Jumat, 21 Oktober 2011

"Hindari Stres Di Pagi Hari"

"Rutinitas sehari-hari tanpa disadari adalah pemicu timbulnya "stres". Aktivitas paling tinggi ternyata terjadi di "pagi" hari."


Sibuknya anda menyiapkan perlengkapan bekerja dan makan "pagi". Belum lagi ketegangan ("stres") yang menyertainya. Untuk itu antisipasi "stres" sebelum hal ini terjadi. Hindari "stres" di "pagi" hari. Cobalah rileks dengan langkah berikut:

1. Pasang gambar yang menenangkan. Letakkan lukisan atau foto di sekitar tempat tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M menunjukkan, melihat gambar alam dapat segera menurunkan tekanan darah dan ketegangan otot.

2. Nikmati saat mandi "pagi". Menurut Steven Alper, dari The Scripps Center for Integrative Medicine, Amerika, pusatkan pikiran pada sensasi saat mandi air panas dengan pancuran. Kenikmatan yang dirasakan adalah obat penurun "stres" mujarab.
3. Tak harus sempurna. Jangan terlalu tegang memikirkan sesuatu yang tak sempat anda kerjakan. Misalnya, piring kotor belum dicuci atau rumah yang masih berantakan. Berpikir segala sesuatunya masih dapat dikontrol akan membuat pikiran anda tenang.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, Edisi Desember 2001).

0 komentar: