Jumat, 14 Desember 2012

"ILMU ALAMIAH DASAR"

"Ilmu Alamiah Dasar" merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep "dasar" dalam bidang "ilmu" pengetahuan "alam" dan teknologi". 

Dan, manusia sebagai subjek pokoknya yang dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Salah satu indikatornya ialah sifat unik manusia. Dibandingkan dengan makhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya sangat kuat. Umumnya dikatakan bahwa manusia dan binatang berbeda karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak. Dan, budi bersumber pada jiwa. Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangannya menusia memanfaatkan akal budi yang dimilikinya dan juga ditunjang dengan rasa ingin tahu, maka berkembanglah pula "ilmu" pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Perkembangan pengetahuan pun lebih berkembang lagi manakala ditunjang dengan adanya tukar menukar informasi antar manusia.

PENGERTIAN "ILMU ALAMIAH DASAR". 

"Ilmu Alamiah Dasar"jika dipenggal berasal dari tiga suku kata. "Ilmu" artinya bagian dari "ilmu" pengetahuan manusia. "Alamiah" artinya terjadi dengan sendirinya dan "dasar" artinya permulaan suatu bentuk. Istilah ini berasal dari Eropa Daratan (Belanda,Jerman,Inggris,danAmerika). Yang mana istilah ini masuk ke indonesia pada zaman yang berbeda-beda. "Ilmu alamiah" dapat dilihat dalam arti luas dan dalam arti sempit. 

Dalam arti luas "ilmu" mencakup semua pengetahuan, "Ilmu Alamiah Dasar" adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep "dasar" dalam bidang "ilmu" pengetahuan "alam" dan teknologi dalam manusia. "Ilmu Alamiah" atau biasa disebut dengan "ilmu" pengetahuan ("natural science") merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam "alam" semesta termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. "Ilmu Alamiah Dasar" hanya mengkaji konsep-konsep dan prisip-prinsip "dasar" yang esensial saja. 

Bagian-bagian dari "Ilmu Alamiah Dasar" meliputi penciptaan manusia yang telah diberikan akal untuk berfikir, lahirnya "ilmu alamiah", keterbatasan "ilmual amiah", pembagian "ilmu" pengetahuan dan sebagainya. "Ilmu Alamiah Dasar" merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi oleh realisme, karena "ilmu" sains ini mempelajari tentang metode "alamiah" dan gejala "alamiah" sehingga tidak dapat terlepas dari objek yang mengkaitkan panca indra. 

Jadi pengertian "Ilmu Alamiah Dasar", adalah pengetahuan "dasar" yang mempelajari "alam" semesta, dan dapat dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya "ilmu" pengetahuan "alam". yang dapat dipelajari dengan cara  metode-metode  atau  prinsip-prinsip   yang   tidak   dapat   lepas    dari    kenyataan     (realitas).

BAGIAN-BAGIAN DARI "ILMU ALAMIAH DASAR".

A. Manusia.

Manusia adalah mahluk yang lemah dibandingkan dengan mahluk lain . Namun dengan akal budinya serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan tekhnologi . Dan dengan "ilmu" pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi . Manusia adalah sebaik-baiknya makhluk yang telah diciptakan Tuhan . Patutnya syukurilah nikmat yang diberikan oleh TuhanYang Maha Esa karena dengan nikmatNya kita diberikan akal untuk berfikir , membedakan yang baik dan buruk juga dapat memperoleh "ilmu" pengetahuan .

Sifat manusia selalu tidak pernah puas , maka ketersediaan sumber daya yang terbatas tidak bersesuaian dengan keinginan manusia yang tidak terbatas . Manusia pun mempunyai keinginan rasa ingin tahu terhadap rahasia "alam", selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan penggunaan pengalaman.  Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos.
B. Mitos.

Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos . Cerita – cerita pada mitos disebut legenda . Kebenaran mitos masih bersifat simpang-siur karena tidak ada bukti otentik dan disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut (lisan) . Mitos dapat diterima karena keterbatasan pengindraan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira tahun 700-600 SM . Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan, atau mitos. Pengetahuan ini disebut pseudo science (sains palsu). Ini adalah "ilmu" pengetahuan yang masih diragukan kebenarannya.

C. Lahirnya "Ilmu Alamiah".

Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman merupakan salah satunya alasan terbentuknya pengetahuan yakni kumpulan fakta-fakta yang pernah terjadi.

D. Keterbatasan "Ilmu Alamiah".

Bidang "ilmu alamiah" yang menentukan "ilmu alamiah" adalah metode ilmiah . Tujuan "ilmu alamiah" adalah membentuk dan menggunakan teori. "Ilmu alamiah" tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan. Manusialah yang menilai apakah "ilmu" yang dipakainya baik atau buruk.

E. Pembagian "Ilmu" Pengetahuan.

"Ilmu" pengetahuan sosial.
Yakni "ilmu" pengetahuan yang membahas hubungan antara manusia sebagai mahluk sosial . Bagaimana hubungan timbal-balik antar manusia satu dengan manusia lainnya atau mahluk lain. Yang terbagi atas: Psikologi, Pendidikan, Antropologi, Etnologi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.


"Ilmu" Pengetahuan "Alam".
Yakni "ilmu" yang membahas tentang "alam" semesta , jagat raya dan seluruh isinya.  Tentang penciptaannya dan teori-teori pengetahuan yang bersifat ilmiah. Yang terbagi atas: Fisika, Kimia, dan Biologi.

"Ilmu" pengetahuan bumi dan antariksa.
Yakni "ilmu" yang membahas tentang bumi dan isinya serta antariksa yaitu ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada di dalamnya . Yang terbagi atas: Geologi dan Astronomi.

Sumber:
1. ratnawidya04.blogspot.com/2012/04/ilmu-alamiah-dasar.html
2. sennamahartika.blogspot.com/.../pengertian-ilmu-alamiah-dasar.html
3. aiiazzsecret.blog.com/.../pengertian-ilmu-alamiah-dasar-dan-bagian-bagiannya/
4. laely-widjajati.blogspot.com/.../peningkatan-wawasan-sdm-inspektorat.html
5. edowartblogspotscom.blogspot.com
6. unidentifyowner92.blogspot.com

0 komentar: