Jumat, 28 September 2012

"MANFAAT/KHASIAT BUNGA KANTIL/CEMPAKA PUTIH"

"Bunga Kantil" dapat tumbuh sampai ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Penyebaran tumbuhan ini dari Asia tropis sampai ke pulau-pulau di Pasifik."

Tanaman "Bunga Kantil" ini biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias dan juga tumbuh liar di alam bebas. Tumbuhan berupa pohon, tinggi sampai 30 meter. Batang berkayu; daun tunggal, bulat telur, warna hijau. "Bunga" berwarna putih, bau harum. Tidak pernah berbuah. Diperbanyak secara vegetatif. Bagian yang Digunakan "Bunga", daun, dan akar. "Bunga cempaka" putih selama ini dikenal sebagai bahan campuran pembuatan minyak wangi parfum dan wangi-wangian lainnya. Tanaman "cempaka" putih merupakan habitus pohon,

Pe"manfaat"an "Bunga Kantil" ini umumnya dilakukan pada upacara perkawinan (hiasan sanggul dan keris-red) dan pada upacara kematian, termasuk tabur "bunga" atau nyekar. Secara medis, "bunga", batang, daun "kantil" (Michelia alba) mengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang mempunyai "khasiat" sebagai ekspektoran dan diuretik. Karena kandungan yang dipunyainya, "kantil" dipercaya dapat menjadi obat alternatif bagi berbagai penyakit seperti bronkhitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, dan sulit kencing. Sayangnya "khasiat" yang dipunyai oleh "bunga cempaka" putih ini belum tereksplorasi secara maksimal. Sehingga meski saat ini mulai ada yang berusaha membudidayakan tanaman ini tetapi pe"manfaat"annya lebih banyak untuk acara-acara spiritual dan tradisi. Menyimak mitos dan kandungan medis yang menyertai fauna identitas provinsi Jawa Tengah ini, kini tergantung kepada masing- masing kita. Apakah lebih mempercayai tanaman ini sebagai rumah kuntilanak atau justru menyadari "khasiat" medis sebagai obat alternatif yang amat ber"manfaat".

RESEP TRADISIONAL "BUNGA KANTIL/CEMPAKA" PUTIH:

1.Untuk pemakaian luar, "bunga" direbus dengan airnya dipakai untuk mandi. Sedangkan pemakaian dalam: 15-30 gram daun atau "bunga" kering, direbus lalu airnya diminum. "Khasiat" "bunga cempaka" untuk mengatasi masalah bau badan dan ketiak, caranya ambil "bunga cempaka" putih, daun sirih masing-masing secukupnya direbus dengan air secukupnya lalu airnya digunakan untuk mandi setelah airnya hangat

2. Untuk mengatasi sinusitis dengan menggunakan 30 gram "bunga cempaka" putih kering, 30 gram daun mint/menthol, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc air, lalu airnya diminum untuk 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

3. Mengobati masalah vertigo (kepala pusing) dengan menggunakan 5-7 kuntum bunga cempaka putih kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

4. Atasi masalah perut kembung dengan menggunakan 5 kuntum "bunga cempaka putih", 5 gram kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin kering, 3 butir kapulaga, 15 gram jahe direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum selagi hangat.

5. Mengobati masalah keputihan dengan menggunakan 30 gram "bunga cempaka" putih kering, 60 gram jali (direndam dahulu hingga lembut), 15 gram kulit delima kering direbus dengan air secukupnya dan air rebusannya diminum selagi hangat sedangkan jalinya dimakan.

6. Atasi masalah radang Saluran pernapasan dengan menggunakan 15 gram daun "cempaka" putih, 15 gram pahap (umbi bunga lili), 5 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc lalu airnya diminum selagi hangat; atau 15 gram "bunga cempaka" putih kering ditambahkan air secukupnya lalu ditim, kemudian airnya ditambahkan madu secukupnya dan diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

7. Bila dada terasa penuh/begah, ambil 15 gram "bunga cempaka" putih kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

8. Untuk pembesaran prostat. gunakan 30 gram daun "cempaka" putih kering, 30 gram daun kumis kucing segar, dan 30 gram daun sendok segar direbus dengan air 700 cc hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.

9. Mengatasi masalah bau badan dengan menggunakan 30 gram "bunga cempaka" putih, gula batu secukupnya direbus dengan air secukupnya, airnya diminum.

10. Mengobati batuk rejan, batuk berdahak: 5-7 kuntum "bunga cempaka" putih, 10 gram jahe, 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, tambahkan madu secukupnya dan diminum. Lakukan dua kali sehari masing-masing 150 cc.

Lakukan pengobatan secara teratur sesuai yang dianjurkan, dan untuk penyakit yang serius tetap konsultasi ke dokter.

Sumber:
1. eyank.mywapblog.com/bunga-kantil.xhtml
2. lenterahati.web.id/khasiat-cempaka-putih.html
 

0 komentar:


MusicPlaylistView Profile