cenderung meningkat.

2. Cara berpakaian "wanita" membuat mereka jadi korban "pelecehan". The Fact Tidak ada alasan untuk "pelecehan". "Pelecehan" tidak ada berkaitan dengan cara berpakaian "wanita". Ini hanyalah alasan dari para pelaku yang tidak dapat mengendalikan tingkah lakunya.
3. "Pelecehan" tidak akan terjadi, kalau "wanita" yang jadi korban tidak mengundangnya. The Fact Ada banyak laki-laki yang masih percaya, kalau seorang "wanita" berkata tidak, "wanita" tersebut bermaksud sebaliknya. Mereka tidak percaya kalau sebenarnya "wanita" tersebut benar-benar menolak tindak "pelecehan seksual" tersebut. Mereka akan menganggap "wanita" tersebut hanya bercanda dan menginginkan tindakan "pelecehan seksual" tersebut dilanjutkan.

4. "Pelecehan seksual" yang pernah dialami lebih baik disimpan sendiri saja. The Fact Kebanyakan "wanita" melakukan hal ini, tapi sebenarnya tindakan ini tidak berguna. Menurut sebuah survei di Australia, 75% kasus "pelecehan seksual" yang tidak ditindak lanjuti pada akhirnya malah dapat berakibat lebih buruk.

5. "Pelecehan" terjadi karena ketertarikan antara pria dan "wanita". Jadi tidak dapat dihentikan. The Fact "Pelecehan seksual" bukan disebabkan ketertarikan antar lawan jenis. Apalagi kalau sampai dianggap sebagai pengungkapan kasih sayang yang murni antara dua insan. "Pelecehan seksual" terjadi ketika seseorang yang punya kekuasaan lebih tinggi memanfaatkan kedudukannya itu untuk mendesak orang lain dengan melakukan tindakan "seksual" yang tidak dikehendaki.

6. Pelaku "pelecehan" kadang hanya ingin bercanda. "Wanita" saja yang tidak memiliki rasa humor. The Fact Lelucon adalah lelucon, kalau kedua belah pihak mengangganya lucu. Tapi kalau salah satu merasa direndahkan, itu bukan lelucon, tetapi "pelecehan".

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi September 2003)

Sabtu, 15 Oktober 2011

"SILSILAH KELUARGAKU"

"Apakah Anda mengetahui "silsilah keluarga" Anda?  Sampai sejauh mana? Kakek nenek?  Buyut, cicit?" 


Beruntunglah jika Anda sangat mengetahui "silsilah keluarga" Anda, karena pasti Anda mengenal lebih banyak saudara, walaupun saudara jauh.

"Arti "silsilah" itu bersifat universal, yang artinya orang-orang di seluruh dunia mempunyai "silsilah" keturunannya dan pula, di seluruh benua akan dimaklumi, bahwa semua orang pasti akan mengagungkan leluhurnya."

Menurut saya pribadi, "silsilah keluarga" adalah sesuatu yang menarik. Dari "silsilah keluarga" saya bisa lebih mengenal anggota-anggota "keluarga" dan menelusuri hubungan antar kerabat. Orang-orang yang sering saya lihat hadir dalam acara "keluarga" namun belum saya kenal, jadi bisa dikenal dengan tahu nama dan hubungan kekerabatannya dengan saya. Data yang tadinya kebanyakan hanya tersimpan dalam memori orang – dan akan tergerus dengan makin pudarnya daya ingat – dapat dilestarikan. Tidak jarang potongan-potongan data tentang satu hal dikumpulkan dari beberapa sumber. Sangat menyenangkan ketika data sudah terkumpul cukup lengkap dan akhirnya tergelar dalam bentuk daftar dan bagan.

Kita sering membaca "silsilah" keturunan para raja yang termasuk sejarah atau "silsilah" para penguasa yang memerintah suatu daerah, baik yang ditulis pada prasasti maupun benda lain yang artinya bukan hanya untuk dikenal saja, tetapi untuk diagungkan oleh segenap masyarakatnya, dan dikenang akan jasa-jasanya. (Sumber: Randy Dipa Nalendra).

Berikut ini "silsilah keluargaku" menurut beberapa sumber dari "keluarga" yang mayoritas beliau-beliaunya telah meninggal dunia. "Silsilah keluarga" ini saya tampilkan dalam rangka menjalin silaturrahim "keluarga" yang selama ini telah kehilangan obor. Harapan saya, dengan adanya "silsilah keluarga" ini, akan tersambung kembali tali ikatan (silaturrahim) "keluarga" yang selama ini telah putus karena ketidaktahuan dari kita.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad SAW., beliau bersabda:
'Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung Silaturrahim. Karena sesungguhnya Silaturrahim  adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap "keluarga" (kerabat dekat), (sebab) banyaknya harta dan bertambahnya usia.'

Apabila ada yang merasa termasuk dalam "silsilah" ini dapat menghubungi kami, atau mungkin meralat ataupun bahkan mungkin menyempurnakan "silsilah keluarga" ini, kami menerima dengan lapang dada.

  1. Pangeran Cakraningrat
  2. Panembahan Cakraningrat
  3. Aryo Purwonegoro I
  4. R. Adipati Purwodiningrat
  5. Ratu Kedaton
  6. Hamengkubuwono III
  7. (P.Diponegoro,P.Tjokronegoro,P.Pakunegoro,P.Mertonegoro,BRA.Kartilah,BRA.Beruk)
  8. (Sayed Husin, Moertodjo, Dewi Sekardadu)
  9. (Djosetiko, Pingi, Zaenal, Ekowongso,Ragil)
  10. (K.W.Nasir,K.Karjo,Suwirjo,Samilah,Katiyem,Kamirah,Saido,Atmorejo,Katiyah)
  11. Achmad Ali 
  12. (Katiani, M.K.Agus Salim, Sri Suharti, Sutikno)
  13. (Sri Asih, Sudjarwo, Harianta, Laely Widjajati, A.Nurhamdani, M.Hidayat)
  14. (Isa Anja Asmara Bungin, Banda Anja Tamara Bungin) 

Untuk Lebih Ringkasnya:
    1. Hamengkubuwono III
    2. P.Mertonegoro
    3. Moertodjo
    4. Djosetiko
    5. Samilah
    6. Achmad Ali
    7. Katiani
    8. Laely Widjajati
    9. (Isa Anja Asmara Bungin, Banda Anja Tamara Bungin)
    10.  
    11.  
    Yang saya tuliskan di atas adalah "Silsilah keluargaku" dari pihak ibu saya Sedangkan "Silsilah Keluargaku" dari pihak ayah saya, masih dalam tahap penelusuran. Saya juga merasa bangga karena dari pihak ayah saya, ternyata ayah saya masih turun ke 6 dari Mbah Raden Rahmat alias Mbah Sunan Ampel..... Subhanallah..... Wallahu'alam.....

    “APA TUJUANNYA MENGETAHUI "SILSILAH KELUARGA"….?”

    “Ya . . . untuk mengenal dan paling tidak bisa menyebutkan nama beliau-beliau saat memanjatkan doa….”  Mendoakan kakek nenek dan orang tua rasanya sudah menjadi “kewajiban” kita karena apa lagi mungkin kita tak sempat menghadiri pemakaman semua kakek nenek saat meninggal dunia. 


    Saya merasa bangga mengetahui nama-nama tersebut dan yang lebih penting lagi adalah saya jadi tahu ternyata punya kerabat yang banyak dan semuanya ternyata tak jauh-jauh amat. Ibarat, ternyata dunia tak selebar daun kelor…
    Dan  siapa tahu ketika diruntut baik-baik, kakek nenek saya ternyata masih bersaudara dengan kakek nenek Anda?  Tidak mustahil bukan……? 

    Pada akhirnya, dari "silsilah keluargaku" yang telah saya tuliskan disini, apakah Anda tergugah untuk membuat tulisan tentang "silsilah keluarga" Anda? Ingat, seseorang yang bijak tidak akan pernah melupakan sejarah, apalagi sejarah "keluarga"nya. Dari "silsilah keluarga" Anda dapat menyambung lagi ikatan "keluarga" yang mungkin sempat terputus. Siapa tahu ternyata Anda bersaudara dengan orang yang sering Anda temui setiap hari. Atau bisa jadi Anda berasal dari Solo atau mungkin saja bahkan bersaudara dengan saya. Siapa tahu. Wallahu'Alam.....

    Sumber:
    1. Hasil wawancara dengan Mbah Ahmad Ngali (semasa beliau masih hidup)
    2. Keterangan dari Bapak M.K. Agus Salim (Adik dari Ibu kandung saya).
    3. lifestyle.kompasiana.com/../silsilah-keluarga-apa-pentingnya-326447.ht..  
    4. https://apprayo.wordpress.com/.../bagan-silsilah-keluar... 
    5. qamaruddinshadie.blogspot.com/.../menyambung-tali-...
    6. laely.widjajati.facebook/Add a description 
    7. laely.widjajati.facebook/Suatu-Pagi-di-#TelagaSarangan......


    MusicPlaylistView Profile