Sabtu, 20 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT KUBIS/KOL"

"Kubis/Kol" merupakan sayuran yang cukup dikenal di Indonesia. Selain dibuat sayur sup, "Kubis" juga dapat dijadikan pelengkap lalapan".


Secara  ilmiah, "kubis" diberi nama Brassica Oleracea L. Dan Termasuk dalam Kelompok Capitata. "Kubis/Kol" merupakan sayuran. Daun yang tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau   kepala  (capitata berarti berkepala). "Kubis/Kol" berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris.

Dalam sebuah penelitian "Kubis" mengandung 22 kalori dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Diantaranya adalah sulforaphane, senyawa kimia yang dapat meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang dapat menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi resiko kanker. 

Para ahli di Stamford University menyatakan sulforphane dapat meningkatkan produksi enzim penghambat kanker lebih efektif daripada senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam sayuran. 
  
KANDUNGAN YANG BER"MANFAAT" DARI "KUBIS"/"KOL":

"Kubis" adalah sumber dari meniral seperti mangan , kalsium dan kalium. Selain itu, meneral yang terkandung dalam kubis adalah  zat besi, fosfor, magnesium. Kubis  juga merupakan sumber dari serat, folat dan omega-3 yang sangat baik. Kandungan lainnya adalah, natrium, seng dan tembaga ditemukan dalam jumlah yang baik. Kubis merupakan sumber dari vitamin C, thiamin (vitamin B1 ), riboflavin ( vitamin B2 ), niasin, vitamin B6, vitamin k, folat, vitamin A dan protein.
100g kubis bisa  mengandung 25 kalori.  Kubis juga merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. sebagian besar yang terkandung dalam kubis  adalah  karbohidrat.

Disamping "Kubis" juga mengandung Klorofil, Flavanoid, Idole, Dithiolthione, Coffeic, Isothiochyanate, Asam Ferulat, Asetaminophen, Zat Besi, Sodium, dan Potassium.

"MANFAAT" "KUBIS'/"KOL":

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh

2. Baik untuk mengobati penyakit kulit (ditumbuk lalu dioles ke luka atau secara oral / dimakan) 

3. anti kanker
 
4. Menurunkan resiko terjangkitnya gangguan penyakit stroke dan jantung

5. Mampu membersihkan pengaruh alkohol di dalam darah

6. Membantu mengurangi resiko terkena penyakit katarak

7. Membantu kesehatan pencernaan

8. Mencegah penyakit kanker dubur, kanker lambung dan kanker usus besar (kolon)

9. Mempercepat penyembuhan sakit bisul

10. "Kubis" makanan yang  rendah kalori, oleh karena itu makanan ini baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. 

11. "Kubis" juga memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini diyakini bahwa jus "kubis" membantu dalam mengobati tukak lambung. 

12. "Kubis" juga ber"manfaat" sebagai pelindung/perawatan kulit, Antioksidan dalam "kubis" membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat dari  radikal bebasyang diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan, karena "kubis" memliki banyak kandungan Vitamin C. 

TIPS MEMILIH "KUBIS"/"KOL":

1.Pilihlah "Kubis" yang terlihat putih dan bersih serta lapisan luarnya belum terpecah / sobek
2. Cucilah "Kubis" sebelum digunakan dengan air hangat yang mengalir agar bakteri, cacing - cacing kecil yang biasa menyelinap diantara lapisan "Kubis" serta residu pestisida ikut terbuang bersama air yang dialirkan

Saran : bagi yang memiliki penyakit maag dan penderita perut kembung sebaiknya jangan makan "Kubis"/"kol" ini terlalu banyak karena akan menimbulkan gas yang berlebihan di dalam perut Anda

Sumber:
1. www.ristizona.com/.../manfaat-khasiat-kubis-untu...
2. www.syafir.com › Kesehatan
3. darialam.blogspot.com/.../manfaat-kubis-atau-kol....
4. manfaat.org/manfaat-kubis

0 komentar: