Minggu, 29 Januari 2012

"Kiat Atasi Kantung Mata"

"Kantung mata" atau lingkaran yang menggayut di bagian bawah "mata" sering mengusik keindahan "mata".


Kenali cara menyiasatinya, dan yang terpenting, cegahlah sebelum timbul. Pertambahan usia mengantarkan seseorang ke proses penuaan yang alami sifatnya. Salah satu gejalanya, muncul garis-garis halus di wajah (fine lines). Pada orang-orang tertentu tampak "kantung mata" akibat elastisitas kulit di bawah "mata"  mulai berkurang. Boleh jadi juga karena faktor keturunan, sehingga di usia muda pun, "kantung mata" sudah tampak. Untuk mengatasi "kantung mata" dapat dilakukan langkah-langkah:

Krem Oles, Pijat Sampai Face Lift.

Prinsipnya, menyiasati lingkaran hitam dan "kantung mata" seberapa parah kondisinya. Apabila kasusnya masih terbilang ringan, cream bawah "mata"  (under eye cream) yang terbuat dari tumbuhan atau ekstrak laut dapat jadi altenatif. Cream ini akan membantu mencegah "mata"  sembab dan munculnya garis-garis halus, menjaga kelembaban kulit, sekaligus merangsang peredaran darah. Di pasaran banyak produk kosmetika untuk mengatasi "kantung mata" ini. Jika kasus "kantung mata" sudah terlalu tebal dan menggantung, mungkin usia juga di atas 50 tahun, bedah plastik (face lift) kerap dilirik orang.

Kini ada pemijatan khusus untuk merangsang cairan getah bening di sekitar "mata" . Caranya tidak terlalu rumit. Dengan jari tengah, pijat lembut bagian tengah kelopak "mata"  atas ke arah luar, lalu ke sudut sebelah dalam. Kemudian, lakukan pijatan serupa pada kelopak "mata"  bagian bawah. Terakhir, pijat perlahan pada pangkal hidung dari atas ke bawah. Lakukan rutin setiap malam sebelum tidur. 

Menyamarkan "Kantung Mata".

Makeup, pada satu sisi, dapat menolong menyamarkan "kantung mata", meski mustahil menghilangkanya sama sekali. Bahkan makeup yang tebal dan berat kadang malah memperjelas bentuk "kantung mata". Untuk menyamarkan "kantung mata" yang kehitaman, anda dapat gunakan concealer (penyamar noda) berbentuk cream. Tidak perlu berlebihan memakainya, karena hanya akan membuat kulit di bagian bawah "mata"  terlihat bergelombang. Jangan lupa pilih concealer satu warna lebih terang dari warna kulit. Hindari rias "mata"  yang terlalu mencolok supaya tidak menarik perhatian orang.

Mencegah Jauh Lebih Baik.

Anda patut berlega hati jika saat ini "mata"  indah anda belum diusik oleh si "kantung mata". Yang perlu anda lakukan sekarang adalah melakukan tindakan pencegahan, diantaranya olahraga dan tidur secara teratur. Kurang tidur, lelah atau stres dapat memicu munculnya "kantung mata".

Selain Itu, Ikuti Tips Berikut: 

1. Usahakan posisi tidur selalu terlentang. Posisi tidur yang salah akan menimbulkan garis-garis, lingkaran hitam dan "kantung mata".

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, serta minum cukup air putih setiap hari.

3. Gumakan pelembab atau cream "mata"  untuk menjaga elastisitas kulit "mata".

4. Selalu gunakan jari manis saat mengoleskan produk perawatan "mata"  dan wajah, seperti pelembab, pembersih, cream "mata"  atau gel. Tekanan jari manis dirasakan paling lembut oleh kult "mata". (Niz) 

(Sumber: Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor Milenium 2031. 15 s/d. 29 Maret 2001).

0 komentar: