Sabtu, 28 Januari 2012

"Buah Segar Untuk Masker Wajah"

"Buah" stroberi, alpukat, anggur  dan jeruk ternyata tidak hanya enak di lidah, namun juga bagus untuk kulit."

Boleh juga kita coba membuat "masker" dan lotion dari "buah"-"buah" tersebut. Jika adonan kelewat kental, campur dengan yoghurt natural. Sebelum ber"masker", wajah harus bersih dari polesan makeup.

"Buah" Stroberi.
Sapukan langsung ke wajah dua sendok makan "buah" stoberi gerus, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air dingin atau air mawar. Untuk toning, campur kocokan putih telur, 1 sendok makan air mawar dan gerusan "buah" stroberi. Kandungan asam saisilat (beta-hydroxy acid), silika dan vitamin B, C, E dan K dapat merontokkan sel kulit mati. Cocok untuk segala jenis kulit. Disarankan, gunakan dua kali seminggu. 

"Buah" Alpukat.
"Buah" yang kaya asam amino dan vitamin ini "masker" untuk awet muda. Anda yang berkulit kering, "masker"lah dengan daging "buah" alpukat yang masak benar, biarkan 30 menit dan cuci bersih. Untuk kulit kombinasi, tambahkan kocokan kuning telur ke adonan "buah" alpukat. Anda berusia separuh baya? Buat "masker" "buah" alpukat plus kocokan kuning telur dan sesendok makan madu asli.


"Buah" Anggur.
Jenis dan warna "buah" anggurnya terserah, asalkan segar. "Masker" "buah" anggur bagus untuk kulit yang mulai terasa kering, lelah dan bermasalah. Kalsium, magnesium, potasium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C dan flafonoidnya akan membantu memulihkan kesegaran kulit anda. Lumatlah "buah" anggur, buang bijinya dan langsung dibalurkan ke wajah.
 

"Buah" Jeruk.
"Masker" ini khusus untuk kulit berminyak, meski tetap efektif bagi kulit kombinasi. Vitamin A, C, B1, B2 dan B3-nya dapat menetralisir produksi minyak yang berlebih. Campur sesendok air jeruk ke kocokan putih telur, sapukan ke wajah, biarkan selama 10 menit. lalu cuci bersih. Untuk lotion, satukan sesendok teh air jeruk ke 100 ml air mawar dan tepuk-tepuk ke wajah dengan kapas. (Melly).

(Sumber: Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor 2022. 2 s/d. 16 November 2000).

0 komentar: