Jumat, 02 November 2012

"MANFAAT/KHASIAT SAYUR KANGKUNG"

"Sayur Kangkung" sering dicap sebagai penyebab kantuk dan malas. Seolah kita menyepelekannya. Padahal "sayur kangkung" punya "khasiat" dan "manfaat" yang luar biasa". 


"Kangkung" ternyata bisa digunakan sebagai obat herbal. Bisa digunakan sebagai anti racun dan dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. "Kangkung" termasuk "sayur" yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap.   

Tanaman "kangkung" berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, "sayur"an ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, "kangkung" biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach.

KANDUNGAN DALAM "KANGKUNG".

Tanaman bernama daerah "kangkueng" (Sumatera), pang pung (Nusa Tenggara), kangko Sulawesi), utangko (Maluku) ini enak rasanya dan memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Selain vitamin A, B1, dan C, juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, hentriakontan, sitosterol.

"MANFAAT" DAN "KHASIAT KANGKUNG"

Bagian tanaman "kangkung" yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan "sayur"-mayur. Sedangkan "khasiat" dan "manfaat"nya antara lain adalah:

1. "Kangkung" berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat ber"khasiat" ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, "kangkung" mempunyai kemampuan menetralkan racun di tubuh. Untuk menetralkan racun, caranya: ambil 500 gram akar, batang, dan daun "kangkung". "Kangkung" yang telah dicuci bersih itu diblender dengan segelas air, lalu diminum.

2. Menurut Dr. Setiawan, "kangkung" mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiradang (hemostatik), sedatif (obat tidur). "Kangkung" juga bersifat menyejukkan dan menenangkan. "Khasiat Sayur Kangkung" untuk mengendurkan saraf kita. Hal itu dilakukan oleh mineral seng dan selenium. Semakin kendur saraf-saraf kita maka akan semakin lelap tidur kita.

3. Mengurangi haid.
Bahan: 1/2 kg daun "kangkung" segar.
Pemakaian: Daun "kangkung" dicuci, tumbuk halus. Lalu, tuangkan air 1/2 gelas, berikutnya saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus. 

4. Mimisan.
Bahan: Seikat daun "kangkung" segar.
Pemakaian: Daun "kangkung" dicuci, tumbuk halus. Tambahkan sedikit gula, seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari. 

5. Sakit Kepala.
Bahan: Seikat daun "kangkung" segar.
Pemakaian: Daun "kangkung" segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Minum air hasil rebusan.

6. Ambeien
Bahan: Segenggam akar "kangkung".
Pemakaian: Akar "kangkung" dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum 2 x 1/2 gelas.

7. Insomnia
Bahan: Daun "kangkung".
Pemakaian: Sering-sering makan tumis "kangkung" tanpa batang.

8. Sakit gigi
Bahan: Segenggam akar "kangkung", 1/2 sendok teh cuka
Pemakaian: Rebus akar "kangkung" dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari

9. Melancarkan air seni
Bahan: Segenggam akar "kangkung".
Pemakaian: Akar "kangkung" direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

10. Ketombe
Bahan: Seikat daun "kangkung"
Pemakaian: Rendam daun "kangkung" semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari.

11. Sembelit, mual bagi ibu hamil
Bahan: Seikat daun "kangkung".
Pemakaian: Makan tumisan sayur "kangkung".

12. Gusi bengkak
Bahan: 200 gr akar "kangkung".
Pemakaian: Akar "kangkung" dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan berulang-ulang.

13. Kapalan
Bahan: Getah "kangkung".
Pemakaian: Bagian yang menebal diolesi getah "kangkung". Lakukan setiap hari.

14. Kulit gatal karena eksim
Bahan: Daun "kangkung" segar secukupnya.
Pemakaian: Daun "kangkung" dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.

15. Digigit lipan
Bahan: Daun "kangkung".
Pemakaian: Daun "kangkung" dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya.
Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.

15. "Manfaat Sayur Kangkung" untuk menjaga kestabilan penglihatan kita. Vitamin A yang terdapat pada "kangkung" sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.

16. "Manfaat Sayur Kangkung" mencegah penyakit diabetes  militus. Ekstrak pada "kangkung" telah diuji di laboratorium dan hasilnya ekstrak "kangkung" tersebut berguna sebagai anti diabetes. Hal ini dikarenakan ekstrak "kangkung" tersebut akan menghambat penyerapan kadar gula pada tubuh kita. Perbanyaklah mengkonsumsi "kangkung" bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.

17. "Khasiat Sayur Kangkung"  untuk menciptakan suasana nyaman pada otak kita. Kadar vitamin B komplek dan omega 3 pada "kangkung" sangatlah besar. Keduanya merupakan peningkat. Produksi serotin dalam otak kita. Maka dari itu, seiring meningkatnya produksi serotin akan menciptakan suasana yang nyaman pada otak kita.

18.  "Manfaat Sayur Kangkung"  untuk memberikan cadangan vitamin C pada tubuh kita. Pada umumnya "kangkung" memiliki kadar vitamin C yang lebih banyak dibanding kebanyakan buah.

Sumber:
1. rahmatmuntaha.wordpress.com/.../khasiat-dan-manfaat-sayur-kangku...
2. khasiat-alam-ku.blogspot.com/2009/.../manfaat-sayur-kangkung.htm...
3. klinikherbalxamthone.com/sayuran/khasiat-dan-manfaat-sayur-kang...
4. bumbusehat.wordpress.com/.../asal-usul-dan-manfaat-sayuran-kangk...

0 komentar: