Sabtu, 09 Februari 2013

OBAT SAKIT GIGI TRADISIONAL"

"Sakit gigi" memang bukan penyakit mematikan, tapi sangat mengerikan". 


Ketika putus cinta orang berkata, lebih baik "sakit gigi" dari pada "sakit" hati. Tapi kalau mereka merasakan "sakit gigi" pasti berkata lain "Lebih baik "sakit" hati daripada "sakit gigi".

Nah, bagi Anda yang sedang merasakan nikmatnya "sakit gigi" tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa resep obat "sakit gigi tradisional", alami dan mujarab.
   
Cara "tradisional" serta herbal yang mujarab untuk menangani "sakit gigi" berlubang ataupun gusi bengkak nyatanya amat gampang untuk dikerjakan. Untuk menyembuhkan "sakit gigi" tak perlu dengan obat-obatan yang memiliki kandungan zat kimia, yang umumnya mempunyai dampak samping untuk pemakainya. Untuk anda yang tengah melacak jalan keluar untuk obat "sakit gigi", "gigi" berlubang serta gusi bengkak, silahkan baca sampai akhir. semoga saja dengan langkah tersebut "sakit gigi" anda bisa pulih kembali. 

Obat "sakit gigi" alami/herbal yang kerap dipakai yakni : 

1. Bawang Putih 
Tidak hanya dipakai bumbu dapur, bawang putih juga dapat dipakai sebagai obat "sakit gigi" karena bawang putih memiliki kandungan antiseptik alami. Langkah ini dapat untuk menyembuhkan "sakit gigi" berlubang serta gusi bengkak. 

Langkah meracik bawang putih sebagai obat "sakit gigi" alami/herbal : 
a. Ambillah satu siung bawang putih lantas kupas kulitnya serta haluskan. 

b. Sesudah dihaluskan lantas dikumpulkan serta diberi garam dapur lantas aduk sampai rata, dapat juga pakai garam kasar namun dihaluskan bersama bawang putihnya. 

c. Masukkan pada "gigi" yang berlubang maupun berikan pada gusi yang bengkak. 

Nanti akan terasa sedikit panas serta juga terasa tidak enak di lidah. Namun ini ampuh serta alami. Tahan hingga nyeri pada "gigi" reda serta waktunya relatif. Maksudnya bila tetap pertama kali serta tetap punya kebiasaan menggunakan obat kimia umumnya agak lama. Namun jika yang sudah lama tidak menggunakan obat kimia bila pakai langkah ini cepat akhirnya serta tidak gampang kambuh. 

Sesungguhnya ada banyak jenis atau langkah alami yang bisa menyembuhkan "sakit gigi" namun cara itu telah ampuh serta dapat dibuktikan bisa menyingkirkan "sakit gigi". Semoga jodoh ( pas ) juga untuk sahabat sekalian.

2. Bawang merah
Tidak jauh berbeda dengan "saudaranya" bawang putih, bawang merah pun mempunyai khasiat serupa. Caranya yaitu, siapkan satu siung bawang merah untuk dihaluskan selanjutnya tempelkan pada "gigi" yang terasa "sakit".

3. Mengobati "Sakit gigi" dengan bunga matahari.
Bunga matahari untuk obat sakit gigi alami
Alternatif lain untuk mengobati "sakit gigi" dengan bahan alami atau tradisional adalah dengan bunga matahari (Helianthus annuus L). Tapi bunga matahari ini tidak hanya untuk "sakit gigi" saja. Menurut Dr Setiawan Dalimarta, penulis tumbuhan obat dan juga ketua Bidang Pelayanan Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (Sentra P3T) DKI Jakarta, seluruh bagian bunga matahari ternyata memiliki khasiat obat. Katanya, “Bunganya bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi nyeri atau bersifat analgesik. Misalnya, untuk mengurangi "sakit" kepala, "sakit gigi", nyeri menstruasi, atau nyeri lambung.
 
Sementara untuk obat "sakit gigi" ada takaran dan juga campurannya. berikut adalah rinciannya.
- Bahan: Bunga matahari (60 gram), Jahe (5 gram), dan air (600 cc).
- Cara pengobatan: Bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisi 300cc air. Kemudian airnya disaring dan diminum sewaktu masih hangat. Lakukan setiap hari sampai "gigi" tidak terasa "sakit".
4. Jeruk Nipis, akar kecubung hitam dan legetan warak.
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

5. Minyak cengkeh 
Minyak Cengkeh untuk obat sakit gigi alami
Minyak cengkeh dipakai menyembuhkan "sakit gigi" yang berlubang. 
Langkah pemakaiannya:
a. Ambillah ( cuil ) sedikit kapas kurang lebih cukup untuk dimasukkan pada lubang "gigi"
b. Celupkan potongan kapas pada minyak cengkeh asal basah saja dengan jepit kapas atau lidi yang dilipat dua. Jangan sempat terlampau basah atau menetes minyaknya, bila terlanjur peras sedikit kapas agar tidak menetes. Apabila kapas terlampau basah yang dikuatirkan dapat menetes didalam mulut sebelum saat hingga masuk pada "gigi" yang berlubang. Hal ini akan terasa tidak enak ( getar arti jawanya ) serta panas. Untuk yang peka dapat menyebabkan luka pada kulit atau gusi yang terkena minyak tersebut. Lantas hati-hati didalam sistem perjalanan kapas berminyak menuju lubang yang dituju. Bila akan safe minta tolong  orang lain di sekitar bila ada, bila tak ada kerjakan sendiri dengan langkah menghadap cermin, buka mulut lebar-lebar serta yakinkan sinar ruangan cukup hingga terlihat jelas tujuan yang dituju ( lubang "gigi" terlihat dengan jelas ) bila sudah siap maka luncurkan kapas berminyak pas pada lubang "gigi". Jangan lupa berdoa dulu sebelum saat mengerjakannya. ( mesti ).

Alangkah sebaiknya sebelum saat berlangsungnya "sakit gigi" kita lakukan pencegahan "gigi" berlubang dikarenakan "gigi" berlubang adalah pemicu utama munculnya "sakit gigi". Perihal ini amat mutlak untuk yang "gigi"nya tetap utuh ataupun untuk yang mempunyai "gigi" berlubang agar lubangnya tidak makin kronis serta tidak berlangsung lubang pada "gigi" yang lain. Ada juga langkah lain yang bisa untuk menghidari "sakit gigi" yakni dengan menambal atau mencabut "gigi" berlubang kita. 
Minyak cengkeh bisa didapatkan ( dibeli ) di apotik atau toko jamu "tradisional"
6. Daun Inggu Kering
- Bahan: Daun inggu kering (2-4 gram), air (2 gelas).
- Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring airnya setelah dingin, airnya digunakan untuk kumur beberapa kali.

7. Minyak tempurung kelapa
- Bahan: Tempurung kelapa yang sudah dibelah, Kapas secukupnya.
- Cara pengobatan: Ambil tempurung kelapa lalu dibakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak tempurung kelapa tersebut dengan kapas. Lalu tempelkan ke "gigi" yang "sakit". Niscaya dalam beberapa menit "sakit gigi" Anda akan hilang.

8. Menyembuhkan Karang "gigi"
- Bahan: Biji asam jawa (secukupnya)
- Cara pengobatan: Sangrai biji asam jawa secukupnya, kemudian ditumbuk hingga halus. Gosokkan ke "gigi" yang berlubang dengan kain atau sikat "gigi".

9. Mencegah dan mengobati kerusakan "gigi".

- Bahan: Biji jarak cina (1 butir), air (1 gelas)
- Cara pengobatan: Biji jarak cina ditumbuk halus, kemudian seduh dengan air panas dan dinginkan. Gunakan airnya untuk kumur-kumur.
10.  Alpukat
biji alpukat
Buah alpukat yang menyegarkan untuk dibuat jus ini menyisahkan biji yang bisa digunakan untuk "sakit gigi". Caranya, siapkan biji alpukat untuk ditumbuk hingga halus kemudian taburkan pada area yang "sakit".


11. Cabe hijau
Cabe hijau selain sedap untuk tumisan di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk masalah "sakit gigi". Caranya, ambil cabai hijau kemudian panaskan ujung cabe pada api. Selanjutnya ketika sudah agak panas, potonglah ujung tersebut dan tempelkan pada "gigi" yang "sakit".
12. Jeruk Limau.
 "Gigi" berlubang, "gigi" tanggal, pembentukan plak "gigi", "sakit gigi", dan pendarahan gusi bisa dicegah dengan jeruk limau. Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan "gigi" dan tulang di bagian tubuh lainnya.
13. Tepung Lada.
Jagalah kebersihan "gigi" dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah "gigi" berlubang, nafas bau, gusi berdarah, "sakit" gusi, dan "sakit gigi". Untuk meredakan "sakit gigi", Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang "gigi". "Gigi" sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.
Demikian  obat alami untuk "sakit gigi" yang sebagian besar mudah anda jumpai. Namun jika "sakit gigi" masih berkelanjutan, alangkah baiknya di periksakan ke dokter "gigi" agar mengetahui masalahnya lebih detail. 
Sumber:
1. m-nasirudin.blogspot.com/.../obat-sakit-gigi-tradisional-gigi-berlubang-gusi-bengkak.html

2. kesehatan.gen22.net/.../obat-sakit-gigi-tradisional-alami.html
3. www.sahabatsehat.info/2012/12/obat-sakit-gigi-tradisional.html
4. www.tdwclub.com/showthread.php?...Obat-Sakit-Gigi-Tradisional...

0 komentar: