Sabtu, 16 Februari 2013

"MANFAAT SINAR MATAHARI PAGI"

"Waktu yang tepat untuk terkena "Sinar Matahari" ialah "pagi" hari jam 6- 9 "pagi", dan waktu yang perlu dihindari adalah pukul 10.00 sampai 16.00."




"Matahari" yang setiap hari bersinar tidak hanya menerangi kehidupan kita saja, tetapi banyak memiliki "manfaat" bagi kesehatan tubuh.

Beberapa orang kadang takut terkena "Sinar Matahari" karena bisa membuat kulit jadi hitam. Tapi sebaiknya jangan hindari "Sinar Matahari", karena ada banyak "manfaat"nya bagi kesehatan.

Bangun lebih awal dan memulai hari sebelum "matahari" terbit adalah keinginan banyak orang. Tapi sangat sedikit orang benar-benar bisa berubah menjadi kebiasaan. Banyak orang tua maupun Filsuf telah menasihati bahwa kita perlu bangun "pagi" untuk menjadi lebih produktif.

Para peneliti telah membuktikan bahwa ada banyak "manfaat" yang bisa didapat jika seseorang melakukan aktivitas di luar rumah dan mendapatkan "Sinar Matahari" yang cukup. Hal ini akan ber"manfaat" jika "Sinar Matahari" yang didapatkan saat "pagi" hari.

"Sinar Matahari" memberikan banyak "manfaat" bagi kesehatan, antara lain:

1. Vitamin D: "Sinar Matahari" merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung. Sejumlah besar simpanan kolesterol Anda terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas "sinar" ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke "Sinar Matahari" selama 5 menit memberikan 400 IU (international unit) vitamin D. Anda membutuhkan 400 IU perhari menurut peraturan RDA (Recommended Dietary Allowances) di AS.

2. Serotonin: "Sinar Matahari" juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

3. Atasi Depresi: "Sinar Matahari" dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin sendiri adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

4. Tingkatkan Sirkulasi Darah: "Sinar Matahari" mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

5. Memperbaiki Kulit: Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Terpapar "Sinar Matahari" juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

6. Turunkan Resiko Kanker: Sintesis vitamin D, yang disebabkan oleh "Sinar Matahari", dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Tetapi hati-hati, terlalu lama terpapar "Sinar Matahari" dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

7. Mencegah Diabetes: Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dengan terpapar "Sinar Matahari" dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak. Beberapa juga meyakini bahwa terpapar "Sinar Matahari" juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.

8. Menguatkan Sistem Kekebalan: "Sinar Matahari" dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar "Sinar Matahari", tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.

9. Detoksifikasi Tubuh: Paparan "Sinar Matahari" juga dapat meingkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, "Sinar Matahari" juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur: Dengan terpapar "Sinar Matahari", produksi melatonin pun meningkat. Melatonin adalah suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti kacang kecil yang ditemukan di dasar otak. Melatonin sangat dibutuhkan unutk kualitas tidur yang baik.

11. Memperbaiki Sistem Pencernaan: "Sinar Matahari" juga merupakan pengobatan terbaik unutk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

12. "Sinar Matahari" dapat Meningkatkan Kebugaran dan Kualitas Pernapasan. "Sinar Matahari" bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot sewaktu Anda berolahraga. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan volume nafas ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur "matahari".

"Sinar Matahari" memang memberikan banyak "manfaat", namun terkena "Sinar Matahari" yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan "Sinar Matahari" serta melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, atau menggunakan sun screen..

Waktu yang tepat untuk terkena "Sinar Matahari" ialah "pagi" hari jam 6- 9 "pagi", dan waktu yang perlu dihindari adalah pukul 10.00 sampai 16.00. Karena jam 10 ke atas "Sinar Matahari" kurang baik bagi tubuh karena mengandung "Sinar" Ultra Violet  yang dapat menyebabkan kanker.

Kita bisa mendapatkan "manfaat" terbaik di"sinar"i cahaya "Matahari" sebelum pukul 09.00 "pagi" dan setelah pukul 16.00 sore. Pada saat-saat itu kulit Anda tidak mendapatkan "sinar" gelombang pendek ("sinar"-gelombang pendek: ultraviolet, "sinar"-x, "sinar" gamma, "sinar" cosmos), sebaliknya Anda lebih banyak mendapatkan "sinar" gelombang - panjang atau inframerah.

Disamping banyak "manfaat"nya, terlalu lama berada di bawah "Sinar Matahari", terutama setelah melewati "pagi" hari, bisa menyebabkan hal-hal berikut :

1. "Sinar Matahari" dapat membuat kulit anda terbakar. Hari berawan bukan jaminan kulit Anda aman dari serangan "Sinar Matahari". Awan bisa menyaring banyak berkas cahaya yang kelihatan dan inframerah, namun 80% radiasi ultraviolet mampu menembus pertahanan awan. 

2. "Sinar Matahari" dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Angin sepoi-sepoi juga bisa menambah bahaya itu. Kebanyakan "Sinar Matahari" dengan tingginya trigliserid darah adalah faktor yang paling besar penyebab terjadinya kanker kulit.  

3. "Sinar "Matahari" dapat mempercepat proses penuaan. Z.R. Kime dalam bukunya Sunlight Could Save Your Life, menyatakan bahwa bertambahnya penggunaan minyak sayur olahan (poliunsaturated), menyebabkan bertambahnya kehadiran radikal bebas pada kulit. Radikal bebas ini adalah bagian dari molekul (yang terpecah-pecah) dengan kecenderungan menyebabkan kerusakan jaringan lapisan kulit paling luar, penyebab utama penuaan dini - keriput kulit. 

Sumber:
1. taufikhidayat-taufikblog.blogspot.com/.../11-manfaat-sinar-matahari-pagi.html
2. health.detik.com/read/2011/08/23/.../khasiat-mandi-matahari-pagi
3. salam-seo.blogspot.com/.../Manfaat-Dari-Sinar-Matahari-di-Pagi-Hari-untuk-Kesehatan.html
4. www.smallcrab.com/kesehatan/554-manfaat-sinar-matahari
5. laely-widjajati.blogspot.com/.../peningkatan-wawasan-sdm-inspektorat.html
6. laely-widjajati.blogspot.com/.../indahnya-banjarmasin-kalimantan-selatan.html

0 komentar: