Jumat, 28 September 2012

"KHASIAT/MANFAAT BUNGA MELATI"

"Bunga melati" (Jasminum officinale) adalah tumbuhan semak ber"bunga" yang sangat dikenal luas karena keindahannya yang menakjubkan serta aroma mempesona."
 
 
Selama ini, orang mengenal "bunga melati" hanya sebatas tanaman hias, kosmetika, dan bahan campuran pembuat parfum atau teh. Lebih dari itu, "bunga melati" sebenarnya menyimpan banyak "khasiat" sebagai obat. "Melati" adalah salah satu obat herbal yang paling dikenal di wilayah Mediterania dan telah banyak di"manfaat"kan sebagai obat selama berabad-abad.
Banyak pakar herbal menyadari bahwa "bunga melati" kaya akan komponen alam seperti minyak eteris—zat berbau yang terkandung dalam tanaman. "Melati" juga memiliki sejumlah senyawa kimia penting, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon, yang apabila di"manfaat"kan dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti disebutkan di bawah ini:

1. Sejak zaman sejarah kuno, teh dan minyak "melati" dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual, dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.

2. "Melati" dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.

3. Menambahkan minyak "melati" ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.

4. Teh "melati" dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.

5. "Melati" memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.

6. "Melati" adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.

7. Riset menunjukkan bahwa "melati" bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.

8. Teh dan ekstrak "melati" dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.

9. Dalam aromaterapi, minyak "bunga melati" dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.

10. "Melati" dapat di"manfaat"kan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.

11. Mengatasi mata merah belekan.
Segenggam daun "melati" dan "bunga"nya cuci bersih, rebuslah, minumlah sebagian airnya, sebagian lagi untuk mencuci mata yang belekan.

12. Demam dan diare.
Ambilah 6 gram "bunga melati" kering, 10 gram teh hijau, 30 gram kapulaga, semua direbus dengan air 500 cc sehingga tersisa 200 cc saring dan minumlah.

13. Influensa
Ambil 6 gram "bunga melati" kering, 5 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, semuanya direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc saringlah dan airnya diminum hangat-hangat.

14. Bengkak Akibat Gigitan Serangga
Ambil segenggam daun "melati" dan "bunga"nya, cuci dengan air sampai bersih, dan remas sampai hancur. Tempelkan pada bagian yang terkena gigitan serangga.
 
15. Demam berdarah
Rebus 7 lembar daun "melati" dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.
 
16. Demam dan sakit kepala
Ambil 1 genggam  daun "melati" dan 10 "bunga melati" lalu di remas – remas, kemudian rendam dengan air dalam rantang, gunakan air rendaman ini untuk mengompres dahi.
 
17. Sakit mata
Penyakit mata yang ringan seperti mata merah karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun "melati". Caranya, ambil satu genggam daun "melati", tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

18. Radang Usus
Ambil satu genggam daun "melati" poncosuda (nama lain "melati" hutan atau "melati" gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

19. Radang Ginjal
Ambil 15 gram daun kering "melati" poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

20. Sesak napas
Ambil 20 lembar daun "melati" dan garam secukupnya. Rebus 20 lembar daun "melati" dan garam dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisal 2 gelas dan disaring, lalu oleskan di sekitar dada setiap pagi sebelum mandi.

21. Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
Ambil satu genggam daun "melati", tumbuk halus, kemudian tempelkan di sekitar  buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
 
22. Demam, Pilek, dan Diare.
Ambil "bunga melati" 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, lalu cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Minum sehari sekali selama 3-7 hari.

"Khasiat"
terapi "bunga melati" dapat dilakukan sebagai proses pengobatan ramuan alami, dan yang paling penting adalah adanya kemauan untuk sembuh.
 
Sumber:
1. health.kompas.com/read/xml/.../Khasiat.Bunga.Melati.sebagai.Obat
2. ken-zoo.blogspot.com/.../manfaat-bunga-melati-untuk-obat-kuat.htm...
3. www.seputarduniawanita.com/.../khasiatbungamelatiuntukkesehatan....

0 komentar: