Sabtu, 13 April 2013

"MANFAAT/KHASIAT JERUK PURUT"

"Jeruk Purut" adalah buah yang sudah tidak asing di kalangan ibu-ibu, karena buah ini sering digunakan untuk rempah-rempah masakan agar menambah cita rasa." 
 

"Manfaat Jeruk Purut" memang sangat banyak, selain bisa menambah cita rasa "Jeruk Purut" juga sering digunakan untuk wewangian.

Buah yang bernama Latin Citrus hystrix merupakan jenis buah "Jeruk" yang mempunyai ukuran terkecil dari jenis "jeruk" yang lainnya. Ini menjadikan buah "Jeruk Purut" mudah dikenali dan mempunyai ciri khas sendiri. Buah yang berdiameter maksimal 2 cm ini dapat dikenali dengan bentuk daunnya yang menyambung dan tebal dengan warna hijau tua, juga  wangi daunnya yang menyengat akan sangat mudah dikenali.


"Manfaat Jeruk Purut" pada dasarnya sangat banyak, selain menambah cita rasa "Jeruk Purut" juga bisa mengobati influenza, rasa lelah, dan kulit yang mengelupas. "Manfaat Jeruk Purut" tidak hanya sampai disitu saja, masih banyak  sebenarnya jika kita mau mengupas lebih dalam maka akan terbongkar semua "Khasiat Jeruk Purut".

"Khasiat"
yang tidak terhitung di "Jeruk Purut" lebih menonjol pada kulit dan daunnya, terlebih pada daun "Jeruk Purut" yang mempunyai aroma wangi dan mempunyai kandungan kimia tannin  1,8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1,5% v/b. Dan pada kulit buah "Jeruk Purut" mengandung bahan kimia tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2,5% v/b. Dari beberapa kandungan "Jeruk Purut"  tersebut, antara lain manfaatnya adalah:

1. Buah "Jeruk Purut" dapat digunakan sebagai obat influenza, bagaimana cara melakukannya? Pembaca tinggal melakukan hal seperti di bawah ini :
a. Potong satu buah "Jeruk Purut" masak, lalu peras.
b. Seduh air perasannya dengan 60cc air panas, minum sekaligus selagi hangat.

2. Daun "Jeruk Purut" juga ampuh untuk mengatasi capek. Bagi para pekerja yang mengerjakan pekerjaan berat tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen karena  "Jeruk Purut" ini bisa mengatasi masalah tersebut. Badan lelah dan capek itu merupakan masalah bagi sebagaian orang, karena badan yang tidak fit akan mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Jika aktivitas terganggu maka semua pekerjaan yang dilakukan oleh orang tersebut akan menjadi berantakan dan kacau. Jadi apa yang harus dilakukan? Tidak hanya daun "jeruk" nipis yang memiliki "manfaat".  Pembaca tinggal melakukan beberapa hal di bawah ini:
a. Sediakan 2 genggam daun "Jeruk Purut" segar.
b. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit).
c. Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi. ini bisa mengatasi masalah tersebut. Badan lelah dan capek itu merupakan masalah bagi sebagian orang, karena badan yang tidak fit akan mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. 

3. Sebagai obat luar, belah "Jeruk Purut" menjadi 2-4 bagian, lalu gosokkan ke kulit yang bersisik atau air perasan buahnya digunakan untuk membasahi rambut setelah keramas. Cara pemakaian untuk mengatasi kulit bersisik dan mengelupas, belah "Jeruk Purut" tua menjadi 2 bagian. Gosokkan pada kulit yang bersisik, kering dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari, malam sebelum tidur.

4. Untuk mewangikan rambut di kepala. Cara pemakaian untuk mewangikan rambut kepala, cuci 1 buah "Jeruk Purut" masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas.
Caranya mudah dan gampang bukan? Itulah tadi beberapa "manfaat jeruk purut", tidak perlu harus membeli obat warung yang sudah pasti ada efek sampingnya.

Dengan obat tradisional tadi kita tidak akan terlalu perduli dengan efek samping karena ini asli alami langsung dari alam dan nenek moyang kita. Karena yang alami itu lebih aman, terlebih lagi jika diberikan kepada anak-anak yang mungkin pada umumnya orang tua selalu khawatir dengan efek samping  obat yang dikonsumsi anaknya. "Jeruk Purut" ini bisa menjadi pilihan untuk para orang tua agar lebih aman dan tanpa efek samping yang terlalu berbahaya.

Dari beberapa hal tersebut kita bisa mengambil hikmah dari semua yang diciptakan oleh Tuhan mempunyai "manfaat" yang berbeda-beda. Sudah sepantasnya kita sebagai manusia bersyukur dan berterima kasih terhadap nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Sumber:
1. kandunganjeruk.blogspot.com/.../mengenal-manfaat-jeruk-purut.html
2. palembang-pos.com/index.php?...manfaat-jeruk-purut...
3. laely.widjajati.photos.facebook/
4. laely.widjajati.photos.facebook/MBAKku-Sdg-Memperhatikan-JERUK PURUT............
5. wanitacosmo.com/Kulit-halus-dengan-lulur-jeruk-purut...

0 komentar: