Jumat, 19 Oktober 2012

"KHASIAT/MANFAAT TANAMAN SEREH"

Tanaman "Sereh" ini tumbuh alami, namun dapat ditanam pada berbagai kondisi tanah di daerah tropika yang lembab, cukup sinar matahari dan dengan curah hujan yang relatif tinggi".


Di Indonesia banyak terdapat di Jawa, di tepi jalan atau dipersawahan dan dikenal dengan nama Sere (New Citronella grass).
KANDUNGAN DALAM TANAMAN "SEREH".
Terdapat kandungan geraniol dan sitronelol. Semakin rapat jarak tanam  "Sereh" dapat berefek pada peningkatan hasil minyak atsiri; jarak tanam yang semakin lebar berpengaruh pada tinggi tanaman yang semakin tinggi; Komponen utama pada tanaman "Sereh" (+) sitronelol, geranial (lebih kurang 35% dan 20%), disamping itu terdapat pula geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, dan metileugenol. Sitronelol hasil isolasi dari minyak atsiri "Sereh" terdiri dari sepasang enansiomer (R)-sitronelal dan (S) sitronelal.
"MANFAAT" DAN "KHASIAT" TANAMAN "SEREH".
1. Akar: digunakan sebagai peluruh air seni, bahan untuk kumur. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.
2. Untuk Penghangat Badan. Caranya: 5 gram akar segar  "Sereh" (Andropogon nardus), dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit; kemudian diminum 2 kali sehari masing?masing 1/2 gelas, pagi dan sore .
3. Nyeri Sendi. Minyak "Sereh" (dapat dibeli di toko obat) diborehkan pada sendi yang nyeri. Dapat juga, batang "Sereh" segar direbus dengan sedikit air, lalu dicampur dengan air dan dioleskan pada sendi yang nyeri atau ngilu.
4. Terkilir. Caranya: 2 batang "Sereh". 3 kemiri ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu panaskan ramuan tersebut di atas api  api. Setelah ramuan itu panas, oleskan pada bagian yang terkilir.

5. Gusi bengkak, sakit gigi. Caranya: 40 gram "Sereh" segar direbus dengan 2 gelas air sampai airnyia tinggal setengah. "Manfaat"kan ramuan ini untuk kumur.

6. Obat Batuk. Caranya: 50 gram "Sereh" kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

7. Sakit Maagh, Melancarkan Haid. Caranya: 40 gram "Sereh" segar direbus dengan 2 gelas air sampai airnyia tinggal setengah. Minum ramuan ini 2 k1li sehari, sesudah makan.

8. Obat sakit kepala, nyeri lambung dan diare. Caranya: Ambillah beberapa tetes minyak "Sereh" langsung diminum.

9. Badan Terasa Pegal. Siapkan 600 gram batang "Sereh" segar dan akarnya. Rebus dengan air secukupnya. Minum rebusan air "Sereh" ini.

19 Peluruh Keringat Caranya:  15 gram akar "Sereh", 10 gram daun "Sereh" 20 gram jahe direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. minum airnya hangat-hangat.
20. Bagi wanita haid yang tidak teratur dapat membuat ramuan herbal dengan "Sereh" ini caranya : Gunakan 15 gr batang "Sereh" 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, 25 gram kencur, 25 gram temu hitam dan 15 gram bangle. Kemudian rebus dengan 600 cc iar hingga tersisa 200 cc, kemudian disaring dan diminum.
Sumber:
1. kiathidupsehat.com/tanaman-obatmanfaatkhasiat-sereh-cymbopogon...
2. putramaja.tripod.com/Tanaman/Pengobatan2.htm
3. www.klipingku.com/.../manfaat-tanaman-serai-untuk-pengobatan-da...
4. jundul.wordpress.com/2008/07/.../sereh-tanaman-rumput-multi-khasi...

0 komentar: