Sabtu, 13 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT TANAMAN PARE"

"Pare" adalah Tanaman yang mempunyai nama latin Momordica Charantia L ini memang merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai rasa pahit". 


"Pare", dengan mendengar namanya saja kebanyakan orang sudah ampun-ampun, merasa takut. Bukan karena "pare" menakutkan, tapi karena rasa "pare" yang pahit sehingga membuat banyak orang tidak menyukainya. Namun ternyata di balik rasanya yang pahit itu tersimpan banyak sekali "manfaat" untuk kesehatan. 

"Pare" ini mudah ditemui dimana saja, baik di pasar tradisional sampai supermarket sekalipun, akan tetapi mungkin hanya sedikit orang yang menaruh "pare" di keranjang belanjaannya. Tanaman "Pare" ini berasal dari kawasan Asia Tropis namun tidak dapat diketahui sejak kapan tanaman "pare" ini masuk ke wilayah Indonesia. "Pare" biasanya ditanam di lahan pekarangan atau di sawah bekas padi sebagai penyelang pada musim kemarau. Tanaman "pare" termasuk dalam kategori tanaman herba menjalar yang hanya berumur satu tahun. Kandungan yang ada dalam akar "pare" adalah asam dan aleonolat momordial asam. Sedangkan biji "pare" mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. Di beberapa negara seperti Jepang, Korea dan China, selain dibuat makanan, "pare" juga digunakan untuk pengobatan.

"MANFAAT" TANAMAN "PARE"

a. Dapat merangsang nafsu makan

b. Dapat menyembuhkan penyakit kuning

c. Memperlancar pencernaan

d. Obat malaria

e. Dapat menurunkan kadar gula

f. Memperlambat virus HIV-Aids. Biji "pare" mengandung zat yang menurut professor riset dari New York, Amerika Serikat, "pare" ternyata dapat memperlambat perkembangan virus HIV-AIDS yang mematikan.

g. Dengan kandungan vitamin C 120ml/100 gram. "Pare" dapat berfungsi juga menjaga kecantikan kulit.

h. Melawan sel kanker

i. Mencegah kanker payudara. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Saint Louis di Amerika Serikat, "pare" terbukti mampu membunuh sel kanker sehingga "pare" dapat mencegah kanker payudara.

j.  "Pare" dapat menjadi obat KB alami bagi pria karena mengandung zat antifertilitas. 

k. "Pare" mampu mencegah timbulnya bintik hitam di kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari. 

l. "Pare" juga dapat mencegah munculnya kerutan di wajah sehingga membuat wajah tampak muda. 

m. "Pare" ber"manfaat" sebagai obat demam. 

n. m. "Pare" juga ber"manfaat" sebagai obat diare 

o. "Pare" juga digunakan sebagai penangkal dalam hal keracunan makanan.

p. "Pare" juga diyakini mampu mencegah penyakit liver.

Selain buah "pare", daun "pare" juga mempunyai "manfaat" yang tidak kalah dengan buahnya:

a. Dapat menyembuhkan mencret pada bayi
b. Membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan
c. Dapat menurunkan panas
d. Dapat mengeluarkan cacing kremi
e. Dapat menyembuhkan batuk

Walaupun "pare" memiliki "khasiat" yang luar biasa, sebaiknya jangan mengkonsumsi "pare" secara berlebihan, terutama bagi wanita hamil. Menurut penelitian pada sebuah percobaan terhadap tikus hamil, pemberian jus "pare" dapat menimbulkan keguguran. Sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter Anda. Menurut penelitian lainnya, tanaman "pare" dapat membuat turunnya jumlah sperma. Dengan kata lain "pare" dapat dikatakan menjadi obat KB alami bagi pria karena mengandung zat antifertilitas.

Sumber:
1. gugling.com/.../dahsyatnya-manfaat-sayur-pare-di-balik-rasa-pahit/
2. kesehatan.segiempat.com/makanan.../manfaat-dan-khasiat-sayur-pare...
3. www.berita86.com ›Kesehatan

0 komentar: