Minggu, 29 Januari 2012

"5 (Lima) Langkah Kulit Sehat)"

"Kulit sehat" rahasia kecantikan alami paras wanita. Perawatan luar-dalam secara teratur memungkinkan untuk itu."
Ikuti 5 (lima) langkah berikut:

1. "Kulit" Bersih.
Langkah awal perawatan "kulit" adalah menjaga kebersihannya. Gunakan susu pembersih dan lotion penyegar yang sesuai dengan jenis "kulit" anda. Untuk daerah sekitar mata yang relatif lebih sensitif, pakai cream pembersih halus. Jangan sekali-kali mengangkat kotoran dengan tisue karena permukaannya yang kasar dapat menyebabkan iritasi. Apabila kantong mata kelihatan biru sebaiknya anda kompres sesaat dengan teh kantung yang telah dicelupkan ke dalam air dingin. Tips: "Kulit" anda kusam? Gunakan sikat pembersih wajah dengan gerakan memutar. Jangan lupakan "kulit" di bagian leher.

2. Pengelupasan.
"Kulit" mengalami proses regenerasi sel-sel "kulit" mati dengan yang baru. Sayangnya, jika sel-sel "kulit" mati tidak diangkat, sel-sel "kulit" yang baru tidak akan mencuat ke permukaan. Alhasil, "kulit" kelihatan tidak bercahaya. Ada yang dapat anda lakukan dalam hal ini, yaitu melakukan pengamplasan atau pengelupasan (peeling). Hanya, hati-hati melakukannya, terutama pada bagian wajah yang peka seperti mata dan mulut. Cara peeling yang sederhana dengan menggosokkan spons halus dengan gerakan memutar. Hindari bagian "kulit" yang berjerawat. Maksimal anda lakukan dua kali sebulan supaya sel-sel "kulit"  baru mempunyai kesempatan untuk tumbuh. Cara peeling lainnya dengan memakai cream khusus berpartikel kasar yang digosokkan merata pada wajah, leher dan bahu.

3. Penguapan.
Langkah ini membantu memudahkan luruhnya kotoran membandel di sela pori-pori "kulit". Sesudah sisa makeup diangkat bersih-bersih, tutupi bagian mata anda dengan kapas, lalu uapkan wajah anda di atas wadah berisi air hangat. Untuk "kulit" yang sangat peka, oleskan cream pelembab sebelum diuapi.

4. Masker Efektif.
Mengikuti tahap penguapan, anda dapat memakai masker untuk membersihkan sel "kulit" yang lebih dalam lagi. Dari pengalaman, masker sangat efektif untuk anda yang memiliki "kulit" tipe kombinasi atau berlemak. Masker yang baik biasanya dapat membersihkan kotoran sampai ke dalam pori-pori, mengangkat sel-sel mati dan mengecilkan pori-pori. Dengan kuas, lekatkan masker pada wajah dan leher, kecuali "kulit" di sekitar mata, mulut dan cuping hidung yang mudah sekali mengalami iritasi. Setelah beberapa lama, angkat dengan handuk lembut yang telah dicelup ke dalam air hangat. Cukup lakukan seminggu sekali.

5. Melembutkan Dan Menyegarkan "Kulit".
Tahap selanjutnya adalah menyegarkan "kulit" wajah dengan tonik penyegar yang dapat memperkecil pori-pori "kulit"

Lakukan secara teratur ke-5 (lima) tahap tadi. Kelak anda dapatkan "kulit"  wajah terawat yang "sehat" dan segar. (Niz). 
 
(Sumber: Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor 2022. 2 s/d. 16 November 2000).

0 komentar: