Minggu, 28 Agustus 2011

"Berpolitik Agar Dilirik Atasan"

"Politik" di tempat bekerja ikut menentukan peningkatan karier anda. Maka dari itu, anda perlu menentukan sikap dan menciptakan kesan dan citra diri yang bagus di depan orang lain, terutama "atasan" anda."


Yang perlu anda lakukan adalah membekali diri dengan perencanaan-perencanaan yang dapat mengembangkan karier anda, yang anda dapatkan dari penangkapan-penangkapan di sekeliling anda, seperti atmosfer kantor, jenis hubungan dengan "atasan", tipe karyawan apa yang mudah diterima di mana-mana, sampai tipe karyawan yang mudah mendapat promosi.
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan supaya dilirik "atasan":

1. Jangan ragu-ragu untuk menginformasikan keberhasilan anda kepada "atasan" dengan cara-cara yang wajar dan tidak pamer.

2. Jadilah pendukung "atasan" dalam setiap kesempatan. Misalnya, dalam rapat-rapat, anda dapat mendukung pendapat-pendapat "atasan" anda. Namun jangan asal membeo, karena itu sebaiknya anda mencoba mengembangkan pendapat "atasan" lebih jauh lagi dan mengungkapkan hal-hal baru sebagai tambahan. Apabila anda tidak sependapat dengan "atasan" anda, sebelum mengungkapkan pendapat anda, sebaiknya anda mengawalinya dengan perhatian anda pada pendapat "atasan" anda.

3. Tampilkan diri anda sebagai si serba bisa yang dapat diandalkan setiap kali "atasan" menunjuk anda.

Kalau ketiga hal di atas tidak dapat anda terapkan dengan benar, anda dapat dicap 'carmuk' (cari muka) alias penjilat kepada "atasan". Namun apabila anda dapat melakukannya secara taktis dan mengembangkannya dengan tujuan yang baik, dibarengi dengan kemampuan mewujudkan hasil kerja yang maksimal, maka jalan karier anda pun dapat lancar.



0 komentar:


MusicPlaylistView Profile