Minggu, 28 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT BELIMBING MANIS"

"Belimbing manis" memiliki beraneka "khasiat" dan "manfaat". Tanaman obat dan buah dengan nama ilmiah Averrhoa carambola ini dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter". 



Buah "Belimbing manis" memang termasuk buah yang paling banyak dijumpai , mulai dari pasar tradisional sampai pasar swalayan yang mewah. Memang buah  "Belimbing manis" ini punya banyak penggemar, karena buah yang konon berasal dari Malaysia ini rasanya rame banget, ada asem, manis serta sedikit sepat sehingga bikin siapa saja yang mencicipi jadi penasaran . Umumnya buah "Belimbing manis" ini di"manfaat"kan sebagai campuran rujak , jus atau dimakan langsung, padahal "manfaat"nya banyak banget untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.

"Belimbing manis" merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari kawasan Malaysia, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yang beriklim tropis lainnya di dunia termasuk Indonesia.

"Belimbing manis" atau Averrhoa Carambola bentuknya besar, kurang lebih sekepal tangan orang dewasa. Memiliki bentuk yang bergelombang mirip bintang dan bewarna kuning kehijauan . Tak heran banyak orang menyabutnya sebagai Star Fruits ( Buah Bintang ). Rasanya beraneka ragam , bila sudah masak, rasanya akan menjadi "manis" dengan sedikit rasa masam.

Batang "Belimbing manis" sebenarnya tidaklah terlalu besar. Warnanya cokelat muda dan memiliki benjolan. Daun "Belimbing manis" merupakan daun majemuk. Bentuk daun kurang lebih seperti bulat telur. Bunga "Belimbing manis" bentuknya bintang dengan ukuran kecil. Buahnya berbentuk lonjong bersegi.
 
"MANFAAT" DAN "KHASIAT BELIMBING MANIS":
 
Apa saja "khasiat belimbing manis"? "Belimbing manis" ternyata punya segudang "khasiat" jitu. Berikut ini beberapa "khasiat" "Belimbing manis" antara lain:

1. Membantu melancarkan pencernaan karena "Belimbing manis" kaya akan serat alami.

2. Mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh kita karena "Belimbing manis" memiliki kandungan pektin yang mampu menghancurkan kolesterol sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol kita.

3. Mencegah hepatitis dan pengerasan hati.

4. Menghilangkan dehidrasi karena "Belimbing manis" kaya akan air alami.

5. Dapat digunakan sebagai obat kanker.

6. "Belimbing manis" ber"khasiat" untuk meredakan rasa sakit, mengatasi radang, serta mengurangi dampak negatif diabetes.
 
7. Daun  "Belimbing manis" dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

8. Daun "Belimbing manis" juga dapat ber"khasiat" untuk mengobati rematik.

9. Daun "Belimbing manis" dapat digunakan juga untuk mengobati sakit gondongan.
 
10. Buah dan bunga "Belimbing manis" juga ber"khasiat" untuk mengatasi batuk rejan. 
 
11. Buah dan bunga "Belimbing manis" bisa juga untuk mengobati sariawan. 
 
12. Buah "Belimbing manis" ber"khasiat" juga unuk mengobati gusi berdarah. 
 
13. Buah "Belimbing manis" bisa juga untuk mengobati jerawat. 
 
14. Gigi berlubang juga dapat diobati dengan buah "Belimbing manis"
 
15. Dan sudah terkenal pula bahwa buah "Belimbing manis" untuk menurunkan tekanan darah.
 
16. Kandungan vitamin A dan C yang dikandung oleh buah "Belimbing manis" merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas. 
 
17. Disamping itu buah "Belimbing manis" juga ber"khasiat" meningkatkan daya tahan tubuh.
 
18. Pektin yang dikandung dalam buah "Belimbing manis" mampu mengatasi  asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya.
 
19. Buah "Belimbing manis" merupakan buah favorit bagi para pediet yang ingin tetep langsing. 
 
20.  Jus Buah "Belimbing manis" juga ber"khasiat" sebagai penyegar tubuh.

Itulah tadi beberapa "manfaat" dan "khasiat Belimbing manis" yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Ternyata "manfaat"nya sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba......

Sumber:
1. kitabherba.blogspot.com/.../khasiat-belimbing-manis.html
2. gina-harum.blogspot.com/2009/05/khasiat-buah-belimbing.html
3. sekedarwawasan.blogspot.com › Kesehatan 
4. agengamat.obat-alami.net/artikel/manfaat-buah-belimbing.

0 komentar: