Minggu, 11 Oktober 2009

"BAHAYANYA KURANG MINUM AIR"

"Kurang minum", merupakan urutan pertama penyebab orang menderita penyakit."




Namun hal ini yang paling sering dilalaikan oleh banyak orang setiap hari, sehingga tanpa disadari penyakit-penyakit dengan mudah dapat menyerang.


Apabila tubuh kita "kekurangan air", sebagai akibatnya akan terjadi dua pekerjaan penting yang tidak dapat terlaksana dalam tubuh; yaitu pengangkutan sampah-sampah dan sel-sel mati dari seluruh bagian tubuh juga akan terganggu.


Ini berarti bahwa bangkai sel-sel yang sudah mati, tidak dapat dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain, sehingga sel-sel hidup baru tidak dapat masuk menggantikannya, dan hal seperti inilah yang akan mengakibatkan timbulnya banyak penyakit dengan segala jenisnya di dalam tubuh manusia.


Dalam sehari seseorang membutuhkan "air minum" sebanyak 2 (dua) liter "air". Kalau kurang dari dua liter dapat mengakibatkan bermacam-macam penyakit misalnya ginjal, strouk dan lain-lain.


"Minum"lah" air" putih bersih, jangan dikotori dengan zat pewarna - penyedap aroma atau sesuatu yang tidak sehat.


Apabila tubuh menjadi segar dengan tidur nyenyak semalam dan meditssi pada pagi hari, sempurnakanlah dengan "minum air". "Air" merupakan unsur yang sangat penting untuk kehidupan. Lebih dari lima puluh persen komposisi tubuh manusia adalah "air". Apabila tubuh kekurangan "air" satu atau dua persen saja, energi akan berkurang, dan akan merasa lemas. "Air" bermanfaat untuk membuang racun tubuh, membantu proses penyembuhan penyakit, mengangkut makanan, serta mengatur suhu tubuh. Jadi, orang yang kehabisan c"air"an akan berakibat fatal.


"Air" akan keluar dari tubuh setiap harinya dalam bentuk urine, keringat, dan uap "air" melalui pernapasan, jumlahnya sampai dua setengah liter. Untuk keseimbangan "air" tubuh, manusia membutuhkan sekitar dua liter "air" untuk di"minum", karena dua puluh persen dari kebutuhan dua setengah liter (500 cc) sudah diperoleh dari makanan. Jumlah dua liter ini sama dengan kurang lebih delapan sampai sepuluh gelas "air". Oleh karena itu, anda harus "minum" minimal delapan gelas "air" setiap hari.


Jangan hanya "minum" kalau merasa haus saja. Apabila "minum" hanya karena haus, itu hanya memulihkan kebutuhan sekitar lima puluh sampai tujuh lima persen dari "air" yang hilang. Menurut para peneliti, orang yang sudah tua umumnya rasa hausnya sudah berkurang.


Ada orang yang takut banyak "minum air", apalagi "air" es, dikira dapat mengakibatkan tubuh semakin gemuk. Ini salah!...... Selama ginjal berfungsi dengan baik, "air" yang berlebihan akan disaring dan keluar melalui kencing.


Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita membatasi "minum" banyak "air". Misalnya pada penderita gagal ginjal, ada bengkak. karena penyakit hati yang kronis, atau gagal jantung.


"Air" dingin atau "air" panas? Jawabannya adalah sama saja.... Namun, dilaporkan "air" dingin sangat membantu menghilangkan rasa haus dengan cepat, jarena "air" dingin menyerap kalori dari bagian tubuh yang dilewati, setrta lebih cepat melewati lambung dan masuk ke usus untuk diserap tubuh.


Kemudian.... Pilih "air" putih atau jus? Jus mengandung karbohidrat dan memberi rasa kenyang. Tubuh butuh vitamin B untuk memecah karbohidrat yang masuk. "Minum"an bir dapat merangsang untuk lebih banyak kencing. Kopi dan teh sering dikonsumsi dengan tambahan gula. Kopi dan teh dapat menyebabkan banyak kencing, serta merangsang kerja saraf dan mengiritasi lambung.