Jumat, 26 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT MENTIMUN"

"Mentimun" adalah jenis sayuran yang mudah ditemukan di pasar. "Manfaat Mentimun" sangat banyak terutama untuk kecantikan dan kesehatan kulit". 


"MANFAAT" DAN "KHASIAT MENTIMUN":

Berikut ini beberapa "manfaat Mentimun" yang sebenarnya sudah banyak yang mengetahuinya:

1. "Manfaat Mentimun" antara lain menyehatkan kulit, mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit, mengangkat sel-sel yang telah mati, dan sebagai pembersih kulit. 

2.  "Manfaat Mentimun" untuk melembapkan kulit wajah dapat dilakukan dengan menempelkan irisan "Mentimun" di kulit wajah. Selain dapat melembutkan kulit juga bisa mencegah terjadinya keriput sehingga kulit wajah tampak lebih awet muda. Inilah fungsi "Mentimun" sebagai penyegar kulit yang alami. Pakailah "Mentimun" di kulit Anda maka Anda bisa mendapatkan kulit yang terhindar dari kekeringan, bebas dari jerawat, komedo, serta mencegah penuaan dini. 

3. "Manfaat Mentimun" yang populer bagi kulit adalah dapat menghilangkan jerawat pada kulit. Jerawat seringkali menjadi masalah karena membuat wajah menjadi bernoda dan kusam. Anda bisa menggunakan irisan "Mentimun" untuk ditempelkan pada jerawat. Biarkan selama beberapa menit untuk menghilangkan jerawat. "Mentimun" terbukti memang bisa menghilangkan jerawat dengan cukup cepat dan alami pula. 

4. "Mentimun" juga dapat dibuat masker alami atau masker wajah. Untuk membuat masker wajah dari "Mentimun", caranya dengan mengupas kulit "Mentimun", iris "Mentimun"nya lalu diblender. Setelah itu tempelkan dan ratakan di wajah, biarkan hingga mengering. Cara lain adalah dengan menempelkan dan menggosokkan irisan-irisan "Mentimun" pada wajah.

5. "Mentimun" ber"manfaat" pula untuk menyegarkan, membersihkan, mengencangkan kulit wajah dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Dan berita baiknya lagi "manfaat Mentimun" ini dapat dirasakan oleh semua jenis kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu melakukan masker wajah dengan "Mentimun" secara rutin, minimal satu kali seminggu. 

6. "Manfaat Mentimun" lainnya untuk kulit adalah dapat mendinginkan kulit yang terkena air panas atau akibat luka bakar. 

7. Selain itu, "Mentimun" mampu untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat gigitan serangga.

8. "Mentimun" juga ber"manfaat" untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi/hipertensi. Ambil 2 buah "mentimun" cuci lalu peras. Minum airnya dan lakukan 2-3 kali sehari. Cara lain: ambil 200 gram "mentimun", rebus lalu saring. Minum airnya dan lakukan sehari sekali.
 
9.  "Mentimun" bisa juga untuk meluruhkan racun atau detoks.

10. "Mentimun" ber"manfaat" untuk mengatasi selulit.

11. "Mentimun" ber"manfaat" sebagai pelangsing tubuh. Kandungan kalori "mentimun" rendah dan kaya serat. Kandungan lainnya adalah asam malonat, yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan. 

12. Memperlancar buang air kecil. Caranya: campurkan 1 gelas sari "mentimun" dicampur dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis segar. Minumkan ramuan tersebut dan lakukan setiap hari dua kali.

13. Untuk mengobati typhus. Caranya: ambil 2 buah "mentimun" cuci, parut kemudian diperas. Minumkan perasan "mentimun" tersebut, dan lakukan tiga kali sehari.

14. Untuk menyembuhkan diare. Caranya: 1 buah "mentimun", cuci rebus lalu haluskan. Saring dan ambil airnya, campur sedikit madu. Minum ramuan tersebu hingga diare mampet.

15. Obat anti kangker. Saponin yang ada pada  "mentimun" ber"manfaat" sebagai anti kangker. 

16. "Mentimun" juga dapat ber"manfaat" menurunkan kolesterol. 

17 "Mentimun" juga ber"manfaat" untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

18. Obat sariawan. Makanlah "mentimun" mentah setiap hari.

19. Pengusir siput, ulat dan belatung pada tanaman. Caranya: Potong beberapa iris "mentimun". Letakkan di dalam kaleng bekas minuman. Reaksi kimia antara "mentimun" dengan kaleng akan menimbulkan bau yang mengusir hama-hama tersebut dari tanaman anda.

20. Untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Caranya:  campurkan sedikit biji "mentimun" dengan sedikit garam. Kemudian tambahkan air. Gunakan campuran itu untuk berkumur.

21. Dapat membersihkan ginjal. Caranya: "Mentimun" segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan "mentimun".

22. Dapat menyembuhkan demam. Caranya: Ambil "mentimun" secukupnya, dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.

23. Sebagai penyegar mulut. Caranya: Setelah menyikat gigi, makanlah beberapa iris buah "mentimun". Nafas Anda pun akan terasa segar.

Dan pada akhirnya, hal penting dalam mendapatkan "manfaat Mentimun" bagi kulit untuk jangka panjang adalah dengan rutin melakukan perawatan menggunakan media "Mentimun". Selamat mencoba.

Sumber:
1. pakarkulit.com/...kulit/manfaat-ketimun-bagi-kulit...
2. indonesia-liek.blogspot.com/.../manfaat-ketimun-u...
3. www.ibujempol.com/khasiat-manfaat-mentimun-ti...
4. www.bagi.me/.../manfaat-mentimun-bagi-kesehata...

0 komentar: