Jumat, 19 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT BAWANG PUTIH"

"Allium sativum adalah nama latin "Bawang Putih". "Bawang Putih" merupakan herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm." 
Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna "putih". Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna "putih", bertangkai panjang dan berbentuk payung. 
"Bawang Putih" ini sangat lekat hubungannya dengan dapur. Aromanya wangi, cita rasa yang khas membuat masakan menjadi lebih nikmat". Di samping itu, "Bawang Putih" juga memiliki "khasiat" yang baik untuk kesehatan. Selain "Bawang Putih" biasa yang daging bonggolnya berwarna "putih", ternyata ditemukan juga "Bawang Putih" yang hitam. Memang sedikit meninggalkan tanda tanya, "Bawang Putih", kok, hitam? Tapi, "Bawang Putih" hitam ini juga berasal dari "Bawang Putih". Hanya saja "Bawang Putih" ini telah mengalami fermentasi sehingga bagian dalamnya berwarna hitam pekat dengan kulit luar berwarna "putih" kecokelatan.

Dibutuhkan waktu sebulan untuk membuatnya menjadi hitam. Saat dicicipi mentah terdeteksi cita rasa yang lebih manis dan tidak meninggalkan rasa pedas di mulut. Karena itu, "Bawang Putih" hitam ini pun lebih fleksibel dan cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, termasuk salad. Meski tampilannya tidak menarik, "bawang" ini memiliki kandungan "khasiat" yang tak kalah dengan "Bawang Putih" reguler. Mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari "Bawang Putih" mentah, dan memiliki S-Allycyteine, senyawa alami yang terbukti untuk dapat mencegah kanker.
KANDUNGAN DALAM "BAWANG PUTIH".
Berdasarkan penelitian dan analisis menjelaskan bahwa kandungan "Bawang Putih" terdiri daru 25% minyak uap komposisi asam garam belerang, 40% protein, 2% minyak (lemak), juga mengandung vitamin B, C, dan E, mengandung mineral seperti asam garam belerang, fosfor, megnesium, kalsium, yodium, besi, potasium, sodium, mangan, dan zinc. Selain itu juga mengandung protida, fosfor, oksida “al-alil” dan antibiotik. Asam garam belerang pada "Bawang Putih" dipandang sebagai unsur penawar yang menakjubkan.

Penelitian modern di Universitas Harvard, Amerika para ilmuwan disana menemukan bahwa tumor yang bersifat kanker tidak dapat tumbuh dalam tubuh kecuali jika terdapat zat (bahan) yang disebut dengan cyclic guaanisine mono phosphate. Mereka juga menemukan bahwa resume sebagian tumbuhan mencegah pembentukan zat ini pada tabung percobaan. Jenis-jenis tumbuhan yang dimaksud antara lain "bawang"  merah, mentimun, mentimun Mesir (qutsaa’), dan kembang kol (cauliflowerlbrocoly). Namun mereka juga menemukan bahwa kandungan "Bawang Putih" lebih banyak dalam penghambat terbentuknya zat tersebut. Penelitian juga membuktikan bahwa bangsa yang menggunakan atau mengonsumsi "Bawang Putih" setiap hari dinyatakan lebih sedikit menderita kanker usus. Demikian juga angka kematian yang disebabkan oleh kanker usus relatif jauh lebih rendah daripada negara-negara yang tidak menggunakan "Bawang Putih" sama sekali. Dengan presentase kematian mencapai 0,5 kasus saja dari setiap 100 ribu jiwa dari 40 kasus per 100 ribu orang.

"MANFAAT"/"KHASIAT" "BAWANG PUTIH" UNTUK OBAT:

1. Penyakit Perut (usus), Mual dan Vertigo (pusing).
Cara : Masukkan 3 biji "Bawang Putih" yang dipotong-potong ke dalam gelas berisi susu lokal dan madu lalu diminum sebelum tidur. Juga meminum habbat al-saudaa yang telah dimasak yang dicampur dengan madu.

2. Mencegah Penyakit Kanker.
Cara : Biasakan mengonsumsi satu mengkuk salad hijau yang dicampur dengan dua biji "Bawang Putih". Banyak juga yang mengonsumsi madu lebah, habbat al-saudaa, jus atau sari anggur hitam, buah murbei dan wortel segar
3. Mencegah Penyakit Lumpuh Pada Anak.
Cara : Haluskan satu biji "Bawang Putih" lalu campurkan dengan susu si anak. Di minum setiap hari. Hati-hatilah mengabaikan melindungi air (getah) dadik yang telah dibuat dan ditentukan waktu-waktunya.

4. Mengobati Kelenjar Beguk.
Cara : Oleskanlah biji "Bawang Putih" yang telah dipotong-potong setiap hari setelah makan selama satu minggu. Juga meminum satu sendok minyak zaitun di waktu pagi dan malam.

5. Mengobati Penyakit Typhus.
Cara : campurklah lima biji "Bawang Putih" yang dipotong-potong di dalam gelas berisi susu lokal yang hangat dengan madu lebah lalu minumlah sebelum tidur dan mengoleskannya pada tulang belakang pasien dan sisi-sisinya diolesi dengan minyak "Bawang Putih" yang dicampur dengan minyak zaitun. Di pagi hari menghirup aroma "Bawang Putih" selama 5 menit.

6. Mengobati luka atau bisul
Cara : Menumbuk "Bawang Putih" sampai hancur dan halus lalu dicampurkan dengan madu lebah kemudian dibalut pada luka. Bisa juga dengan cara mencampur "Bawang Putih" yang sudah ditumbuk halus ke dalam air hangat untuk membersihkan luka, ia dapat membunuh bakteri dan kuman.

7. Mencegah penyebaran kolera
Cara : Konsumsilah satu sendok makan "Bawang Putih" yang telah ditumbuk halus dan satu sendok makan madu setiap selesai makan. Hal itu akan lebih ber"manfaat" dari serum yaitu merupakan resep berkualitas untuk wabah perut. Sebab "Bawang Putih" adalah salah satu obat terkuat untuk mencegah kolera dan typhus dan penyakit-penyakit perut dan wabah-wabah (epidemi).

8.  Mengobati penyakit TBC
Cara : Menghirup beberapa "Bawang Putih" yang telah dikupas lalu masukkan ke dalam satu liter air. Lemudian masaklah di atas api sedang. Ketika uapnya naik hiruplah uapnya. Lakukan setiap hari. Saelain itu ada juga cara lain yaitu ambillah satu biji "Bawang Putih" dan potong-potong lalu teguklah dengan sedikit susu kemudian minumlah setengah gelas madu lebah. Dilakukan setiap hari, akan lebih baik jika dikonsumsi setiap sebelum sarapan.

9. Mengobati tekanan darah rendah
Cara : Minumlah segelas susu lokal yang dicampur dengan madu hitam dan satu biji "Bawang Putih" yang sudah dipotong-potong. lakukanlah setiap hari selesai makan sembari memperbanyak minum jus buah-buahan segar.

10. Mengembalikan stamina dan vitalitas
Cara : Ambillah satu ons "Bawang Putih" yang telah dihaluskan, lima telur ayam kampung, 1/2 sendok makan kemun (cumin), dan sedikit garam, lalu iris 4 ons "Bawang Putih" dan campurkan minyak zaitun. Kemudian masaklah. Setelah itu makanlah dengan roti yang terbuat dari gandum asli. Lakukanlah terus menerus hingga beberapa hari.
11. Menurunkan Kolesterol.
Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa "Bawang Putih"dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa "Bawang Putih" ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa "Bawang Putih" merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya, secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.

12. Kandungan sulfur yang terkandung dalam "Bawang Putih" membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. "Bawang Putih" mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa "Bawang Putih" tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya. Bagaimana cara me"manfaat"kannya? Makanlah "Bawang Putih" sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan "Bawang Putih" pada masakan. Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini : Hancurkan "Bawang Putih" dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat.
13. Alat kontrol penderita diabetes. Seperti kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini seringkali membuat mereka mudah lemas dan tidak bersemangat. "Bawang Putih" tunggal yang dimasukkan dalam olahan makanan santapannya mampu meningkatkan stamina sehingga manfaat makanan yang baik bisa didapat.
14. Bagi yang mempunyai sakit maag, Anda bisa me"manfaat"kan "Bawang Putih" tunggal sebagai penahan rasa sakit sebelum maag menyerang. Kupas dan cuci "Bawang Putih", lalu kunyah. Lakukan sehari tiga kali.
15. Selain itu, bisa mengatasi asma, masuk angin, dan batuk. "Bawang Putih" tunggal yang telah dihaluskan dicampur dengan madu dan cairan gula batu. Lalu, disaring dan minum setiap pagi.
16 . Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan

17. Membantu menghambat proses penuaan.

18. Zat anti-kolesterol dalam "Bawang Putih" yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

19. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
20. Mengonsumsi 2-3 siung "Bawang Putih" sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.

21. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
 
22. Meringankan tukak lambung
 
23. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.

24. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

25. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

26. Membantu menambah nafsu makan apabila dimakan mentah
 

27. Mengandung "khasiat" antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai anti tumor. 

Sumber:
1. julak-net.blogspot.com/.../khasiat-dan-manfaat-ba...
2. okecin.blogspot.com/.../khasiat-dan-manfaat-bawa...
3. ratuagung.wordpress.com/.../khasiat-bawang-putih...
4. aneka-kita.blogspot.com/.../22-manfaat-khasiat-ba...

0 komentar: