Sabtu, 31 Desember 2011

"Cara Pintar Menghemat Pulsa Telepon Anda"

"Hemat" pangkal kaya. Maka dari itu aturlah pengeluaran anda dengan seksama. Salah satunya, jangan boros pakai "telepon" alias "hemat"lah dalam pengeluaran "pulsa".


Cara mengaturnya:

1. Pakai seperlunya.
Kembalikan "telepon" ke fungsi dasarnya, yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi gunakan "telepon" untuk hal-hal yang penting saja. Apabila hendak membicarakan hal yang biasa, kirim saja kartu pos atau surat. Alternatif lain juga bisa dimanfaatkan. Apabila anda ingin curhat dengan teman, pakai e-mail. Apabila ingin membicarakan masalah pekerjaan, gunakan "telepon" kantor.

2. Pasang pembatas waktu.
Supaya tagihan "telepon" tidak melunjak, setel pembatas waktu supaya anda dapat mengontrol waktu pembicaraan. Misalnya setiap 5 menit, "telepon" otomatis akan mati.

3. Cek tagihan "telepon" anda.
Saat tagihan "telepon" anda datang, coba cek dengan teliti karena sering terjadi salah pengiriman tagihan. Beri informasi pada mereka secepatnya, dan minta tagihan "telepon" anda yang benar. Ini juga brlaku bagi anda yang menggunakan ponsel pasca bayar.

4. Pakai "telepon" interlokal saat potongan harga.
Apabila anda ingin menelepon ke luar kota atau luar negeri, gunakan waktu dimana biaya jadi lebih murah. Misalnya tengah malam, atau hari libur seperti hari Minggu, tahun baru, hari natal atau lebaran.

5. Atur jadwal "telepon".
Apabila anda rutin menelepon seseorang, buat jadwal tertentu dengannya. Tujuannya, supaya anda tidak perlu buang "pulsa" saat orang tersebut tidak ada di tempat.

6. Gunakan collect call.
Apabila anda hendak menelepon kerabat dari luar negeri, gunakan jasa collect call. Biasanya "telepon" akan dibebankan pada si penerima "telepon". Tapi bila ingin melakukan hal ini, tentunya lebih baik anda bicarakan terlebih dahulu dengan orang yang bersangkutan.

7. Jangan buang waktu dengan voice mail.
Bagi pengguna ponsel, apabila ada pesan masuk berupa voice mail, segera lihat nomor pengirimnya. Lalu "telepon"lah kembali si pemberi pesan. Mendengarkan voice mail sama saja dengan membuang waktu, "pulsa" dan uang.

8. Segera lapor polisi bila ponsel anda hilang.
Apabila ponsel anda dicuri atau tertinggal di suatu tempat, segera laporkan kepada operator selular langganan anda. Karena apabila menundanya sampai berhari-hari, besar kemungkinan ponsel anda telah digunakan orang lain dan andalah nanti yang harus menanggung biaya pemakaiannya.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi November 2002). 

0 komentar: