Rabu, 20 Februari 2013

"MANFAAT INTERNET BAGI MASYARAKAT"

"Baik atau tidaknya dampak dari "internet" tergantung bagaimana cara orang menggunakannya. "Internet" laksana perpustakaan raksasa di mana hambpir semua informasi bisa di dapatkan". 


"Internet" adalah layanan utama tentang informasi, adanya "internet" mengubah pola hidup masyarakat kita baik cara berinteraksi, bersosialisasi, adanya prinsip "internet" ini adalah saling berbagi dan tak terhalang oleh jarak, waktu, dan tempat semua terasa dekat dengan adanya "internet" ini. Itulah dasar dari adanya "manfaat internet".

Begitu besarnya "manfaat internet" bagi masyarakat Indonesia, tapi juga ada sedikit ketakutan mayoritas masyarakat yaitu tentang dampak "internet" yang buruk. Dampak buruknya dapat berupa terlalu suka dengan game online yang ada di "internet" jadi membuat lupa seseorang, penyebaran video-video porno dan dengan mudah ditonton oleh semua orang, bahkan sampai anak-anakpun. Setiap ada "manfaat internet" selalu juga ada dampak negatif yang buruk.

Bagaimana kita me"manfaat"kan itu agar semua element masyarakat tak banyak mendapat dampak "internet"  yang ditimbulkan dan bisa menggunakan "Manfaat Internet" Bagi Masyarakat – Memang sulit banget untuk menangkal semua itu, dan hanya lewat pencerahan kepada tiap individu lah cara yang dirasa paling ampuh.

"Manfaat"-"manfaat" yang diperoleh itu adalah gambaran umumnya yang intinya "internet" itu memudahkan kita dalam hal berbagi antara sesama dan membuat rasa jauh semakin dekat dan rasa dekat semakin sangat dekat dalam bermasyarakat.

Sekarang ini orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "internet". Apalagi sejak perkembangan teknologi seluler di Indonesia, dimana hampir semua HP sudah ada fasilitas untuk berselancar di dunia maya "internet". Bagaimana kita dapat memperoleh "manfaat" dari "internet" dan apa saja dampak positif dan negatifnya dari teknologi "internet"?

"Internet" sebagai perpustakaan online memiliki "manfaat" dalam dunia pendidikan. Buat kalangan pelajar dan dunia pendidikan khususnya untuk siswa pelajar bisa memberikan banyak "manfaat" jika pemakaian "internet" digunakan untuk hal hal yang benar dan positif. Adanya internet di jaman modern ini sangat diperlukan, dimana pengguna "internet" bisa mencari hampir semua informasi dan berita terbaru dari belahan dunia manapun.

PENGERTIAN "INTERNET".

"Internet" adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Kemudian Khoe yao tung menyebutkan bahwa  "internet" adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung "internet" di seluruh dunia. 

Orang-orang hebat yang paling berpengaruh terhadap sejarah "internet" adalah Timothy Berners Lee kreator WWW atau World Wide Web dan Roy Tomlinson pencipta @ atau (at) yang digunakan untuk alamat email. "internet" (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan "internet" browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di "internet". Pekerjaan ini bisa diibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.

"MANFAAT INTERNET" SECARA UMUM.

Secara umum banyak sekali "manfaat" yang bisa diperoleh oleh masyarakat apabila mempunyai akses ke "internet". Apa saja yang bisa diperoleh dari "internet"?
* Informasi online  untuk kehidupan pribadi meliputi info kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
* Informasi online untuk kehidupan profesional/pekerja  meliputi infrmasi sains, info  teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Yang cukup menarik dari penggunaan "internet" adalah bisa berhubungan dari belahan dunia manapun, sehingga jarak bukan menjadi masalah. Penggunaan "internet" tidak mengenal akan batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. "Internet" adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. "Manfaat internet" terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia me"manfaat"kan jaringan "internet" dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

"Manfaat internet" dalam kehidupan masyarakat antara lain:

1. Media mengeluarkan pendapat dan menulis.
Tidak semua orang yang bisa atau pandai untuk bicara menyampaikan pendapat secara langsung. Dan juga ada beberapa orang yang memang mempunyai kemampuan dan hobi untuk menulis. Dan "internet" dengan sebuah blog misalnya bisa menjadi sarana yang ber"manfaat" bagi seseorang untuk menyampaikan pendapat dan menyalurkan hobi menulis.

2. Untuk memperoleh informasi.
Banyak  informasi yang bisa kita dapat khususnya bagi pelajar dan masyarakat luas pada umumnya. Tentang kemajuan teknologi terkini negara lain misalnya atau kemajuan komunikasi dan lainnya. Semua bisa ber"manfaat" bagi masyarakat.

3. Untuk sarana bersosialisasi.
Bukan hal baru dan hampir semua lapisan masyarakat tahu akan keberadaan jejaring social seperti Facebook atau Twitter dan lainnya. Mengasikkan kadang sampai lupa waktu bila sudah tenggelam dalam kegiatan selancar di Facebook dengan teman-teman. Dan lewat jejaring social tersebut bisa menjadi ajang sosialisi juga mencari teman-teman baru dengan segudang pengalaman dan wawasan serta ilmu pengetahuan baru yang belum pernah didapat. Bahkan dari beberapa peristiwa, kita bisa melacak keberadaan saudara atau teman lama yang sudah terpisah dan kehilangan jejak sejak lama.

4. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
"Internet" bagi masyarakat yang terbanyak adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas, sangat luas. Tidak terbatas pada buku, guru atau sekolah. Di "internet" seseorang bisa memperoleh semua informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah, tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan monitor. Keterbatasan waktu untuk membaca buku bisa teratasi dengan solusi dari "internet".

FASILITAS/LAYANAN PADA "INTERNET".

1. BROWSING/SURFING :

Sebuah layanan pada "internet" yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.

Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah "Internet" Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.

Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : http://www.detik.com, http://www.rotten. com, http://www.invir.com, http://www.puspendik.com, http://www.plasa.com, http://www.geocities.com, http://www.yahoo.com

2. EMAIL (Electronic Mail)

Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dan lain-lain.

3. MAILING LIST

Sering disebut dengan milis, yaitu layanan "internet" sebagai pengembangan dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dan lain-lain.

Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi.

Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat me"manfaat"kan fasilitas yang disediakan oleh http://www.yahoogroups.com

4. INTER RELAY CHAT (CHATTING)

Adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui "internet" menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.

5. NEWSGROUP

Adalah aplikasi "internet" yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang "internet" alt."internet"; tentang serial tv: alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi: alt.filateli.rec.collection.stamps

6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)

Adalah fasilitas untuk mengirim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dan lain-lain.

7. TELECONFERENCE

Adalah fasilitas "internet" yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, sehingga seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.

Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau pertemuan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.

8. "INTERNET" TELEPHONY

Yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dengan suara melalui "internet" menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa "internet" walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dan lain-lain.

9. "INTERNET" FAX

"Internet" juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan "internet". Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

DAMPAK POSITIF "INTERNET".

1. Menambah wawasan dan pengetahuan.
Bagi masyarakat, "internet" sangat banyak "manfaat" yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pengetahuan yang bisa didapat di "internet", dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana ke depannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari "internet", akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju. 

2. Mendapatkan banyak ide.
Berbagai macam ide-ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha. 

3. Sarana komunikasi.
Semain canggihnya "internet" memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di "internet", memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. 

4. Mencari uang di "internet".
Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat "internet" bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai "internet" marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat "internet". Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di "internet" bisa lewat pencarian google.

"Internet" sebagai media komunikasi, merupakan fungsi "internet" yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna "internet" dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna "internet" di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan "internet" yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di "internet" sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

DAMPAK NEGATIF "INTERNET".

1. Situs mesum.
Tidak sekedar hanya membuka situs mesum yang sangat bisa merusak moral generasi muda (bahkan tua). Pelaku yang tidak bertanggung jawab sangat bisa dan sangat mudah untuk sekaligus menjadi pelakunya, dengan mengunggah atau meng-upload foto atau video mesum melalui internet. Bahkan hal ini menjadi berita hangat yang biasa terdengar, “Anak SMP dan SMU main Mesum di Kontrakan, Hot Banget Loh” atau hal-hal semacam itu. Juga ketika beberapa waktu lalu, artis Indonesia papan atas yang tersandung kasus video mesum ini sampai memberikan dampak luas di kalangan masyarakat.  

2. Game online.
Permainan game memang bisa membuat hanyut para penggemarnya. Apalagi game online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasikkan sekaligus membuat kecanduan, menjadi “lupa daratan tidak ingat lautan”, lupa waktu, lupa kesehatan, boros biaya, (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game online bisa menjadi sarana perjudian. 

3. Media sosial.
Media Sosial atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Friendster juga seperti game online. Bisa membuat kecanduan dan lupa, bahkan jejaring sosial Facebook sudah banyak menelan korban kejahatan dengan berbagai cara yang dilakukan pelakunya untuk menjerat korbannya. 

4, Penipuan lewat "internet".
Marak terjadi dan banyak yang menjadi korban. Layanan online bisa menjadi sarana untuk pelaku tindak kejahatan apapun namanya, untuk menjerat sasaran penipuan. Dan masih ada dampak negatif "internet" ini. Tetapi, ketika kita hanya berhenti disini, berpikiran buruk dan negatif tentang "internet", kita hanya akan tinggal diam dan tidak pernah beranjak dari tempat, tidak pernah “kemana-mana” dan tidak bisa mengambil "manfaat internet" dari segi positifnya. Berikut ini beberapa kejahatan melalui "internet".
1. Cybercrime
Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana "internet" di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
a. Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan.
b. Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang disimpan pada jaringan tersebut.

2. Parnografi
Anggapan yang mengatakan bahwa "internet" identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki "internet", pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di "internet" terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. 
3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia "internet" tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. "Internet" pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia "internet". Para penjahat "internet" pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. 
6. Perjudian
Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
7. Mengurangi sifat sosial manusia
Karena  cenderung lebih suka berhubungan lewat "internet" dari pada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di "internet" (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Sangat banyak "manfaat internet" yang bisa kita peroleh. Seperti juga sebuah pisau tajam, untuk apa? Tergantung kita untuk menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi yang berlawanan.  Dan ini juga berlaku hampir untuk semua hal di dunia. Semoga kita bisa mengambil yang terbaik dari kemajuan teknologi, sisi positif dari "manfaat internet" ini.
"Internet" telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga "internet" mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya "internet" apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif.
 
Sumber:
1. youvitavhey.wordpress.com/.../manfaat-internet-bagi-masyarakat/ 
2. terlama.drupalgardens.com/content/manfaat-internet-bagi-masyarakat 
3. gapteka-z.blogspot.com/.../pengertian-dan-manfaat-internet-dalam.html 
4. Ida.Amy.Photos.Facebook/Ciusnya..-gini-nih-kl-da-kn-internet/
5. Laely.Widjajati.Photos.Facebook/Astana-Timur-Batuampar/

0 komentar: