Sabtu, 31 Desember 2011

"Hormon dan Kecantikan"

"Tahukan anda bahwa "hormon" bukanlah musuh yang harus dijauhi? Tahukan anda bahwa "kecantikan" kulit terutama kulit wajah (facial) sangat dipengruhi oleh "hormon" yang terdapat dalam tubuh anda."


Sepanjang hidup anda, sejak dilahirkan hingga usia lanjut, tidak terlepas dari yang namanya "hormon". Banyak sekali macam dan fungsi "hormon" yang terdapat dalam tubuh anda. "Hormon" adalah molekul yang dihasilkan dan kemudian dikeluarkan oleh sel khusus, dilepaskan ke dalam darah dan mempunyai efek tertentu pada sel sasaran yang letaknya jauh dari sel pembentuk "hormon" tersebut.

Contoh:
1. "Hormon" tiroid (pemicu kelenjar gondok), dibentuk di otak/hipotalamus, sel sasaran berada di kelenjar gondok (dekat leher).

2. Insulin, dibentuk di kelenjar pankreas, bekerja di hati, kulit dan otak. 

"Hormon" mempunyai kandungan komposisi yang berbeda, seperti kandungan asam amino, lipid dan protein.

MACAM  DAN FUNGSI "HORMON" YANG ADA PADA WANITA:

1. HGH (Human Growth "Hormone"), untuk pertumbuhan dan reparasi sel yang rusak.

2. "Hormon" tiroid, berpengaruh pada perkembangan otak dan metabolisme jaringan.

3. Melatonin, anti-oksidan dan mengatur body clock.

4. Insulin, mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Estrogen dan progesteron, adalah "hormon" khusus wanita.
Estrogen penting untuk pertumbuhan dan elastisitas sel jaringan, termasuk kelenturan dan kekenyalan kulit. Sementara progesteron lebih dominan untuk pengaturan siklus menstruasi dan kehamilan.

6. Androgen, "hormon" pria ini dibuat di ovarium, berfungsi untuk pembentukan otot, tulang, kulit, sel darah merah dan gairah seks (libido).


"Hormon" berpengaruh pada perubahan fisik dan emosional anda. Kadar "hormon" yang tidak seimbang dapat mengganggu pertumbuhan rambut di daerah tertentu, menimbulkan jerawat serta emosi yang naik turun. Gangguan keseimbangan "hormon", antara lain disebabkan oleh polusi udara, sakit atau stres.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi September 2002). 


0 komentar: