Sabtu, 28 Maret 2015

"SAMBAL KHAS MAKASAR"

"Setiap daerah pasti memiliki makanan "khas" yang berbeda dengan daerah lain".



Saya sangat suka menyantap makanan dilengkapi dengan "sambal", namun yang tidak terlalu pedas. Khusus untuk "sambal" ini, saya sangat menyukai "sambal khas" dari "Makasar".

Saya masih ingat sewaktu saya masih SMP, kelas berapa saya lupa. Waktu itu, teman kakak saya (Mbak Lies Muktim) yang berasal dari "Makasar" sering menginap di rumah. Pada saat mau makan sarapan pagi, Mbak Lies ini menyiapkan "sambal" kecap. Setelah "sambal" itu jadi, katanya ini "sambal khas" orang "Makasar". Tanpa sepengetahuan Mbak Lies, Saya mengamati bagaimana Mbak Lies membuat "sambal" tadi, ternyata sangat sederhana dan sangat mudah membuatnya.

Pertama-tama dia menyiapkan mangkuk. Kemudian mencuci bahan-bahan yang terdiri dari: Bawang Merah, Bawang Putih, Tomat yang masih keras bisa yang masih hijau, Belimbing Wuluh atau kalau tidak ada bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis (kata Mbak Lies) dan Cabe yang masih hijau dan yang sudah merah.


Setelah semua bahan dicuci, kemudian semua bahan diiris-iris tipis, dimasukkan dalam mangkuk yang telah disiapkan. Baru setelah itu diberi garam. Selanjutnya semua bahan yang sudah diiris di mangkuk tadi dituangi kecap manis. Sudah jadi dan siap disantap deh......

"Sambal Makasar" ini menjadi kesukaan saya sejak saat itu sampai sekarang. "Sambal Makasar" rasanya segar dan nikmat. Sangat cocok dihidangkan dengan ikan goreng atau bakar, bahkan makan dengan lauk tempe, tahu, ayam goreng, telur dadar atau telur mata sapi pun bisa dilengkapi dengan "Sambal Makasar" ini. Rasanya kurang lengkap kalau makan tanpa ada "Sambal Makasar".

Selamat mencoba.......

"MANFAAT / KHASIAT BUAH MARKISA"

"Pada saat saya bertugas di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, saya mengunjungi Desa Sebani. Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah tanaman "Buah Markisa" yang mayoritas penduduknya menanam "buah" ini di pintu masuk halaman rumahnya".
  

Informasi dari Kepala Desa Sebani, tanaman "markisa" ini salah satu tanaman yang dibudi-dayakan di desa ini dalam rangka meningkatkan ekonomi warga Desa Sebani. Selain itu juga sebagai penghijauan dalam rangka melestarikan lingkungan hidup di desa ini. Melihat begitu antusiasnya warga desa menanam "buah markisa" ini, saya jadi ingin menulis "manfaat" atau "khasiat" dari "buah" yang biasa di"manfaat"kan oleh masyarakat sebagai bahan dasar untuk membuat sirup.
 
"Buah" yang berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning ini mempunyai rasa yang khas dan berbeda.  Aroma "markisa" sangatlah enak dan segar. Pantas saja jika "buah" ini digunakan sebagai bahan utama pembuatan sirup. "Buah" yang berasal dari daerah sub tropis di Amerika ini mempunyai beragam "manfaat". Berbagai "manfaat buah markisa" untuk tubuh dapat di"manfaat"kan sebagai obat beberapa penyakit berbahaya dan kecantikan kulit.

"Khasiat" dari "buah markisa" untuk kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengobati asma. Kandungan zat blok histamin pada "buah markisa" ini mampu mengobati penyakit asma, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari obat asma.
  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh. "Buah markisa" kaya akan vitamin C dan anti oksidan, kedua kandungan ini mampu menangkal serangan radikal bebas dan virus.  
  3. Mencegah peradangan. Kandungan anti oksidan dan Vitamin C yang tinggi pada "Buah markisa" juga ber"manfaat" untuk mencegah peradangan, misalnya peradangan tenggorokan. 
  4. Meringankan rasa nyeri pada persendian. "Buah markisa" mengandung kalsium dan fosfor, sehingga sangat ber"manfaat" untuk meringankan rasa nyeri pada daerah persendian.
  5. Mengobati kanker. "Buah markisa" juga berfungsi sebagai sumber anti oksidan alami yang berfungsi sebagai pencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, "manfaat buah markisa" juga mampu melindungi membrane mukosa dalam usus besar yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar.
  6. Meningkatkan kesehatan mata. Kandungan betakaroten di dalam "buah markisa" dapat ber"manfaat" untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan. 
  7. Mencegah dehidrasi. "Buah markisa" kaya akan mineral, sehingga sangat ber"manfaat" untuk anda yang jarang minum dan mencegah terkena dehidrasi.
  8. Dapat memperkuat tulang dan gigi. Kandungan betakaroten yang tinggi pada "buah markisa" berfungsi untuk memperkuat perkembangan tulang dan gigi, bukan hanya itu, tetapi mempunyai fungsi lainnya seperti memperbaiki jaringan dalam tubuh, mengurangi resio penyakit artritis, penyakit crhon, penyakit Parkinson dan juga mencegah depresi.
  9. Mencegah kecacatan pada bayi. Kandungan asam folat pada "buah markisa" sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan tersebut baik untuk mengurangi resiko cacat otak. Selain itu kandungan asam folat "buah markisa" juga dapat mencegah kolesterol dan juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  10. Melancarkan metabolisme tubuh. "Buah markisa" dapat memperlancar metabolisme pada usus besar. Dan juga mengobati masalah sembelit. Selain itu, "buah markisa" juga mampu mengobati penyakit hyperacidy, lambung, dan juga ulkus duodenum.
  11. Mengandung Kalium yang sangat tinggi. "Buah markisa" sangat kaya akan kalium .Dalam 100 g "buah markisa" mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting  untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah. 
  12. Menjaga kesehatan Pencernakan. "Buah markisa" ber"manfaat" untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernakan seperti sembelit. "buah" ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum.  
  13. Mencegah anemia. "Buah markisa" merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam 1 cangkir "buah markisa" mengandung sekitar 4 mg zat besi. Kandungan zat besi pada "buah markisa"  dapat ber"manfaat" untuk mencegah anemia, karena kandungan zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.
  14. Membantu menstabilkan berat badan. "Buah markisa" dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung  rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak "Buah markisa" juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas.
  15. Menurunkan kolesterol dalam gula darah. "Buah markisa" juga mengandung serat yang tinggi. Sebab setiap 100 gram "markirsa" mengandung 10,4 gram atau 27 % serat yang sangat ber"manfaat" dalam diet dan juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol dalam gula darah.
  16. Mengatasi insomnia atau susah tidur. Bagi Anda yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, tidak ada salahnya apabila Anda secara rutin mengkonsumsi "buah markisa" pada malam hari. Hal ini dikarenakan "buah markisa" mempunyai efek ngantuk bagi yang mengkonsumsinya, maka "buah markisa" sangat ber"manfaat" dikonsumsi bagi penderita insomnia.     
  17. Mengandung folat. "Buah markisa" diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.
Banyak sekali "manfaat" yang akan dapatkan dari "buah markisa" ini, selain berfungsi untuk kesehatan tubuh, "buah markisa" juga digunakan untuk merawat kecantikan tubuh. "Buah markisa" sangat cocok untuk anti aging alami

Adapun "Manfaat buah markisa" untuk mencegah kerutan pada wajah Anda. Berikut ini langkah-langkah pembuatan masker "markisa" sebagai berikut:
  • Siapkan satu "buah markisa" yang telah masak lalu potong menjadi dua dan ambil bijinya
  • Pisahkan antara biji dan air, serta lapisan lender dari sari "buah"nya
  • Lalu haluskan biji "markisa"
  • Setelah halus tambahkan sedikit air, aduk hingga rata
  • Lalu oleskan secara merata pada wajah Anda, tunggu 15-20 menit
  • Bilas dengan air lalu terakhir usapkan es batu yang telah dibungkus oleh handuk

  • Bersihkan dengan handuk yang kering.
"Buah markisa" ini mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda. sebab hampir 50% nutrisi vitamin C telah terpenuhi jika Anda mengkonsumsi "buah markisa" ini. "Manfaat buah markisa" yang beragam membuat masyarakat Indonesia banyak mengkombinasikan berbagai makanan yang dicampur dengan ekstrak "buah markisa" ini.

Demikian tadi beberapa "khasiat buah markisa" untuk kesehatan, baca juga artikel terkait mengenai Tips Menghaluskan Wajah dan  Tips Mencerahkan Wajah secara alami. 
 
Semoga tulisan saya ini ber"manfaat" bagi Anda semua........

Sumber:
1. www.manfaatdaun.com › Kesehatan › Manfaat Buah
2. khasiatmanfaatsehat.blogspot.com › manfaat buah
3. manfaat.co › Manfaat Buah-Buahan
4. manfaat.co › Manfaat Buah-Buahan
5. laely.facebook/Buah-Markisah..... (17032015)
6. disehat.com/manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan-tu..
8. laely.facebook/Full Team..... (17032015) —