Senin, 28 Januari 2013

"Kedamaian Di BATU AMPAR - Pamekasan - Madura"

"Sudah berapa lama saya tidak berkunjung ke "Batu Ampar". Menurut hitungan saya kurang lebih 1 1/2 (satu setengah) tahun".


Hari Sabtu (26 Januari 2013), mbak Sutji menelepon mengajak ke "Batu Ampar" hari Minggu. Biasanya saya kalau pergi ke "Batu Ampar" memilih hari Jum'at malam, tapi gak apalah yang punya acara kan mbak Sutji. Minggu (27 Januari 2013) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, berangkat menuju "Batu Ampar". Kami mampir sarapan ke Bebek Sinjay di Bangkalan. Setelah itu baru meneruskan perjalanan ke "Batu Ampar".

Alhamdulillah.... Cuaca hari ini, di Madura terang benderang tidak turun hujan sedikitpun. Perjalanan lancar, namun ada kemacetan di Pasar Blegah dan Pasar Omben. Setelah itu perjalanan lancar, namun ada kemacetan lagi di dekat lokasi Astana Timur "Batu Ampar", karena harus bersimpangan dengan rombongan Bus yang baru berziarah dari Makam Mbah Abu Syamsudin. Terpaksa harus mundur karena jalan terlalu sempit untuk bersimpangan. Setelah itu lancar sampai di Astana Timur "Batu Ampar". Alhamdulillah sampai di Astana Timur pukul 12.30 WIB.

Ade' sudah menunggu di Astana Timur "Batu Ampar". Senyum "kedamaian" telah menunggu kedatanganku. Ini juga yang membuat saya pingin kembali ke "Batu Ampar". Saya merasa begitu "damai" di tempat ini, perasaan yang tidak saya dapatkan di tempat lain. Obrolan-obrolan ringan membuat suasana jadi semakin akrab. Walaupun kami jarang bertemu, suasana tetap hangat penuh "kedamaian".

Saya sering merindukan tempat ini, terutama pada saat-saat hati saya  sedang galau. Barangkali pada hari ini saya bisa melepaskan kegalauan hati saya yang selama 1 (satu) tahun ini terpendam dalam hati. Sementara Mbak Sutji menyelesaikan urusan dengan Ade'. Saya, di tempat yang menurut saya aman, nyaman dan "damai", mencurahkan isi hati, kegundahan hati saya hanya kepada Allah. Semoga Allah mendengarkan pengaduan saya. Galau tingkat tinggi yang saya rasakan sebelum saya sampai di tempat ini. Saya ingin melepaskan kegalauan hati saya. Kerudung yang basah air mata dan ingus, seolah menjadi saksi kegalauan hati ini. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa mbah-mbah kami dan dosa-dosa saya. Saya mohon Allah melimpahkan "kedamaian" dalam hati saya.

Setelah saya merasa "damai" dalam diri saya, baru saya bisa menceriterakan apa yang sebenarnya terjadi kepada Ade'.  Dan sayapun bertanya, 'Egoiskah saya?' Pertanyaan yang dijawab dengan tertawa oleh Ade'. Kenapa baru sekarang pertanyaan itu muncul??? Ya sayapun akhirnya menertawakan diri saya sendiri. Lucu juga ternyata hidup ini..... Ternyata permasalahan hidup ini bisa juga diselesaikan hanya dengan tertawa, menertawakan diri sendiri. Kenapa suatu permasalahan hidup ini bisa terjadi. 

Ini yang barangkali membuat saya selalu merindukan untuk datang ke Astana Timur "Batu Ampar". Ternyata di tempat ini saya bisa membayangkan dan merasakan, betapa sengsaranya Buju' Kosambi dulu bertapa di tempat ini selama kurang lebih 41 tahun. Apabila saya bandingkan dengan kegundahan hati yang saya  alami,  ternyata tidak sebanding dengan kesengsaraan yang telah dialami Buju' Kosambi. Kesengsaraan Buju' Kosambi mampu menguatkan hati saya. Allahu Akbar.... Lahaula wala quwwata illa billah..... Saya merasa ada suntikan kekuatan di tempat ini. Ya Allah.... saya selalu mendapatkan energi positif di tempat ini. Ini kah yang dinamakan karomah.... Ya Allah saya mohon perlindunganMu dari segala hal yang membuat diri saya syirik....

Pada saat saya di tempat ini sendirian, karena mbak Sutji bersama anak-anaknya ke Makam Mbah Abu Syamsudin yang kemudian disusul oleh Ade'.... Saya merasa mendapatkan kembali "kedamaian" di hati saya yang beberapa bulan ini terasa hilang. Alhamdulillah.....  Allah telah melimpahkan "kedamaian" di hati ini, semoga "kedamaan" ini terjaga.... Barangkali ini salah satu Karomah yang dimiliki oleh Astana Timur "Batu Ampar". Alhamdulillah ya Allah atas segala RahmatMu.....

Setelah Ade' dan mbak Sutji datang dari makam Mbah Abu Syamsudin, kami ngobrol sebentar. Dan saya menyelesaikan urusan saya dengan Ade' dengan hati yang penuh "kedamaian" tentunya. Saya baru menyadari bahwa sebenarnya saya datang ke Astana Timur ini adalah dalam rangka mendapat suntikan energi positif. Ya Allah semoga Engkau meridhai semua langkahku.

Pukul 15.00 WIB, kami pamit pulang.... Dengan berat hati sebenarnya, tapi saya harus segera pulang meninggalkan Astana Timur "Batu Ampar" ini, karena Senin pagi harus melaksanakan kegiatan rutin. Tepat pukul 19.00 WIB, kami sampai di rumah dengan selamat. Alhamdulillah...... Semoga Allah selalu meridhai perjalanan hidupku. Aamiin YRA......

Sabtu, 26 Januari 2013

"MANFAAT BROKOLI"

"Brokoli" telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya". 

 Sayuran itu tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, "Brokoli" juga merupakan sumber alami asam folat. Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi dan melindungi untuk melawan perkembangan penyakit kanker.

Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim, "Brokoli" efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam "Brokoli", menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri.

Tanaman lain seperti bunga kol, tauge, kubis dan pak choi juga mengandung zat kimia ini. Tetapi dari keseluruhan sayur itu, "Brokoli" memiliki kadar paling tinggi.

Cara kerja sulforaphane, menurut peneliti, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Temuan dari peneliti di John Hopkins University itu mengungkapkan bahwa ada sebuah kandungan dalam "Brokoli" yang mampu mencegah perkembangan tumor hingga 60 persen. "Brokoli" juga menunjukan pengurangan ukuran tumor yang tidak berkembang hingga 75 persen.

Zat terkandung di dalam "Brokoli" juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya ber"manfaat" untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya.

Seperti dikutip dari female first, "Brokoli" merupakan salah satu makanan yang sarat gizi, tetapi memiliki kalori yang rendah, selain itu, sayuran ini juga sering menjadi plihan yang sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

"MANFAAT BROKOLI":

Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa "Brokoli" mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. "Brokoli" dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah
Kandungan chromium di dalam "Brokoli" dapat mengatur tingkat gula darah sehingga "Brokoli" sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Menetralkan zat penyebab kanker
Sulforaphan, zat antioksidan pada "Brokoli" dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam "Brokoli" mampu mencegah kanker usus besar dan payudara. kanker paru, kanker perut, kanker rahim, kanker mulut, kanker parynx dan kanker larynx

"Manfaat brokoli" lainnya bagi tubuh :
1. mengurangi resiko terkena gangguan stroke dan jantung
2. memperkecil kemungkinan terjadinya kanker kerongkongan (esophagus)
3. mampu menghancurkan perkembangan sel - sel kanker secara efektif (anti kanker)
4. antioksidan yang tepat bagi tubuh
5. mampu menjaga keseimbangan keadaan di dalam usus besar (kolon)
6. menyembuhkan anemia
7 menurunkan resiko katarak
8. memelihara kepadatan tulang dan mencegah lahir cacat pada bayi.

Kandungan yang ber"manfaat" dari "Brokoli" ini :
1. Karotenoid
2. Sulforaphane
3. Pro Vitamin A
4. Seng
5. Vitamin C
6. Vitamin E
7. Kalsium
8. Zat Besi

Selain bisa dimakan mentah, "Brokoli" bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Seperti sayuran lain, "Brokoli" kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C.

Masak sebentar agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Agar "Brokoli" tetapi hijau segar, rebus dengan air mendidih yang sudah ditambahkan dengan 1/2 sdt garam dapur.

Selain vitamin, "Brokoli" juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam "Brokoli" adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari "Brokoli". Kandungan vitamin C pada "Brokoli" jumlahnya lebih banyak daripada jeruk? Kandungan kalsium "Brokoli" juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan "Brokoli" juga diketahui mengandung lebih banyak serat dari pada sepotong roti gandum!

Selain itu tahukah Anda bahwa Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sop atau dikukus sebagai lalapan.

Tips memilih "Brokoli" yang baik :
1. jangan memilih "Brokoli" yang sudah berwarna kuning atau yang sudah terlihat layu
2. pilihlah "Brokoli" yang masih berwarna hijau dan segar

Sumber:

1. resep.inicaraku.com
2. Facebook.Endang .Sri.Utami/Shared-Apple's-Photo/
3. caramembuat.dotnex.net

Jumat, 25 Januari 2013

"LARANGAN DAN ANJURAN SETELAH MAKAN"

"Secara alami, kita "makan" saat lapar & mengenali setiap "makan"an yang ingin di"makan"nya, dan mencernanya lebih baik. Dan ini cara yang mudah dan sehat menjaga berat badan ideal Anda".


"Makan" adalah hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain untuk tenaga, "makan" juga berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi tubuh.

Allah Ta'ala telah menetapkan dan mewajibkan berbuat baik dalam segala sesuatu, dalam membunuh dalam menyembelih dan dalam hal apapun. Nabi saw sendiri memohon kepada Allah agar ditolong untuk ibadah kepada Allah dalam bentuk yang terbaik. Dan menjadikan sikap meninggalkan sesuatu yang kurang baik sebagai pertanda muslim yang baik. Dan Nabi bersabda:

احْرِصْ عَلَىٰ مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

“Berambisilah untuk hal yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah. Dan jangan lemah” (HR Muslim: 6725)

Oleh karena itu berikut ini saya terangkan beberapa kesalahan yang sering kita lakukan setelah
"makan"

LARANGAN SETELAH "MAKAN".

Saya akan meringkasnya pada point berikut ini:

1. Merokok
Para ilmuwan telah menetapkan dengan percobaan bahwa merokok satu batang setelah
"makan" setara dengan merokok 10 batang pada waktu yang lain. Artinya kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh satu batang rokok setelah "makan" sama dengan kerusakan dan pentyakit yang diakibatkan oleh 10 batang rokok.

2. Me
"makan" buah-buahan secara langsung
Sesungguhnya mengkonsumsi buah-buahan segera setelah
"makan" akan menyebabkan terisinya perut dengan udara. Oleh karena itu dinasihatkan untuk tidak me"makan" buah-buah sebelum satu atau dua jam setelah "makan", atau bisa juga satu jam sebelum "makan".

3. Langsung Meminum Teh
Dikarenakan daun-daun teh banyak mengandung unsur kimia karbon, di mana bahan kimia ini akan mempengaruhi protein yang ada pada
"makan"an yang kita "makan" dan menjadikannya keras hingga sukar dicerna.

4. Melonggarkan sabuk di perut

Melonggarkan sabuk setelah "makan" akan menyebabkan mulasnya lambung dan kebuntuannya (penyumbatan usus).

5. Mandi
Langsung mandi setelah
"makan" akan menyebabkan mengalirnya darah ke penghujung tubuh, yaitu ke ujung-ujung tangan dan kaki. Akibatnya jumlah darah yang mengalir di sekitar lambung menjadi sedikit. Hal ini menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

6. Berjalan
Termasuk kesalahan fatal adalah keyakinan banyak orang terhadap pernyataan "Jika engkau berjalan seratus langkah setelah
"makan", maka sesungguhnya engkau akan menikmati kesehatanmu hingga usia 99 tahun." Ini adalah pernyataan yang salah, di mana langsung berjalan setelah "makan" akan menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

7. Langsung Tidur
Sesungguhnya langsung tidur setelah
"makan" akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung.

ANJURAN SETELAH "MAKAN".


Berikut yang sebaiknya dilakukan saat Anda selesai "makan", seperti dilansir boldsky, Rabu (6/6/2012):

1. Istirahat sebentar
Setelah "makan" berat, Anda harus beristirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan agar bekerja dengan tepat.

Anda harus menyadari perasaan lelah setelah "makan" berat. Saat "makan" berat, otak mengalihkan energi ke pencernaan. Sel darah merah dikirim dari otak untuk menghancurkan partikel "makan" dan menyerap nutrisinya. Inilah sebabnya, disarankan untuk duduk beberapa menit, tapi jangan sampai tertidur. Istirahat maksimum 15-20 menit untuk menghindari timbunan lemak.

2. Berjalan
Bila Anda "makan" lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menemukan kesulitan untuk berdiri. Bunuh kemalasan dengan berjalan-jalan setelah Anda beristirahat selama beberapa menit.

Jangan jalan berlebihan atau terlibat dalam aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi lebih. Hal ini karena sebagian besar energi tubuh sedang digunakan untuk menghancurkan "makan"an, sehingga Anda tidak akan memiliki cukup kekuatan untuk menjalankan kegiatan yang lain. Jalan-jalan ringan membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membuat Anda merasa ringan.

3. Minum teh hijau
Setelah "makan" berat, Anda harus "makan" atau minum sesuatu yang memudahkan proses pencernaan. Untuk mencerna "makan"an dengan mudah, minum teh hijau setelah "makan" dapat mengurangi rasa perut begah (perut terasa penuh karena terlalu kenyang).

Teh hijau adalah minuman herbal yang meningkatkan kerja sistem pencernaan. Teh herbal lain seperti chamomile, jahe, peppermint atau daun mint juga efektif untuk mempromosikan kerja pencernaan. Selain itu, teh-teh herbal ini juga membersihkan racun dari tubuh.

4. Minum air hangat
Air panas atau hangat dianggap sebagai minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sedang diet tetapi harus "makan" berat, minumlah air hangat setelahnya tapi langsung setelah "makan".

Istirahatkan perut sekitar 25-30 menit dan kemudian baru minum. Anda juga dapat menambahkan jus lemon untuk meningkatkan kerja pencernaan. Asam dalam jus lemon membantu membakar timbunan lemak, mencegah masalah lambung dan juga meningkatkan kecepatan pencernaan.
 
Sumber:
1. Facebook.Sahrul.Ponto/Shared.Konsul-Dokter's-Status-Update/
2. www.julitriharto.com/index.php?...makan-adalah...
3. id.shvoong.com/...and.../2296459-makan-adalah-hal-yang-sangat/
4. health.detik.com/.../ini-yang-sebaiknya-dilakukan-setelah-makan
5. Facebook'Photo,s.Laely.Widjajati/NYANTAI BANGEEET.............
6. laely-widjajati.blogspot.com/.../indahnya-banjarmasin-kalimantan-selatan.html

"DILARANG BERHUBUNGAN BADAN KETIKA HAID/MENSTRUASI"

"Haid" atau "menstruasi" adalah proses alami yang dialami setiap wanita, yaitu terjadinya proses pendarahan yang disebabkan luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan".


"Haid" pada wanita adalah suatu perdarahan rahim yang sifatnya fisiologik (normal), sebagai akibat perubahan hormonal yaitu estrogen dan progesteron. "Haid" bisa menjadi salah satu pertanda bahwa seorang wanita sudah memasuki masa suburnya. Karena secara fisiologis, "Haid" menandakan telah terbuangnya sel telur yang sudah matang. "Haid" merupakan bagian dari proses mempersiapkan tubuh wanita setiap bulannya untuk kehamilan.

Sebagaimana dijelaskan dalam Firman Allah:
"Mereka bertanya kepadamu tentang "Haid". Katakanlah: "Haid" itu adalah suatu kotoran”. oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu "Haid"; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. apabila mereka Telah suci, Maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.(QS.: Al-Baqarah 2:222)

Tidak sedikit pasangan yang melakukan aktivitas seksual saat si wanita sedang mengalami "menstruasi"/
"Haid". Padahal pada masa ini berhubungan seks bisa sangat berbahaya. Mengapa? Laura Berman, PhD, seorang pakar seks dan terapis dari Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Chicago mengatakan, setelah dengan berbagai macam penelitian, berhubungan seks saat "Haid" ternyata dapat merugikan kesehatan kedua pasangan. Beberapa risiko kesehatan yang bisa terjadi akibat melakukan seks saat "Haid" antara lain:

1. Penyakit Menular Seksual

Saat wanita mengalami "menstruasi", leher rahim akan terbuka. Terbukanya leher rahim tersebut dapat mempermudah kuman dan bakteri masuk bahkan menyebar hingga ke rongga panggul. Wanita juga berpotensi tertular virus HIV dan hepatitis jika melakukan hubungan seks saat
"Haid".

2. Risiko Infeksi

Saat
"Haid", dinding vagina akan mengalami inflamasi atau pembengkakan sebagai proses alami tubuh. Saat "Haid" terjadi, lapisan dinding rahim akan mengalami peluruhan berbarengan dengan keluarnya darah "Haid". Darah tersebut merupakan media yang berpotensi mengembangkan kuman dan bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi saluran kencing, sperma, dan prostat pada pria.

3. Endometriosis

Istilah tersebut pasti masih asing di telinga Anda. Endometriosis mengacu pada pertumbuhan sel-sel di luar endometrium (dinding rahim) atau di tempat lain. Dalam tingkat lanjut pertumbuhan sel-sel tersebut akan memicu rasa nyeri saat
"Haid", atau biasa disebut dengan dismenore.

Salah satu faktor penyebab endometriosis adalah regurgitasi atau aliran balik darah
"Haid" dari dalam rahim ke saluran indung telur dan masuk ke dinding perut. Ini dapat terjadi jika Anda melakukan hubungan seks saat "Haid".

Tak hanya itu, risiko infeksi juga semakin meningkat baik pada pria maupun wanita. Tingkat keasaman dan kemampuan lendir vagina untuk melawan bakteri saat berhubungan seks akan mengalami penurunan, sehingga berpotensi mengembangkan bakteri dan kuman yang membahayakan kesehatan.

4. Sudden Death (mati mendadak)

Gerakan saat berhubungan seks di masa
"Haid" juga bisa menjadi pemicu terjadinya gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka. Para ahli medis mengkhawatirkan, jika emboli atau gelembung udara tersebut masuk ke dalam pembuluh darah maka akan mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan bisa mengakibatkan “sudden death” atau mati mendadak.

Jika orang Barat baru tahu bahayanya setelah dengan berbagai penelitian, dan memutuskan tidak melakukan hubungan badan saat istri sedang
"Haid", Islam justru sejak 14 abad yang lalu sudah melarang berhubungan badan saat istri sedang "Haid". Sungguh di balik pelarangan itu ternyata ada hikmah dan manfaat yang ada didalamnya. salah satu bukti kebenaran kandungan Al-Qur'an. Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

Sumber:
1. ummushofiyya.wordpress.com/2011/03/23/mengenal-haid/
2. Facebook.Endang.Sri.Utami/Shared-Apple's-status-update/
3. Facebook.Laely.Widjajati/Aku Bangga Jadi ORANG INDONESIA....

"RESIKO MEMAAFKAN"

"Memaafkan" adalah amalan yang sangat mulia ketika seseorang mampu bersabar terhadap gangguan yang ditimpakan orang kepadanya serta "Memaafkan" kesalahan orang padahal ia mampu untuk membalasnya".


"Memaafkan" itu indah ...
"Memaafkan" itu Sedekah ...
"Memaafkan" itu mengundang Maghfirah-Nya ...
"Memaafkan" itu mengundang Rahmat-Nya ..."Memaafkan" itu menghadirkan keridha'an-Nya ...
"Memaafkan" itu nikmat ...."Memaafkan" itu lezat ...."Memaafkan" itu melapangkan perasaan ..."Memaafkan" itu melapangkan kesusahan ...
"Memaafkan" itu membuka pintu-pintu cinta ...."Memaafkan" itu membuka pintu-pintu dunia ...."Memaafkan" itu membuka pintu-pintu bahagia ..."Memaafkan" itu membuka pintu-pintu surga ...
"Memaafkan" itu melepaskan masalah ..."Memaafkan" itu melepaskan rasa resah ...."Memaafkan" itu melepaskan rasa serba salah ..."Memaafkan" itu melepaskan lelah ...
"Memaafkan" itu melancarkan pernapasan ..."Memaafkan" itu melancarkan hubungan ..."Memaafkan" itu menambah ketampanan ..."Memaafkan" itu menambah kejelitaan ...
"Memaafkan" itu mengikhlaskan ..."Memaafkan" itu menyehatkan ..."Memaafkan" itu mendewasakan ..."Memaafkan" itu mencerdaskan ...
"Memaafkan" itu membersihkan diri ..."Memaafkan" itu mengundang rejeki ..."Memaafkan" itu menenangkan hati ..."Memaafkan" itu mengundang ridha Illahi ...

Sumber:
1. asysyariah.com/memaafkan-kesalahan-dan-mengubur-dendam.html
2. Facebook.Bunda.Endang.Achwan/Shared-Strawberry's-status-update/ 
3. Facebook.Laely.Widjajati/Kok di blakang q bnyak "ULAR" nya ya ???????????

Jumat, 18 Januari 2013

"KUKU PANJANG SUMBER PENYAKIT"

"Kuku" yang "Panjang" Menyebabkan Sumber "Penyakit".


Penelitian-penelitian kedokteran mengungkapkan kepada kita bahwa "kuku" yang "panjang" dapat mengundang "penyakit", karena jutaan kuman akan bersarang di bawahnya. Penelitian kedokteran juga mengungkapkan bahwa membiarkan panjang bulu kemaluan adalah salah satu faktor penyebab "penyakit" bulu kemaluan berkutu yang tersebar di Eropa serta menyebabkan luka dan ...peradangan pada daerah di sekitar kemaluan.

Penemuan ini menjelaskan kepada manusia sebagian hikmah di balik hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu hadits tentang sunnah-sunnah fithrah yang diwasiatkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam kepada manusia. Hadits ini adalah pondasi kebersihan individu. Al-Imam Muslim telah meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda,

عَشْرٌ مِنَ الفِطْرَةِ : قَصُّ الشَّارِبِ ، وَإعْفَاءُ اللِّحْيَةِ ، وَالسِّوَاكُ ، وَاسْتِنْشَاقُ المَاءِ ، وَقَصُّ الأظْفَارِ ، وَغَسْلُ البَرَاجِمِ ، وَنَتف الإبْطِ ، وَحَلْقُ العَانَةِ ، وَانْتِقَاصُ المَاءِ . قَالَ الرَّاوِي : وَنَسِيْتُ العَاشِرَةَ إِلاَّ أنْ تَكُونَ المَضمَضَةُ

"Sepuluh perkara yang merupakan fithrah: merapikan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, memasukkan air ke hidung (ketika berwudhu), memotong "kuku", membasuh ruas jari-jemari (ketika berwudhu), mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dan istinja' (membersihkan kemaluan setelah buang air". Salah seorang rawi hadits ini berkata, “Saya lupa yang kesepuluh, (tapi saya menduga bahwa yang kesepuluh adalah berkumur-kumur ketika berwudhu). (HR. Muslim)

Sumber: 

1. Facebook, Endang Sri Utami Shared Apple's Status
2. izzyalya.blogspot.com

"TANDA DIKABULKANNYA DO'A KITA OLEH ALLAH"

"Setiap orang tentunya ingin "do'a"nya "dikabulkan", dan "penasaran" kapan "do'a"nya "dikabulkan"


Dalam kitab An-Nafaisul 'Uluwiyah halaman 196-197 disebutkan bahwa Habib Abdullah al-Haddad ketika ditanya tentang tanda-tanda "dikabulkan"nya suatu "do'a", beliau menjawab :

Pertama-tama perlu diketahu bahwa "do'a" yang dipanjatkan oleh seorang mukmin yang berinabah dan bersungguh-sungguh dalam menghadapkan dirinya kepada Allah akan
"dikabulkan". Hanya saja pengabulan "do'a" itu kadang kala disegerakan atau diakhirkan.

Bahkan kadang Allah mengganti permohonan yang ia panjatkan dengan karunia lain yang lebih baik baginya menurut pandangan dan pilihan Allah. Keterangan seperti ini banyak terdapat dalam ayat Al-Qur'an.

Para ulama menyebutkan bahwa tanda
"dikabulkan"nya sebuah "do'a" yaitu si pen"do'a" merasakan getaran dan kesejukan dalam hati sewaktu memanjatkan "do'a"nya itu.

Adapun ditolaknya "do'a" bisa karena adanya rintangan. Termasuk dalam rintangan itu adalah : memakan makanan yang haram baginya, memakai pakaian yang haram, terus berbuat zalim kepada hamba Allah, dan ber"do'a" dengan hati yang lalai.

Rasulullah bersabda :

"ketahuilah oleh kalian semua, sesunguhnya Allah tidak akan mengabulkan "do'a" dari hati yang lalai" (HR Thabrani)

Tidak
"dikabulkan"nya "do'a" seseorang bisa juga karena dia memutuskan tali silaturahim, membenci saudaranya sesama muslim dan tidak berbicara kepada mereka tanpa alasan yang benar.

Ibrahim bin Adham radhiyallahu 'anhu berkata :

"Do'a" kalian tidak ter"kabul" karena hati kalian telah mati dan penyebab matinya hati kalian adalah sepuluh hal :

1. kalian mengenal Allah, tapi tidak memenuhi hak-Nya ..

2. kalian mengaku cinta kepada Rasulullah, tetapi tidak mengikuti sunnah nya ...

3. kalian membaca Al-Qur'an tetapi tidak mengamalkan isinya ..

4. kalian menikmati berbagai karunia Allah, tetapi tidak bersyukur.

5. kalian nyatakan setan adalah musuh, tetapi malah kalian mengikutinya ..

6. kalian nyatakan surga itu benar ada, tetapi tidak beramal untuk memperolehnya ..

7. kalian nyatakan neraka itu ada, tetapi tidak berusaha menghindarinya ..

8. kalian nyata kematian itu pasti datang, tetapi tidak bersiap menghadapinya..

9. sejak bangun tidur kalian sibuk meneliti dan membicarakan aib orang lain dan melupakan aib kalian sendiri ...

10. kalian kuburkan mereka yang meninggal di antara kalian, tetapi tidak memetik pelajaran darinya ...

(posting ini diambil dari tabloid AR-RAUDHAH edisi 1 yang disusun oleh : Habib Noval bin Muhammad Alaydrus.)

Wallahua’lam bish Shawwab ....
Barakallahufikum ....

... Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci ...

Sumber: Facebook: Endang Sri Utama Shared Sahabat QALBU Cahaya Jiwa's Status

"BERAT SEGELAS AIR"

"Berat Segelas Air", kisah inspirasi dan motivasi, kisah-kisah inspirasi terbaik".


Saat Stephen R. Covey mengajar tentang Manajemen Stress, dia bertanya kepada para peserta kuliah,

“Menurut anda, kira-kira berapa
"Berat Segelas Air"?” Jawaban para peserta sangat beragam, mulai dari 200 gram sampai 500 gram.

“Sesungguhnya yang menjadi masalah bukanlah "berat" absolutnya. Tetapi berapa lama anda memegangnya,” ungkap Covey.

“Jika saya memegangnya selama satu menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama satu jam, lengan kanan saya akan sakit. Jika saya memegangnya selama satu hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya,” lanjutnya.

“Berat"
nya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin "berat". Jika kita membawa beban terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu terasa meningkat "berat"nya,” ungkap Covey.

”Yang harus kita lakukan adalah meletakkan "gelas" tersebut. Istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi. Kita harus meninggalkan beban kita, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sehari-hari, tinggalkan beban pekerjaan anda. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok,” lanjutnya.

“Apapun beban yang ada di pundak anda hari ini, coba tinggalkan sejenak. Setelah beristirahat, nanti dapat diambil lagi. Hidup ini sangat singkat, jadi cobalah menikmatinya dan memanfaatkannya. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat atau disentuh, tapi dapat dirasakan jauh di dalam hati kita,” kata Covey.

Sumber: Facebook, Bagus Handaka>Endang Sri Utami.

"Kisah Kakek dan Pencuri Pepaya"

"Kisah seorang "kakek" dan seorang "pencuri pepaya". Sebuah kisah inspirasi dan motivasi islami".
 

Saya ingin mengawali renungan kita kali ini dengan mengingatkan pada salah satu kisah kehidupan yang mungkin banyak tercecer di depan mata kita. Cerita ini tentang seorang "kakek" yang sederhana, hidup sebagai orang kampung yang bersahaja.... Suatu sore, ia mendapati pohon "pepaya" di depan rumahnya telah berbuah. Walaupun hanya dua buah namun telah menguning dan siap dipanen. Ia berencana memetik buah itu di keesokan hari. Namun, tatkala pagi tiba, ia mendapati satu buah "pepaya"nya hilang dicuri orang.
"Kakek"itu begitu bersedih, hingga istrinya merasa heran. “masak hanya karena sebuah "pepaya" saja engkau demikian murung” ujar sang istri.

“Bukan itu yang aku sedihkan” jawab sang
"kakek", “aku kepikiran, betapa sulitnya orang itu mengambil "pepaya" kita. Ia harus sembunyi-sembunyi di tengah malam agar tidak ketahuan orang. Belum lagi mesti memanjatnya dengan susah payah untuk bisa memetiknya..”

“Dari itu Bune” lanjut sang
"kakek", “saya akan pinjam tangga dan saya taruh di bawah pohon "pepaya" kita, mudah-mudahan ia datang kembali malam ini dan tidak akan kesulitan lagi mengambil yang satunya”.

Namun saat pagi kembali hadir, ia mendapati
"pepaya" yang tinggal sebuah itu tetap ada beserta tangganya tanpa bergeser sedikitpun. Ia mencoba bersabar, dan berharap pencuri itu akan muncul lagi di malam ini. Namun di pagi berikutnya, tetap saja buah "pepaya" itu masih di tempatnya.

Di sore harinya, sang
"kakek" kedatangan seorang tamu yang menenteng duah buah "pepaya" besar di tangannya. Ia belum pernah mengenal si tamu tersebut. Singkat cerita, setelah berbincang lama, saat hendak pamitan tamu itu dengan amat menyesal mengaku bahwa ialah yang telah mencuri "pepaya"nya.

“Sebenarnya” kata sang tamu, “di malam berikutnya saya ingin men"curi" buah "pepaya" yang tersisa. Namun saat saya menemukan ada tangga di sana, saya tersadarkan dan sejak itu saya bertekad untuk tidak men"curi" lagi. Untuk itu, saya kembalikan
"pepaya" Anda dan untuk menebus kesalahan saya, saya hadiahkan "pepaya" yang baru saya beli di pasar untuk Anda”.

Hikmah yang bisa diambil dari kisah inspirasi diatas, adalah tentang keikhlasan, kesabaran, kebajikan dan cara pandang positif terhadap kehidupan.

Mampukah kita tetap bersikap positif saat kita kehilangan sesuatu yang kita cintai dengan ikhlas mencari sisi baiknya serta melupakan sakitnya suatu “musibah”?

"Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya, dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya, dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta."

Kisah inspirasi diatas dikutip dari khutbah yang ditulis oleh ustadz Saiful Amien.

Sumber: Facebook, Bagus Handaka>Endang Sri Utamai

"SHOLAT SUNNAH MU'AKAD"

"Sebagai seorang Muslim, memang dituntut untuk melakukan banyak amalan-amalan "sunnah" sebagai bonus tambahan kepada amalan-amalan wajib". 


Untuk fakta, terdapat beberapa "sholat sunnah yang sangat dituntut untuk dilakukan ("muakad"). Kejayaan menunaikannya dengan konsisten, ikhlas, khusyuk dan tawadho' dijanjikan dengan pahala dan fadhilat yang besar di sisi Allah.

Diantara "sholat"-"sholat sunnah muakad", yang sangat dituntut untuk dilakukan setiap hari adalah:

1. "Sholat Sunnah" Rawatib (10 Rakaat)

Dari Ibnu Umar r.a. berkata, "Aku menjaga 10 rakaat dari Nabi s.a.w.; 2 rakaat sebelum "sholat" Zuhur, 2 rakaat sesudahnya, 2 rakaat sesudah "sholat" Maghrib, 2 rakaat sesudah "sholat" Isyak dan 2 rakaat sebelum "sholat" Subuh ("sholat sunnah" Fajar)." (Riwayat Bukhari dan Muslim)'

Aisyah r.a. dalam sebuah hadis menyatakan, "Tidak ada nafilah ("sholat sunnah") yang sangat dijaga pelaksanaannya oleh Nabi s.a.w. melebihi dua rakaat "sholat" sebelum Fajar." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Ada ulama' yang mengatakan bahawa "sholat sunnah" Fajar dan "sholat sunnah" Qabliyyah Subuh adalah "sholat" yang sama, ada juga yang berpendapat mereka adalah dua "sholat" yang berbeda. Wallahu'alam.

2. "Sholat Sunnah" Dhuha (2 Rakaat)

Dari pada Abu Hurairah r.a., sabda Nabi s.a.w., "Telah berpesan kepadaku temanku (Rasulullah s.a.w.) tiga macam pesanan; puasa 3 hari setiap bulan, sembahyang Dhuha 2 rakaat dan sembahyang witir sebelum tidur." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Waktu mengerjakannya adalah ketika matahari sedang naik (selepas matahari terbit hingga sebelum matahari tegak di atas kepala).

3. "Sholat Sunnah" Witir (1 Rakaat)

Sebuah hadis berbunyi, "Sesungguhnya Allah itu witir (ganjil), dan Dia menyukai witir. Maka lazimkanlah "sholat" witir, wahai ahli Al-Quran." (Riwayat Abu Daud dan at-Tirmidzi) Ditunaikan sekurang-kurangnya satu rakaat sebelum tidur.

4. "Sholat Sunnah" Tahajjud (2 Rakaat)

"Dan bangunlah pada sebahagian malam serta kerjakanlah tahajjud di waktu itu sebagai "sholat" tambahan, semoga Tuhanmu membangkit dan menempatkanmu pada hari akhirat di tempat terpuji."(Surah al-Isra’: 79)

5. "Sholat Sunnah" Taubat (2 Rakaat)

Dari Ali k.w.j., bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda, “Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa lalu dia bangun dan bersuci, kemudian mengerjakan "sholat", dan setelah itu memohon keampunan kepada Allah melainkan Allah akan memberikan keampunan kepadanya.” (Riwayat at-Tirmidzi) Manusia tidak pernah dari pada melakukan dosa dalam sehari. Seelok-eloknya ditunaikan sebelum tidur.

Jika dihitung, jumlah rakaat "sholat"-"sholat sunnah" adalah 17 rakaat, bersamaan dengan jumlah rakaat "sholat"-"sholat" wajib. Tujuan ditunaikan "sholat"-"sholat sunnah" adalah untuk 'menampal' mana-mana kecacatan yang terjadi dalam "sholat"-"sholat" wajib yang kita kerjakan. Umpama kain yang koyak ditampal dengan cebisan kain yang sama, begitulah juga "sholat" yang 'cacat' akibat kelemahan dan kelalaian kita 'ditampal' dengan "sholat"-"sholat sunnah".

Waktu-waktu Yang Dilarang "Sholat"

1. Habis waktu "sholat" Subuh hingga matahari terbit.
2. Ketika matahari sedang terbit.
3. Ketika matahari tegak di atas kepala.
4. Habis waktu Asar hingga matahari terbenam.
5. Ketika matahari terbenam.

Sama-samalah kita berusaha mencari keredhaan-Nya.Islam itu indah, indahkan hidupmu dengannya.

Sumber: Endang Sri Utami Shared Apple's Status

"AYAM Melihat MALAIKAT, KELEDAI Melihat SETAN"

"Mengapa Ayam Mampu Melihat "Malaikat", Sedangkan Keledai Tidak?"

Mampirlah sebentar, baca dan resapilah lalu ucapkanlah: Subhanallah.

Banyak sudah penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran sabda-sabda Nabi SAW secara ilmiah. Berikut ini adalah salah satunya. Nabi SAW bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِ...يقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

"Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat "Malaikat", sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari "Setan" karena dia melihat "setan"." (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Kita sering kali mendengar hadits ini tetapi bisa jadi jarang memikirkannya dan tidak terlintas dalam benak kita untuk meneliti secara ilmiah mengapa itu terjadi.

Kemampuan sistem visual manusia di dunia ini terbatas. Dalam hal ini justru kalah dengan sistem visual keledai dan ayam jantan. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Tapi kemampuan indera ayam jantan dan keledai melewati batas itu. Pertanyaannya sekarang, bagaimana keledai dan ayam bisa melihat "setan" dan "Malaikat", bukan sebaliknya?

Keledai itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan "setan" sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, "setan" termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, keledai dapat melihat "setan", tetapi tidak bisa melihat "Malaikat".
Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan "Malaikat" diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, "Malaikat" dapat dilihat oleh ayam jantan.

Hal ini menjelaskan kepada kita mengapa "setan" melarikan diri saat disebutkan nama Allah. Penyebabnya adalah karena para "Malaikat" datang ke tempat yang disebut nama Allah itu, sehingga "setan" melarikan diri.

Mengapa "setan" menghindar bila ada "Malaikat"?

Jawabannya adalah karena "setan" terganggu bila melihat cahaya "Malaikat". Dengan kata lain, jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di satu tempat, maka sinar merah memudar.

Maha Suci Allah...!

Sumber: Endang Sri Utami Shared Stawberry's Status

"Kata Hikmah tentang "WANITA"

Begitu mudahnya seorang laki-laki bilang suka pada "wanita".

Begitu mudahnya seorang laki-laki bilang cinta pada "wanita".
Begitu mudahnya seorang laki-laki bilang sayang pada "wanita".
... Dan begitu mudahnya seorang laki-laki bilang dialah satu-satunya pilihan dalam hidupnya pada "wanita".

"Wanita" memang terlalu mudah terpedaya.
"Wanita"memang terlalu mudah dipuja."Wanita"memang terlalu mudah dimanja.
Padahal itu kebanyakan sebatas dibibir saja.

Andai saja banyak laki-laki yang memuliakan
"wanita".
Andai saja banyak
"wanita" tak mudah terbuai kata-kata rayuan belaka.

Niscaya tak akan banyak korban-korban berjatuhan yang mengatasnamakan cinta.

Wahai Akhy..
Hormatilah keberadaan kaum
"wanita".
Janganlah ia hanya dibuat sebagai barang mainan saja.
Karena ia pun berhak mendapatkan cinta sejatinya.

Wahai Ukhty..
Janganlah engkau mudah tergoda.
Janganlah engkau mudah terpedaya.
Sayangi dirimu. Sayangilah badanmu.
Pertahankan mahkota kehormatanmu.
Engkau tak pantas menjual kemuliaanmu begitu murahnya.
Engkau tak pantas menjadi Perhiasan yang hilang Keindahannya.

Karena sejatinya..
Hanyalah "wanita" yang berhak menjadi Perhiasan Terindah bukan Perhiasan Termurah.

Semoga dapat kita jadikan sebagai bahan renungan bersama.

Sumber: Endang Sri Utami Shared Apple's Status Update

Sabtu, 12 Januari 2013

"RATNA MUTU MANIKAM DI SEPANJANG KHATULISTIWA"


"Dunia pariwisata Indonesia juga akan bisa dengan bangga menggunakan kata-kata .. untaian RATNA "MUTU MANIKAM" di sepanjang ekuator atau "khatulistiwa".



Negara   kita terdiri    dari pulau-pulau yang banyaknya mencapai ribuan, bukan  lima ribu    pulau, bahkan bukan pula sepuluh ribuan pulau tetapi lebih dari itu. Dengan perhitungan terakhir nanti terhitung setelah dua tahun sejak sekarang, mungkin akan mencapai angka hanya di bawah 14000 pulau. Meskipun demikian Indonesia, yang meliputi wilayah berdaulat NKRI, masih merupakan sebuah negara kepulauan yang terbesar di dunia dengan gugusan pulau-pulaunya yang seperti digambarkan oleh para sastrawan. Seperti untaian ratna "mutu manikam" di sepanjang "khatulistiwa" , itulah kata-kata para pujangga yangmemuja kepulauan Nusantara.

Yang tidak banyak diketaui orang adalah fakta: benar-benar suatu kenyataan bahwa panjang pantai-pantai di seluruh pulau-pulau Indonesia itu 54716 – (limapuluh empat ribu tujuh ratus enam belas kilometer) lebih panjang dari panjang "khatulistiwa" yang hanya: 40.075,035.535 – dibulatkan 40075 (empat puluh ribu tujuh puluh lima) kilometer.

Menteri beberapa Departemen sebaiknya adalah personil yang bisa memimpin dan menjabat dan senantiasa berpikiran dengan jiwa bahari dan kelautan. Yang hanya memikirkan daratan saja, sementara dipinggirkan dahulu untuk setengah abad. Dengan demikian maka anggaran menuju pembangunan wilayah kelautan dapat ditingkatkan dengan maksimum.

Sekarang sampailah kita meninjau keadaan kekuatan bahari kita, di lautan. Panjang pantai seluruh kepulauan Nusantara yang ada sama dengan 54716 kilometer, sedang China hanya mempunyai 14500 kilometer, India mempunyai 7000 kilometer dan Amerika Serikat mempunyai 19924 kilometer.

Keberagaman budaya Indonesia adalah "mutu manikam" yang memperkaya peradaban Nusantara. Komitmen sosial perihal kekuatan keberagaman sesungguhnya mengikat kita untuk merekat kembali kebhinekaan Indonesia yang semakin luntur. Kekuatan yang selama ini terbukti berhasil menyatukan kita sejak negeri multi etnik bernama Republik Indonesia ini didirikan, yang kemerdekaannya dikumandangkan Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945, di suatu pagi di bulan Ramadhan yang cerah.

Indonesia dari ujung Barat hingga Timur, Utara hingga Selatan adalah rangkaian keindahan demi keindahan tersebut sehingga dikenal dengan nama Zamrud "Khatulistiwa". Bahkan dalam bukunya Max Havelaar, Multatuli menyebut Indonesia sebagai “untaian ratna "mutu manikam” karena keelokannya.

Membicarakan tentang kecantikan alam Indonesia memang tiada pernah ada habisnya. Dalam dunia bahari, Indonesia memiliki taman laut yang sangat indah seperti di Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat yang  merupakan jantung kekayaan terumbu karang dunia. Kawasan Raja Ampat memiliki lebih dari 1.070 jenis spesies ikan, 600 jenis spesies terumbu karang, dan 66 jenis molusca. Sedangkan Kepulauan Karibia hanya memiliki tidak lebih dari 70 jenis terumbu karang (sumber: dunialaut.com). Bukankah itu sebuah fakta yang sangat mengagumkan? Karena itu tak heran Raja Ampat menjadi surga bagi para diver dan menjadi salah satu spot diving kelas dunia yang paling diminati. 

Selain Kawasan Raja Ampat, Indonesia juga memiliki Laut Sulawesi, tempat ditemukannya mahluk-mahluk laut yang belum ditemukan sebelumnya, termasuk ditemukannya ikan Coelacanth yang diduga sudah punah 65 juta tahun lalu. Sedangkan di Danau Kakaban, Perairan Berau, Kalimantan Timur terdapat ribuan ubur-ubur tanpa sengat, Martigias papua, sehingga Anda dapat merasakan sensasi berenang dengan ubur-ubur. Di dunia ini hanya ada dua habitat ubur-ubur tersebut, yakni di Indonesia dan Republik Palau di Samudra Pasifik.

Dari dunia bawah laut bergeser sedikit ke jajaran pantai yang membentengi kepulauan Nusantara. Indonesia memiliki pantai dengan karakter yang sangat beragam, mulai pantai dengan pasir putih, pasir coklat, pasir hitam, hingga pantai berpasir pink seperti di Pink Beach Pulau Komodo.  Selain pasir warna-warni, ombak di pesisir pantai Indonesia sangatlah beragam. Ada pantai yang sangat tenang tanpa ombak hingga terlihat seperti danau, atau pantai dengan 7 gulungan ombak setinggi hampir 6 meter sehingga dikenal dengan nama “The 7 Giant Waves Wonder”. Pantai yang menjadi surga para peselancar tersebut adalah Pantai Plengkung di Banyuwangi yang juga disebut dengan nama “G-land”.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia jelas memiliki pulau-pulau yang sangat indah. Selain Bali yang telah mendunia dengan julukan “the island of paradise” pulau lain yang tak kalah mempesona adalah Pulau Lombok dengan tiga gilinya yang sangat terkenal, Pulau Moyo yang pernah dijadikan tempat berlibur Putri Diana dan Mick Jagger, hingga Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang dikenal dengan “the largest living lizard in the world”.

Secara geografis, Indonesia terletak di lokasi yang sangat strategis, karena diapit oleh dua samudra dan dua benua. Sebagai negara kepulauan terluas di dunia, jika daratan dan perairannya digabungkan menjadi satu, maka  negeri ini akan seluas Amerika Serikat atau setara jarak antara London Hingga Moscow . Indonesia juga terletak tepat di pertemuan rangkaian gunung berapi aktif (ring of fire), karena itu negeri ini kaya akan gunung gemunung yang tegak menjulang dari Aceh hingga Papua, baik gunung berapi aktif maupun tidak. Pagi para pecinta alam, Indonesia adalah surganya gunung dengan berbagai tipe. Masing-masing gunung menawarkan pesona tersendiri, mulai dari Gunung Jayawijaya yang memiliki salju abadi, Gunung Merapi yang sangat aktif, Gunung Rinjani dengan Segara Anaknya, Gunung Bromo dengan sunrisenya yang magic dan pemandangan laksana di bulan, hingga Gunung Ijen yang dikenal dengan api birunya. 

Tidak hanya ratusan gunung yang tegak menjulang dengan gagah, sisa-sisa letusan gunung berapi pada masa lampau juga menyisakan kaldera yang kecantikannya masih bisa dinikmati hingga kini. Sebut saja Kaldera Dieng, Kaldera Tengger, serta Kaldera Toba yang merupakan kaldera raksasa. Sebelum menjadi danau yang cantik seperti sekarang ini, Toba memiliki kisah tersendiri. Gunung yang meletus sekitar 75.000 tahun lalu ini menghasilkan sekitar 2800 kilometer kubik abu ke atmosfer sehingga mempengaruhi iklim dunia. Saat itu Letusan Toba menyebabkan musim dingin vulkanik dengan penurunan suhu di dunia antara 3 – 15 derajat Celcius.
 

“Beri alasan kenapa kamu cinta negeri ini?” tanya sahabat saya pada suatu hari saat kami sedang berbincang tentang hal-hal random, mulai dari hidup, cinta, karir, hingga merembet ke rasa nasionalisme. Saya yang terbiasa dengan pemikirannya yang sedikit nyleneh serta pertanyaannya yang acapkali mengejutkan menjawab dengan singkat “Saya cinta Indonesia karena negeri ini cantiknya kebangetan”.  “Sesimpel itu?” tanyanya lagi. “Yapz! Nggak ada hal lain yang lebih reasonable dibanding itu.”

Ya, bagi saya hal tersebut sudah lebih cukup untuk dijadikan alasan mencintai Indonesia, sebuah negeri dengan begitu banyak keistimewaan yang telah Tuhan karuniakan. Mulai dari bentang alam yang elok rupawan, kekayaan alam yang melimpah, hingga SUKU BANGSA dan BUDAYA yang SANGAT BERAGAM. 

Selain alamnya yang sangat cantik, Indonesia juga kaya akan SUKU BANGSA dan BAHASA. Berdasarkan data dari BPS yang dilansir dari JPNN.COM pada tahun 2010 di Indonesia terdapat kurang lebih 1.128 SUKU BANGSA. Masing-masing suku memiliki budayanya sendiri yang adiluhung. Masyarakatnya pun memiliki penghidupan yang sangat beragam baik sebagai masyarakat agraris maupun maritim.


Ketangguhan pelaut Indonesia telah terbukti sejak dahulu. Jauh sebelum para pelaut Eropa berlayar mengarungi samudra dan Christopher Columbus menemukan benua Amerika, para pelaut dari kerajaan Mataram Kuno telah berlayar ke Tanjung Harapan, Afrika, hingga Madagascar. Pelayaran tersebut digambarkan dalam relief Candi Borobudur yang merupakan monumen Buddha termegah dan kompleks stupa terbesar dunia berdasarkan data dari UNESCO. Candi yang merupakan galeri mahakarya para pemahat pada abad ke – VIII ini pun pernah menjadi surga pagi para peziarah yang datang dari India, Kamboja, Tibet, dan China. Kini Candi Borobudur pun tetap menjadi salah satu landmark wisata Indonesia.
Ribuan pulau yang indah menguntai di "Khatulistiwa" adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada negeri ini, Indonesia. Keindahan alam nusantara, barisan pegunungan, danau, sungai yang meliuk melukisi dan pantai-pantai samudera yang menginspirasi. Hutan hujan yang tinggi menjulang dan sawah ladang yang padinya kuning membentang. Keindahan alam Indonesia. Dan keindahan kearifan lokal yang menjuntai bak "mutu manikam", yang dari setiapnya memancarkan pesona dari rasa mensyukuri karunia. Mewujud dalam keindahan SENI BUDAYA, sastra bertutur dengan lisan dan dengan bayang-bayang, gerak tari, busana tradisionil, batik dan kerajinan, prosesi tradisi, lantunan nada maupun keindahan bangunan khas negeri, candi dan arca. 

Melihat semua fakta-fakta di atas tak ada lagi alasan bagi saya untuk tidak mencintai negeri ini. Alasan saya mencintai Indonesia sangatlah sederhana dan praktis. Saya mencintai negeri ini karena mata dan jiwa saya terpuaskan oleh kecantikan alam dan BUDAYAnya, kemudian jejak itu tertinggal jelas di dalam hati. Dan saya bersyukur bisa terlahir di negeri secantik ini. Lantas, bagaimana dengan Anda? Apa alasan Anda mencintai negeri ini? 

Sumber:
2. www.antarafoto.com/artikel/v1264724762/manikam-khatulistiwa
3. wisata.kompasiana.com/.../indonesia-sepotong-surga-di-khatulistiwa-492584.html
4. www.bi.go.id/web/id/Ruang+Media/.../lomba_foto_hut_672012.htm
5. sen1budaya.blogspot.com

Jumat, 11 Januari 2013

"TANDA PENGENAL MANUSIA PADA SIDIK JARI"

"Setiap orang, termasuk mereka yang terlahir kembar identik, memiliki pola "sidik-jari" yang khas untuk diri mereka masing-masing, dan berbeda satu sama lain". 

 
Dengan kata lain, tanda "pengenal" manusia tertera pada ujung "jari" mereka. Sistem pengkodean ini dapat disamakan dengan sistem kode garis (barcode) sebagaimana yang digunakan saat ini.

Saat dikatakan dalam Al Qur'an bahwa adalah mudah bagi Allah untuk menghidupkan manusia setelah kematiannya, pernyataan tentang "sidik-jari" manusia secara khusus ditekankan:

"Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) ujung "jari"-"jari"nya dengan sempurna." (Al Qur'an, 75:3-4)

Penekanan pada "sidik-jari" memiliki makna sangat khusus. Ini dikarenakan "sidik-jari" setiap orang adalah khas bagi dirinya sendiri. Setiap orang yang hidup atau pernah hidup di dunia ini memiliki serangkaian "sidik-jari" yang unik dan berbeda dari orang lain.

Itulah mengapa "sidik-jari" dipakai sebagai kartu identitas yang sangat penting bagi pemiliknya dan digunakan untuk tujuan ini di seluruh penjuru dunia.

Akan tetapi, yang penting adalah bahwa keunikan "sidik-jari" ini baru ditemukan di akhir abad ke-19. Sebelumnya, orang menghargai "sidik-jari" sebagai lengkungan-lengkungan biasa tanpa makna khusus.

Namun dalam Al Qur'an, Allah merujuk kepada "sidik-jari", yang sedikitpun tak menarik perhatian orang waktu itu, dan mengarahkan perhatian kita pada arti penting "sidik-jari", yang baru mampu dipahami di zaman sekarang.
 

Penelitian terus dilakukan dan hasilnya adalah dengan analisa "sidik-jari" anda juga bisa mendapatkan analisa bakat, potensi dan keperibadian anak anda.

Setiap negara yang ada di dunia ini memiliki aturan-aturan tetap kelembagaan, diantaranya sebuah lembaga yang menangani aturan mengenai pengambilan "sidik-jari" bagi setiap orang yang ingin memasuki negara tertentu.

Maksud dari pengambilan "sidik-jari" tersebut adalah untuk mengenal ciri-ciri khusus setiap orang, yang mana ciri-ciri khusus tersebut dimiliki oleh setiap orang dan tidak seorang pun dalam masalah itu yang memiliki kesamaan secara persis dengan orang lain. Salah satu dari kekhususan tersebut adalah garis dan guratan ujung "jari" telunjuk masing-masing orang. Guratan itu menunjukkan gambaran bahwa garis tersebut tidak mengarah kepada "sidik-jari" orang lain.

Pengambilan "sidik-jari", dimulai dengan mewarnai ujung "jari" telunjuk dengan tinta warna hitam kemudian jari tersebut dilengketkan di atas kertas putih sampai "jari" telunjuk tersebut meninggalkan bekas, dan menunjukkan reflexinya di atas kertas. Kemudian gambar tersebut, disimpan dan dijadikan sebagai arsip. "Sidik-jari" setiap orang sangat bernilai dari sekian "sidik-jari" yang dimiliki orang lain dan masing-masing manusia memilki guratan atau garis khusus di ujung "jari" telunjuknya sendiri.

Tak ada seorangpun memiliki "sidik-jari" yang sama meskipun  mereka satu sama lainnya adalah kembar; apakah itu dua pribadi yang sama atau berbeda, apakah itu saudara laki-lakinya atau saudara perempuannya, ataukah dia seorang berkebangsaan Ethopia atau Roma, apakah dia seorang yang berkulit hitam ataukah berkulit putih, ataukah kuning dan merah, dan apakah dia anak-anak atau orang tua.

Orang-orang dahulu juga mempunyai "sidik-jari" yang berbeda-beda, orang-orang yang ada sekarang ini pun demikian, dan orang-orang yang akan datang juga akan demikian halnya. Dari hari pertama manusia menginjakkan kakinya di muka bumi ini dan tiba pada suatu saat manusia akan meninggalkan muka bumi, tak satupun dari dua manusia satu sama lainnya memiliki "sidik-jari" yang sama dan untuk selamanya akan demikian.

Rumus yang telah ditetapkan dalam gambar setiap dari "jari"-"jari" tersebut tidaklah satu macam rumus melainkan menggunakan berbagai macam rumus. Dibutuhkan pakar matematika yang handal dan komputer yang sangat canggih untuk menunjukkan gambar yang sama sekali tidak mengalami pengulangan dalam membedakan setiap "sidik-jari" sehingga tidak terjadi kesalahan. Di antara bermilyard-milyard "sidik-jari" manusia dalam ribuan tahun tidak satu pun orang yang mempunyai "sidik-jari" yang sama dengan "sidik-jari" orang lain.

Qudrat besar bagaimanakah yang mampu menemukan rumus yang rumit ini dari sekian banyaknya "sidik"-"sidik-jari" setelah ribuan tahun berlalu?! Fenomena yang demikian ini, apakah  selamanya dapat tercipta dengan sendirinya? Apakah akal dapat menerima bahwa sebuah materi yang tidak berakal dan tidak berilmu dengan sendirinya dapat melakukan pekerjaan yang dia sendiri tidak mengetahuinya? Itupun juga secara berangsur-angsur dan berulang, sama sekali tidak!

Jika anda mengira-ngira bahwa telunjuk seseorang memiliki jumlah garis sekitar lima puluh garis dan jumlah manusia sekarang ini berkisar satu milyard. Kemudian anda kalikan lima puluh milyard dengan jumlah manusia yang dahulu, maka berapakah hasil dari perkalian yang anda akan capai?

Jika usia manusia sepuluh ribu tahun dan dalam setiap seratus tahunnya kita temukan tiga priode generasi, maka seharusnya dikalikan antara lima puluh milyard dengan tiga ratus, dan hasilnya bisa mencapai lima belas ribu milyard dan jika jumlah janin yang telah gugur dan  anak-anak yang masih menyusu pada ibunya dan anak-anak yang masih belum mencapai pase produksi, kita jumlahkan pase ini dengan jumlah pase yang dahulu kemudian kita jumlahkan secara keseluruhan maka jumlahnya akan mencapai tiga puluh ribu milyard.

Dan jika sekiranya usia manusia yang akan datang sepuluh ribu tahun dan kita tambahkan dengan hasil perkalian "jari"-"jari" mereka, maka hasilnya adalah enam puluh ribu milyard. 

Sistem apakah yang dibutuhkan sehingga mampu mencetak enam puluh ribu milyard gambar yang berbeda-beda?

Terletak dimanakah sistem yang canggih ini? Apakah dia terletak di dalam rahim para ibu? Ataukah di punggung para ayah? Berapakah jumlah arsitek yang dibutuhkan? Dan berapa pula jumlah pekerja yang diinginkan? Dimanakah pertamakali dibuat dan dicetak "sidik-jari" manusia-manusia yang hidup di dunia ini? Dengan rumus dan sistem apakah yang digunakannya? 

Ciri-ciri setiap orang itu adalah sangat banyak bahkan ratusan. Jika kita tinjau jumlah mereka di antara kehidupan manusia-manusia, dan di antara anggota-anggota setiap specis dari  silsilah makhluk hidup, dan juga kita tinjau silsilah tumbuh-tumbuhan, maka seluruh kekuatan komputer dan kemampuan berpikir tidak akan sanggup menghitungnya, apatah lagi untuk  menciptakan mereka semuanya.

Padahal keadaan ini telah ribuan tahun berjalan dan jutaan bahkan milyaran anggota dari setiap specis dalam ribuan specis, tapi tidak sadikitpun terjadi kesalahan dan tidak satupun terdapat kesamaan di antara anggota-anggota masing-masing specis itu. Sedemikian hebatnya sistem penciptaan ini, qudrat yang tak terbatas, ilmu yang luas, dan hikmat yang tak terhingga. Anda dapat menyebut Dia sesuai yang Anda inginkan.

Sekarang, arah perkembangan
"sidik-jari" bukan hanya sebagai pengenal identitas namun juga mulai mengarah ke arah kondisi bakat,potensi dari masing-masing manusia. Setiap manusia adalah unik dan berbeda, begitupun soal potensi dan bakat yang ada padanya. Tiap manusia memiliki " alasan " kenapa dia ada disini di bumi ini sekarang. Anda tahu alasan anda sekarang ? Bisa jadi anda mulai berpikir. Berpikir adalah proses dari stimulus lingkungan anda.
 
Sumber:
1. www.keajaibanalquran.com/biology_10.html
2. fingerprint-madiun.blogspot.com/.../tanda-pengenal-manusia-ada-pada.html
 
3. situsangkakala.blogspot.com
4. laely.widjajati.photos.facebook.com/NARSIS-dulu-sm-MBAKKU...../
5. laely.widjajati.photos.facebook.com/Shared-Isna-Fitria-Agustina-photo/


MusicPlaylistView Profile