Minggu, 06 Oktober 2013

"PENYEBAB NGANTUK"

"Mengantuk" adalah hal yang wajar, namun tidak wajar apabila rasa "Ngantuk" tersebut datang secara terus menerus".  



Rasa "Ngantuk" yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena keletihan adalah hal yang wajar.  Yang perlu kita kenali saat rasa "Ngantuk" datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidak-wajarannya. 

"Kantuk" berbeda dengan fatigue (lelah). Fatigue adalah rasa lelah kehabisan tenaga hingga ingin beristirahat, dan istirahat dalam artian bukan tidur. "Mengantuk" berlebihan juga harus dibedakan dengan perasaan tertekan atau depresi. Mereka yang merasa tertekan tak mau melakukan aktivitas, bahkan yang sebelumnya menggembirakan.

"Mengantuk" berlebihan bukanlah penyakit tersendiri. "Kantuk" berlebih dapat disebabkan oleh banyak hal, atau bisa juga disebabkan oleh penyakit-penyakit tidur yang lebih serius.

Yang pertama perlu dibedakan adalah apakah "kantuk" ini bersifat normal atau patologis. Normal jika memang disebabkan oleh kurangnya durasi tidur. Masyarakat modern memang tak memprioritaskan tidur, konon demi produktivitas. Akibatnya, kesehatan tidur tak diperhatikan. Selain mengorbankan waktu tidur, banyak kebiasaan-kebiasaan kita yang sebenarnya tak sehat bagi tidur. Koneksi internet, cahaya 24 jam, minuman berkafein, berolah raga di malam hari, dan lain-lain.

Sementara itu, "mengantuk" yang tak normal adalah rasa "kantuk" yang masih ada walau tidur telah rutin cukup. Penyakit tidur yang bisa menjadi penyebab adalah sleep apnea, periodic limb movements in sleep atau narkolepsi. Sleep apnea paling banyak diderita, tetapi diabaikan karena penderitanya hanya tahu dia bangun tak segar dan "mengantuk" berlebihan tanpa tahu apa yang ia alami sepanjang malam. Hanya dari orang lain, biasanya pasangan, ia tahu dirinya mendengkur. Sayangnya, kebanyakan penderita tak mengaitkan kebiasaan ngorok dengan "kantuk" yang dialami.

Berikut ini beberapai  penyebab "mengantuk" berlebihan atau rasa "Ngantuk" yang datang terus menerus.

1. Rasa "Ngantuk" Karena Anemia.

Anemia atau kekurangan darah adalah penyebab "mengantuk" berlebihan yang biasanya menyerang para wanita yang sedang haid atau datang bulan.  Pada saat datang bulan pada tubuh para wanita kekurangan zat besi yang berguna mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.  akibatnya, tubuh kehilangan banyak tenaga. hal inilah yang menjadi penyebab "mengantuk" berlebihan pada saat menstruasi.

2. Rasa "Ngantuk" Karena Depresi.

Depresi yang dianggap salah satu gangguan emosi memiliki pengaruh yang besar terhadap kebugaran tubuh.  Berkurangnya semangat dalam diri seseorang menimbulkan pengaruh "malas" terkadang dalam banyak hal. seperti malas kerja, malas makan dan malas berfikir.  rasa "Ngantuk" yang disebabkan oleh rasa malas ini lebih sulit dihilangkan.

3. "Mengantuk" Karena Dehidrasi.

 
Dehidrasi timbul karena tubuh kehilangan banyak cairan.  Hal ini terjadi setelah olah raga (kondisi tubuh kurang cairan).  Jarang terjadi pada olahragawan yang mempunyai tubuh yang nutrisinya selalu terpenuhi.

4. "Mengantuk" Karena Kurang Tidur.

Orang yang bergadang normal kurang tidur, tapi tunggu dulu.  durasi tidur seseorang normalnya sama meskipun jadwal tidurnya berbeda, permasalahan akan timbul ketika seseorang masih "mengantuk" meskipun  tidurnya telah terpenuhi.

5. "Mengantuk" Karena Menderita Penyakit Jantung.

Ketika jantung anda mulai kurang baik bekerja  dalam bekerja, anda akan mudah sekali merasa lelah.  Hal ini bisa saja menjadi penyebab "mengantuk" berlebihan.  ketika anda tidak mengalami gejala penyebab "mengantuk" berlebihan yang lain sebaiknya periksakan kesehatan jantung anda.

6. "Mengantuk" Karena Alergi Makanan.

Ada pendapat beberapa dokter yang menyatakan alergi terhadap makanan dapat menyebabkan rasa "kantuk" yang berlebihan.

7. "Mengantuk" Setelah Makan.
 
Makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi "mengantuk". Penyebab "mengantuk" setelah makan terjadi karena tubuh memerlukan energi untuk memproses makanan, hal ini biasa terjadi jika anda terlalu makan banyak.
 
8. "Mengantuk" Karena Menderita Diabetes.
 
Seorang yang menderita diabetes tipe 2 akan memiliki tingkat glukosa yang tinggi, penyebabnya adalah karena tubuhnya tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga tingkat kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi. Nah, karena itulah jika kalian merupakan penderita diabetes tipe 2 maka anda akan merasa lelah dan "mengantuk" sepanjang waktu.
 
9.  "Mengantuk" Karena Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid).
Tiroid merupakan suatu kelenjar kecil yang terdapat pada dasar leher. Fungsi dari Tiroid ini adalah untuk mengontrol metabolisme dan kecepatan dalam mengubah bahan bakar alias makanan menjadi energi bagi tubuh kalian. ketika Tiroid ini kurang aktif dan fungsi metabolisme anda menjadi lambat, maka badan anda akan terasa lemas dan mata akan merasa " ngantuk"!
 
10.  "Mengantuk" Karena Gangguan Tidur.

Gangguan tidur seperti insomnia juga dapat menyebabkan kenapa mata anda terus "mengantuk". Jika anda terkena insomnia atau sleep apnea maka sistem pernapasan anda dapat terhambat. Efeknya sudah jelas yaitu kelelahan dan selalu merasa "ngantuk". Bagi anda yang sering kerja malam hari atau tukang begadang pasti tahu dech.
 
11.  "Mengantuk" Karena Sindrom Kelelahan Kronis.

WASPADAI "MENGANTUK" BERLEBIHAN.
 
"Mengantuk" berlebihan diderita luas, tetapi banyak orang tak menyadarinya. Entah karena sudah terlalu lama diderita hingga dianggap biasa, atau karena konsumsi kafein sepanjang hari. Akan tetapi, "mengantuk" berlebihan nyata pengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kualitas hidup seseorang.

Perhatikan kesehatan tidur, biasakan juga untuk membicarakan kebiasaan tidur dengan dokter. "Mengantuk" berlebihan bukan kondisi yang normal, bukan juga kemalasan. "Mengantuk" berlebihan bisa diatasi, atau diobati. Sayang jika diabaikan begitu saja.

Lelah memang biasanya hilang setelah anda istirahat atau tidur alias molor. Tapi kalau sudah kena sindrom kelelahan kronis atau bahasa keren-nya chronic fatigue syndrome. Lelah yang dirasakan oleh tubuh tidak akan cepat pulih. Biasanya penderita sindrom ini ditandai dengan gejala kelesuan, "mengantuk", gampang marah, nyeri otot, atau bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya memori!
 
Sebaiknya jika mata anda terasa "ngantuk" terus, sebaiknya ditanggapi dengan cepat dan tanggap. Mending kalau memang tukang tidur, kalau misalkan anda termasuk salah satu penyakit di atas gimana tuuh? Kan berabe. Sebenarnya saya juga terkenal tukang tidur sich, hahahaha. Saya juga akan lebih waspada terhadap mata saya yang terus-terusan "ngantuk" ini tapi sepertinya ini disebabkan karena saya sering kerja malam saja. Oke, semoga artikel kali ini bermanfaat yaah khususnya bagi saya dan umumnya bagi anda semua yang menyempatkan membaca artikel ini.
 
Sumber:
1. anufblog.blogspot.com/.../8-penyebab-mengantuk-ber...
2. sealkazzsoftware.blogspot.com/.../penyebab-k...
3. health.kompas.com/.../Waspadai.Mengantuk.Berlebiha...
4. laely.widjajati.photos.facebook/ALHAMDULILLAH-atas-kekuatan-yg-telah-ENGKAU-berikan..
5. laely.widjajati.photos.facebook/anak-siapa-ini.....
6. laely.widjajati.photos.facebook/add-a-description.....

0 komentar: