Jumat, 28 September 2012

"MANFAAT/KHASIAT BUNGA MAWAR"

"Bunga mawar" sebagai komoditas hortikultural dibudidayakan bukan hanya di"manfaat"kan orang sebagai pemberian untuk mengungkapkan perasaan cinta, pujian, pegharapan baik saja." 


Namun "bunga mawar" ternyata mempunyai banyak "manfaat" dan "khasiat". Dibalik keelokan warna "bunga mawar", ternyata juga terkandung "khasiat" sebagai obat alami. Bilamana anda sempat pergi jalan jalan ke Bangkok, akan anda jumpai makanan yang terbuat dari "bunga mawar". Banyak restoran di Bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan "bunga mawar" ini. "Bunga" ini aman dikonsumsi dan memiliki beberapa khasiat. Harum aroma "bunga mawar" juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan juga meningkatkan mood.

Berikut ini beberapa "khasiat" dan "manfaat" "bunga mawar":
  1. "Bunga mawar" sebagai tanaman penghias kebun dan taman.
  2. "Bunga mawar" sebagai penghias ruangan dan teras rumah, biasanya yang mempunyai ukuran pohon tidak terlalu tinggi dan bisa ditanam dalam pot.
  3. "Bunga mawar" sebagai "bunga" potong. Untuk "manfaat" ini biasanya dicari jenis "mawar" yang mempunyai tangkai panjang, tidak mudah patah, baunya wangi, dan mempunyai bentuk yang indah.
  4. "Bunga mawar" sebagai bahan baku parfum. 
  5. "Bunga mawar" sebagai bahan pembuatan obat.
  6. "Bunga mawar" juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan/minuman olahan. Karena "bunga mawar"  mempunyai kandungan Vitamin C yang cukup tinggi.
Sedangkan "manfaat" "bunga mawar" sebagai obat, adalah sebagai berikut: 
  1. Obat batuk kering, caranya adalah ambil 10 gram "bunga mawar" kering, cuci dengan bersih. Campurkan 30 gram gula batu lalu tim kedua bahan hingga setengah masak atau sampai keluar airnya. Disaring kemudian minum selagi hangat.
  2. Untuk mengatasi bengkak pada kaki akibat sirkulasi darah tak lancar, caranya adalah  ambil 2-3 "bunga mawar", 30 gram daun sembung. Cuci bersih kedua bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml hingga tinggal separuhnya. Minum 2 kali sehari sesudah makan 
  3. Mengatasi haid tidak teratur,  caranya adalah ambil 15 gram "bunga mawar", 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600cc air hingga tinggal 200 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan. 
  4. Atasi nyeri haid, caranya adalah ambil 15 gram "bunga mawar", 15 gram daun dewa. Cuci bersih kedua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring. Minum 2 kali sehari.
  5. Minyak "mawar" telah digunakan untuk efek pada kulit. Aman untuk semua jenis kulit, minyak "mawar", yang kaya di kedua omega-3 dan omega-6 fatty acids, sangat bermanfaat untuk kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar, atau penuaan kulit.
  6. Minyak "mawar" kaya akan antioksidan vitamin A dan vitamin C, minyak "mawar" memiliki efek tonik dan zat pada kapiler yang terletak persis di bawah permukaan kulit. Minyak "mawar" mengurangi kemerahan disebabkan oleh pembesaran pembuluh kapiler, iritasi dan luka bakar, atau peradangan kulit. 
  7. "Bunga Mawar" mengandung minyak asiri yang mengandung geraniol, limonene, zat sitrat, sitronelol, linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farnesol, dan nonilal-dehida berkhasiat sebagai antiseptik,pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan, menambah daya tahan tubuh, dapat mengobati gigitan serangga berbisa, gabag (morbili), dan jerawat
  8. Daun dan kelopak "bunga mawar" berkhasiat mendinginkan tubuh sehingga bermanfaat untuk menurunkan demam serta menghilangkan panas dan racun dari dalam tubuh. Jika menginginkan khasiat lebih tahan lama dapat dikemas dalam bentuk cuka obat.
  9. "Khasiat" "Bunga Mawar" untuk mengatasi bau mulut. Siapkan beberapa tangkai "bunga mawar" yang masih segar. Ambil kelopak-kelopak "bunga mawar" tersebut dan masukkan kedalam gelas yang sudah terisi air. Biarkan "bunga mawar" tersebut direndam didalam air tersebut selama satu malam, untuk hasil yang lebih baik diembunkan diudara bebas. Saring ambil airnya. Campurkan dengan sedikit gula batu. Minum ramuan tersebut, tiga kali dalam seminggu.
  10. Sebagai anti radang, anti kejang, penyegar, melancarkan aliran empedu, mengurangi sakit, pengatur haid dan sebagai tonikum. Rendamlah "bunga mawar" yang diperlukan (2-3 "bunga" yang agak besar) kurang lebih selama 2-4 jam dalam 300 cc air putih bersih.("Bunga" harus dicuci terlebih dahulu dengan air  putih bersih) Setelah itu, bsarulah airnya dapat diminum sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak ,karena kita tidak tahu apakah kita dapat menerimanya atau tidak.
  11. Daun kelopak "bunga mawar" yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh. Caranya sangat mudah, anda campurkan sedikit kelopak "bunga mawar" kering bersama teh dan rebuskan air kemudian saring, anda akan menikmati segarnya teh sambil menghirup aroma "bunga mawar" yang dapat meningkatkan mood.
  12. Untuk mengobati penyakit campak. Ambil 10 "bunga mawar", 6-10 gram pegagang segar (tanaman merambat). Cuci bersih kedua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tinggal 450 cc. Saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan.
  13. Untuk mengobati peranakan turun setelah melahirkan. Ambil 30 gram "bunga mawar", 25 jahe merah (kupas, cuci, potong tipis-tipis), 15 gram ginjean. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tinggal separuhnya. Saring. Minum 2 kali sehari usai makan.
  14. Untuk mengobati luka pukul atau memar. Ambil 10 gram "bunga mawar" kering, 30 gram daun dan "bunga" asoka lokal, 10 gram umbi daun dewa. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan. 
  15. Untuk mengobati kram pada betis. Ambil 3 "bunga mawar". 30 gram daun sambung segar, 2 "bunga" asoka/siantan. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tinggal 300 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan.
Sumber:
1. gambarhidup.blogspot.com/.../apa-saja-kegunaan-...Cached -       Translate this page
2. www.jualbeliforum.com › ClubTipsCached - Translate this page
3. www.niammuddin.com › KesehatanCached - Translate this page
4. khasiatdaunalami.blogspot.com/.../khasiat-bunga-...Cached
5. nusaindah.tripod.com/alkhasiatbunga.htmCached - Similar -
6. mrwindu-back2nature.blogspot.com/.../manfaat-bunga-  mawar.html 
7. id.shvoong.com › How ToHealth 

0 komentar: