Jumat, 02 November 2012

MANFAAT/KHASIAT WORTEL"

"Apakah anda menyukai "Wortel"? Kalau tidak, Insya Allah setelah membaca artikel ini kalian akan menggemari bahkan bisa cinta mati sama "wortel"
 
 
Kenapa? karena begitu banyak "khasiat" dan "manfaat wortel" ini. Usahakan "Wortel" bisa menjadi makanan sehari-hari anda dari pada membeli snack yang lebih mahal dan lebih merusak tubuh manusia.

(Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Diantara jenis sayur lainnya, "Wortel" termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang, baik itu dewasa maupun anak – anak. Citarasanya yang manis dan teksturnya renyah, cocok sekali dijadikan hidangan yang menyehatkan. Jika anda tidak suka sayuran kesukaan kelinci ini, anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, anda banyak kehilangan "manfaat" yang diberikan "Wortel" bagi kesehatan.

Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan "manfaat wortel" ini. Dan informasi mengenai "manfaat wortel" ini didapat dalam buku-buku mereka yang telah ditulis sejak 230 tahun sebelum masehi. Tamanan "Wortel" tumbuh secara liar tersebar di kawasan kepulauan Asia Tengah, lalu bagian Asia Timur dan menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia dan yang paling pesat di Jawa Barat.
 
PERTUMBUHAN DAN JENIS "WORTEL".

"Wortel" (Daucus carota) adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan "wortel" mernbutuhkan sinar matahari dan dapat turnbuh pada semua musim. "Wortel" mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri. "Wortel" menyukai tanah yang gembur dan subur.

Menurut para botanis, "wortel" (Daucus carota) dapat dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya: "WORTEL" (Daucus carota, Linn.)
1. Jenis imperator, yakni "wortel" yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.

2. Jenis chantenang, yakni "wortel" yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis.

3. Jenis mantes, yakni "wortel" hasil kombinasi dari jenis "wortel" imperator dan chantenang. Umbi akar "wortel" berwarna khas oranye.
 
KANDUNGAN YANG ADA DALAM "WORTEL".

Biji "Wortel": mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaron, dan bisabol, meristisin yang berkhasiat memberikan efek aprodisiak.

Daun "Wortel": mengandung paspirine suatu zat yang dapat merangsang kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yang memberikan perintah untuk melepaskan hormon seks. Zat-zat yang terdapat pada "Wortel" sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga ber"khasiat" menyuburkan sistem reproduksi.

Sedangkan umbi "Wortel" kandungan nilai gizi dan kalori per 100 g bahan segar :
Kalori 42,00 kal, Protein 1,20 g, Lemak 0,30 g, Karbohidrat 9,30 g, Kalsium 39,00 mg, Fosfor 37,00 mg, Besi 0,80 mg, Natrium 32,00 mg, Serat 0,90 g, Abu 0,80 g, Vitamin A 12,000,00 si, Vitamin B-1 0,06 mg, Vitamin B-2 0,04 mg, Vitamin C 6,00 mg, Niacin 0,60 mg, Air 88,20 g. Sumber : Direktorat Gizi, Depkes RI (1981) dan Food and Nutrition Research Center Handbook No.1, Manila (1964) dalam Rahmat Rukmana (1995). Banyak sekali Bukan?
 
"KHASIAT" DAN "MANFAAT WORTEL".

"Wortel" merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang. Sedangkan "khasiat" dan "manfaat wortel" untuk tubuh kita antara lain:

1. Mampu mencegah kanker.
Dibandingkan dengan sayuran lain, "Wortel" paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU per hari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidanya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell" alami.

2. Memperbaiki sistem pencernaan
Warna kuning/oranye dari "Wortel" menunjukkan kandungan karotin. Jus "Wortel" memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus "Wortel" juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver

3. Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan
Karoten yang dikandung dalam "Wortel" juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.

4. Menurunkan kolesterol darah
Didalam "Wortel" juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga ber"manfaat" untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam "Wortel" , dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi "Wortel" secara teratur, memiliki kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih kecil, meskipun ia perokok. Hasil penelitian di Scotlandia pada tahun 1979 menunjukkan orang sehat yang makan 7 ons "Wortel" mentah setiap hari, kadar kolesterol darahnya turun sampai 11%.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan mineral yang terdapat dalam "Wortel" adalah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah. Cara mengatasi Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr "Wortel" cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air "Wortel" ini 3 kali dalam sehari.

6. Mengkonsumsi "Wortel" selama 3 minggu, dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 22%. Mengkonsumsi "Wortel" paling sedikit 5 kali seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68%. Bagi yang sudah terlanjur terkena stroke, vitamin A pada "Wortel" dapat mencegah cacat pasca stroke. Dalam 100 gram "Wortel" diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.

7. Mengatasi luka bakar:
"Wortel"  ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

8. Mengatasi nyeri haid:
250 gr "Wortel" cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

9. Mengatasi sembelit:
Ambil 2 "Wortel" yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

10. Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 "Wortel" yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.
 
11. Mencegah dan menghilangkan jerawat beserta bekasnya.
Sel-sel baru pada permukaan kulit kita akan lebih cepat tumbuh karena kandungan beta karoten yang terkandung didalam "wortel". Beta karoten juga mampu mengangkat racun dari kuman penyebab jerawat pada permukaan kulit. "Manfaat Wortel" yang satu ini mungkin yang anda butuhkan untuk merawat kecantikan anda terhadap jerawat.  

12. Mengangkat sel racun dalam tubuh.
"Wortel" memiliki kemampuan mengangkat sel racun didalam tubuh yang sering disebut sebagai detoksifikasi.

13. Sebagai obat demam pada anak.
"Manfaat wortel" lainya yaitu bisa juga dijadikan sebagai obat demam kepada anak dengan cara meramunya sebagai berikut. Cuci 200 gram "wortel" hingga bersih lalu parut dan peras untuk mengeluarkan sarinya. Kemudian rebus air tersebut sampai mendidih. Minumkan kepada anak selagi hangat.

14. Mengobati batuk.
Minumlah sehari 2 kali ramuan berikut. Bersihkan sebatang "wortel" lalu parut, tambahkan air panas beberapa sendok makan kemudian peras. Tambahkan juga sedikit gula aren dan aduk sampai rata.

Sumber:
1. asalasah.blogspot.com › Artikel 
2. www.g-excess.com › Health, Nutrisi
3. waliangers.blogspot.com/.../manfaat-dan-khasiat-wortel-bag...
4. arulin712.wordpress.com/.../khasiat-dan-manfaat-wortel-bagi-kesehat...
5. angger2.wordpress.com

0 komentar: