Jumat, 26 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT TOMAT"

"Tomat", adalah tanaman yang paling mudah dijumpai. Warnanya yang cerah sungguh menarik. Selain kaya vitamin C dan A, "tomat" konon dapat mengobati bermacam penyakit".

Tomat, semakin merah semakin banyak khasiatnya.

Selain rasanya yang enak untuk jus seperti mangga tapi juga memiliki "khasiat" yang sangat luar biasa seperti yang didapatkan dalam "manfaat" daun pepaya. Nah untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas seberapa besar "manfaat" yang bisa diberikan "tomat" untuk tubuh kita sebagai manusia baik itu untuk kecantikan ataupun kesehatan.

"MANFAAT" DAN "KHASIAT" "TOMAT":

Untuk mendapat "khasiat"nya, terutama untuk orang dewasa, menurut Dr. Leane Suniar Manurung, M.Sc, "tomat" sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Melihat khasiat "tomat" begitu banyak, maka "tomat" baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. Ada juga yang ngomong kalau buah "tomat" memiliki "khasiat"  yang luar biasa untuk wajah? Apakah itu benar? Berikut ini adalah berbagai "manfaat" dari "tomat".

1. Menghaluskan Wajah.
Anda cukup meletakkan air jus "tomat" pada wajah. Sementara itu, untuk mencerahkan kulit, gunakan satu buah "tomat" yang telah dihancurkan.

2. Mengobati Jerawat.
Rebus "tomat", lalu potong-potong. Gosokkan potongan "tomat" pada bagian yang berjerawat. Diamkan sepuluh menit, bilas wajah dengan air. Lakukan rutin sampai jerawat hilang.

3. Mengurangi Komedo.
"Tomat" juga berguna untuk mengurangi komedo. Caranya, haluskan "tomat" dan campur dengan madu. Sebarkan campuran pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Tidak seperti sayuran lainnya, "manfaat tomat" tidak berkurang ketika dimasak. Sebaliknya, malah disarankan agar "tomat" diolah terlebih dahulu. Zat yang terkandung dalam "tomat" ber"manfaat" untuk menghancurkan radikal bebas ketika dimasak.

4. Mencegah Kanker.
Likopen yang terkandung dalam "tomat" juga akan lebih bekerja setelah diproses. Likopen ber"manfaat" untuk mencegah kerusakan sel yang memicu kanker rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. 

5. Menurut penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti "manfaat tomat", pada November 1834, menunjukkan bahwa "tomat" dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.

6. Peneliti dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan "manfaat tomat" lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji "tomat" dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

7. Rasa asam pada "tomat" berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan "tomat" terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan.
8. Menurut Dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, M.Sc, "tomat" mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi, sehingga ber"manfaat" untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).

10. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

11. Mengatasi kegemukan.

12. Meningkatkan jumlah sperma pada pria.

13. Rasa asam pada "tomat" sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit.

Tapi "tomat" seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat di pasaran, kita bisa menemukan "tomat" dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Menurut Leane, "tomat" yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. "Tomat" berwarna merah mengandung vitmin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan "tomat" hijau. Semakin matang "tomat", semakin kaya kandungan vitaminnya. “Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan "tomat" merah. Ini penting untuk kesehatan matanya,” ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil "tomat". Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan "tomat" yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Dalam pigmen warna merah pada "tomat", mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada "tomat" lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antiaksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. “Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada "tomat", tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada "tomat".” terang Leane.
Jadi sudah tahukan betapa besarnya "manfaat" yang kita dapat dengan mengkonsumsi "tomat". Selain mendapatkan rasa yang enak dan maknyus dari "tomat", kita juga bersamaan mendapatkan "khasiat" yang luar biasa untuk wajah dan kulit kita sehingga kecantikan tubuh kita semakin terjaga. Belum lagi untuk kesehatan yang dapat mencegah berbagai kanker. Jadi tunggu apa lagi konsumsilah buah "tomat" sekarang juga. Rasakan dan syukurilah  semua yang dikaruniakan Allah untuk kita!

Sumber:
1. blogbintang.com › kesehatan
2. blog.iwanudin.com › Copy-Paste
3. forum.kompas.com › HOBI & LIFESTYLEKesehatanAlternatif 

0 komentar: