Jumat, 25 Januari 2013

"LARANGAN DAN ANJURAN SETELAH MAKAN"

"Secara alami, kita "makan" saat lapar & mengenali setiap "makan"an yang ingin di"makan"nya, dan mencernanya lebih baik. Dan ini cara yang mudah dan sehat menjaga berat badan ideal Anda".


"Makan" adalah hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain untuk tenaga, "makan" juga berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi tubuh.

Allah Ta'ala telah menetapkan dan mewajibkan berbuat baik dalam segala sesuatu, dalam membunuh dalam menyembelih dan dalam hal apapun. Nabi saw sendiri memohon kepada Allah agar ditolong untuk ibadah kepada Allah dalam bentuk yang terbaik. Dan menjadikan sikap meninggalkan sesuatu yang kurang baik sebagai pertanda muslim yang baik. Dan Nabi bersabda:

احْرِصْ عَلَىٰ مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

“Berambisilah untuk hal yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah. Dan jangan lemah” (HR Muslim: 6725)

Oleh karena itu berikut ini saya terangkan beberapa kesalahan yang sering kita lakukan setelah
"makan"

LARANGAN SETELAH "MAKAN".

Saya akan meringkasnya pada point berikut ini:

1. Merokok
Para ilmuwan telah menetapkan dengan percobaan bahwa merokok satu batang setelah
"makan" setara dengan merokok 10 batang pada waktu yang lain. Artinya kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh satu batang rokok setelah "makan" sama dengan kerusakan dan pentyakit yang diakibatkan oleh 10 batang rokok.

2. Me
"makan" buah-buahan secara langsung
Sesungguhnya mengkonsumsi buah-buahan segera setelah
"makan" akan menyebabkan terisinya perut dengan udara. Oleh karena itu dinasihatkan untuk tidak me"makan" buah-buah sebelum satu atau dua jam setelah "makan", atau bisa juga satu jam sebelum "makan".

3. Langsung Meminum Teh
Dikarenakan daun-daun teh banyak mengandung unsur kimia karbon, di mana bahan kimia ini akan mempengaruhi protein yang ada pada
"makan"an yang kita "makan" dan menjadikannya keras hingga sukar dicerna.

4. Melonggarkan sabuk di perut

Melonggarkan sabuk setelah "makan" akan menyebabkan mulasnya lambung dan kebuntuannya (penyumbatan usus).

5. Mandi
Langsung mandi setelah
"makan" akan menyebabkan mengalirnya darah ke penghujung tubuh, yaitu ke ujung-ujung tangan dan kaki. Akibatnya jumlah darah yang mengalir di sekitar lambung menjadi sedikit. Hal ini menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

6. Berjalan
Termasuk kesalahan fatal adalah keyakinan banyak orang terhadap pernyataan "Jika engkau berjalan seratus langkah setelah
"makan", maka sesungguhnya engkau akan menikmati kesehatanmu hingga usia 99 tahun." Ini adalah pernyataan yang salah, di mana langsung berjalan setelah "makan" akan menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

7. Langsung Tidur
Sesungguhnya langsung tidur setelah
"makan" akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung.

ANJURAN SETELAH "MAKAN".


Berikut yang sebaiknya dilakukan saat Anda selesai "makan", seperti dilansir boldsky, Rabu (6/6/2012):

1. Istirahat sebentar
Setelah "makan" berat, Anda harus beristirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan agar bekerja dengan tepat.

Anda harus menyadari perasaan lelah setelah "makan" berat. Saat "makan" berat, otak mengalihkan energi ke pencernaan. Sel darah merah dikirim dari otak untuk menghancurkan partikel "makan" dan menyerap nutrisinya. Inilah sebabnya, disarankan untuk duduk beberapa menit, tapi jangan sampai tertidur. Istirahat maksimum 15-20 menit untuk menghindari timbunan lemak.

2. Berjalan
Bila Anda "makan" lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menemukan kesulitan untuk berdiri. Bunuh kemalasan dengan berjalan-jalan setelah Anda beristirahat selama beberapa menit.

Jangan jalan berlebihan atau terlibat dalam aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi lebih. Hal ini karena sebagian besar energi tubuh sedang digunakan untuk menghancurkan "makan"an, sehingga Anda tidak akan memiliki cukup kekuatan untuk menjalankan kegiatan yang lain. Jalan-jalan ringan membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membuat Anda merasa ringan.

3. Minum teh hijau
Setelah "makan" berat, Anda harus "makan" atau minum sesuatu yang memudahkan proses pencernaan. Untuk mencerna "makan"an dengan mudah, minum teh hijau setelah "makan" dapat mengurangi rasa perut begah (perut terasa penuh karena terlalu kenyang).

Teh hijau adalah minuman herbal yang meningkatkan kerja sistem pencernaan. Teh herbal lain seperti chamomile, jahe, peppermint atau daun mint juga efektif untuk mempromosikan kerja pencernaan. Selain itu, teh-teh herbal ini juga membersihkan racun dari tubuh.

4. Minum air hangat
Air panas atau hangat dianggap sebagai minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sedang diet tetapi harus "makan" berat, minumlah air hangat setelahnya tapi langsung setelah "makan".

Istirahatkan perut sekitar 25-30 menit dan kemudian baru minum. Anda juga dapat menambahkan jus lemon untuk meningkatkan kerja pencernaan. Asam dalam jus lemon membantu membakar timbunan lemak, mencegah masalah lambung dan juga meningkatkan kecepatan pencernaan.
 
Sumber:
1. Facebook.Sahrul.Ponto/Shared.Konsul-Dokter's-Status-Update/
2. www.julitriharto.com/index.php?...makan-adalah...
3. id.shvoong.com/...and.../2296459-makan-adalah-hal-yang-sangat/
4. health.detik.com/.../ini-yang-sebaiknya-dilakukan-setelah-makan
5. Facebook'Photo,s.Laely.Widjajati/NYANTAI BANGEEET.............
6. laely-widjajati.blogspot.com/.../indahnya-banjarmasin-kalimantan-selatan.html

0 komentar: