Sabtu, 29 September 2012

"MANFAAT/KHASIAT BUNGA ASOKA"

"Bunga Asoka" merupakan salah satu pohon suci di India. Bisa ditemukan di seluruh wilayah India. "Bunga Asoka" juga bisa ditemui di banyak tempat di Indonesia".
 

Nama: "Asoka" Nama Biologi: Sarca indica Family: Caesalpiniaceae Nama lain "Bunga Asoka", "bunga Soka", Pohon "Asoka", Anganapriya, Asogam, Asokada, Ashopalava, Asok, "Asoka", Asupala, Gandapushpa, Kankelli, Kenkalimara, Thawgabo, Vichitrah.

"Bunga"nya memiliki bermacam-macam warna diantaranya merah, oranye, dan kuning. Banyak disukai sebagai tanaman hias karena daunnya bisa dibentuk dan "bunga"nya indah. Dokumen sejarah menyatakan bahwa "Asoka" mengandung hematoksilin. Hasil analisis terbaru menunjukkan bahwa kulit kayu kering "Asoka" yang dihaluskan mengandung cukup banyak tanin dan zat organik yang mengandung besi. "Asoka" tidak mengandung sifat alkaloid aktif maupun minyak atsiri . Kulit kayunya mengandung sejumlah tanin dan catachin.  

BEBERAPA "MANFAAT" "BUNGA ASOKA":

1. Kulit dari tanaman "Asoka" digunakan sebagai astringent dan penenang rahim (uterine sedative). Herbal ini bekerja langsung pada serat otot rahim yang merangsang endometrium dan jaringan ovarium.

2. Untuk rahim/uterine, terutama untuk menorhagia karena fibroid rahim dan penyebab lainnya. Siapkan 4 ons kulit tanaman "Asoka", 4 ons susu, dan 16 ons air kemudian rebus semua bahan tersebut sampai air menguap. Ambil ramuan ini dan minum dengan susu. Ramuan bisa diminum untuk dua hingga tiga kali selama mengalami menorhagia.

3. Untuk pendarahan internal, wasir/hemoroid hemoragik, dan disentri hemoragik. Kulit pohon "Asoka" berguna juga untuk mengobati wasir/hemoroid hemoragik dan disentri hemoragik. Ekstrak dari kulit pohon "Asoka" bisa berefek baik untuk kondisi ini. Sedangkan "bunga Asoka" yang ditumbuk dan dicampur dengan air berguna untuk mengobati disentri hemoragik.  

4. Haid tidak teratur. Ambil 15 gram "bunga Asoka", 15 gram "bunga" mawar, 90 gram daging lidah buaya, potong-potong. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tinggal 200 cc, saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan.

5. Kram Betis. Ambil 2 "bunga Asoka"/siantan, 3 "bunga" mawar, 30 gram daun sembung segar. Cuci bersih semua bahan rebus dengan 600 cc air hingga tinggal 300 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan.

6. Luka pukul atau memar. Ambil 30 gram daun dan "bunga Asoka" lokal, 10 gram "bunga" mawar kering, 10 gram umbi daun dewa. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring. Minm 2 kali sehari sesudah makan.

Sumber:
1. id.scribd.com/doc/55850911/Manfaat-Bunga-Asoka
2. www.blogtopsites.com/outpost/c2564fc70319adcd19df78f07fbec52c
3. emiesgul.blogspot.com/2010/01/4-khasiat-bunga-mawar.html
4. id.shvoong.com › How ToHealth

0 komentar: