Minggu, 28 Agustus 2011

"Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia"

"Salah satu zat gizi yang berperan penting di dalam "tubuh" adalah "protein", karena baik langsung maupun tidak langsung "protein" berperan di dalam proses-proses yang terjadi di dalam "tubuh" kita."


Fungsi "protein" bagi "tubuh" kita, antara lain:

1. Sebagai bahan bakar. "Protein" digunakan sebagai bahan bakar apabila keperluan energi "tubuh" tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak.

2. Sebagai zat pembangun. "Protein" merupakan bahan pembentuk jaringan-jaringan baru yang selalu terjadi dalam "tubuh". "Protein" juga mengganti jaringan "tubuh" yang rusak dan yang perlu dirombak.

3. Untuk pertahanan "tubuh"/imunisasi. Pertahanan "tubuh" biasanya dalam bentuk antibodi, yaitu suatu "protein" khusus yang dapat mengenal dan menempel atau mengikat benda-benda asing yang masuk ke dalam "tubuh", seperti virus, bakteria dan sel-sel asing lain.
4. Untuk pertumbuhan otak. Asam amino (komponen kecil "protein") berperan penting terhadap pertumbuhan otak, diamtaranya adalah L-glutamat, L-tryptophan, L-tyrosin dan L-phenilalanin. L-glutamat berada hampir di seluruh sektor pada sistem saraf sentral dan bagian otak. Apabila kadar L-glutamat pada otak menurun, semangat dan daya tahan "tubuh" akan menurun pula. L-tryptophan dan L-tyrosin merupakan dua jenis asam amino yang saling bersaingan untuk mengendalikan aktivitas otak. L-tryptophan dengan bantuan vitamin B3 akan diubah menjadi serotonin yang mengendalikan perasaan dan tidur. Sedangkan asam amino L-phenilalanin dan L-tyrosin dengan bantuan vitamin lain akan diubah menjadi zat-zat yang dibutuhkan dopamine dan nerephrin (neurotransmitter utama yang membantu untuk mencapai efisiensi otak tertinggi).


Kekurangan "protein" dalam waktu lama dapat mengganggu berbagai proses dalam "tubuh" dan menurunkan daya tahan "tubuh" terhadap penyakit. Kekuranan konsumsi "protein" pada anak kecil dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan "tubuh" si anak. Penyakit akibat kekurangan "protein" diantaranya adalah kuashiorkor, oedem, marasmus dan busung lapar (hunger oedem).

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang merupakan sumber "protein", terutama "protein" nabati. Kandungan gizi kacang hijau cukup tinggi dan komposisinya lengkap. Oleh karena itu, kacang hijau mampu untuk membantu mencukupi kebutuhan akan "protein" dan zat-zat lain yang diperlukan oleh "tubuh".

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile