Jumat, 05 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT BUNGA SAKURA"

"Sakura" dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur". 
 
 
Bagi orang Jepang, "sakura" merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antar manusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. "Sakura" juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.
Pohon "sakura" adalah salah satu pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus sejenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot, tetapi secara umum "sakura" digolongkan dalam subgenus "sakura". Asal-usul kata "sakura" adalah kata "saku" (bahasa Jepang untuk "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, "bunga sakura" disebut cherry blossoms.
Warna "bunga" tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala.

"Bunga" digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:

* "bunga" tunggal dengan daun mahkota selapis
* "bunga" ganda dengan daun mahkota berlapis
* "bunga" semi ganda
Pohon "sakura" ber"bunga" setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup "bunga sakura" jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan "bunga"nya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.
Di Jepang, mekarnya "sakura" jenis someiyoshino dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.
Setiap tahunnya pengamat "sakura" mengeluarkan peta pergerakan mekarnya "bunga sakura" someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut "sakura"zensen. Dengan menggunakan peta "sakura"zensen dapat diketahui lokasi "bunga sakura" yang sedang mekar pada saat tertentu.
Berikut ini beberapa "manfaat" "sakura":

1. Daun dan "bunga sakura" yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) di"manfaat"kan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum.
 
2. "Sakura" mochi adalah kue moci yang dibungkus daun "sakura"
 
3. "Bunga sakura" dapat dijadikan bahan pewangi es krim dan kue kering rasa "bunga sakura"
 
4. "Bunga sakura" dapat dibuat menjadi Teh "bunga sakura" umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. 
 
5. Ranting dan kuncup "bunga sakura" juga digunakan sebagai bahan pewarna alami.
 
6. "Bunga Sakura" dapat diolah menjadi body lotion yang sangat menyegarkan, menenangkan, menghaluskan dan melembutkan kulit dengan sentuhan selembut sutra yang memanjakan. Diperkaya dengan ekstrak "Bunga Sakura", memberikan kelembaban setiap hari dan mencerahkan untuk kulit tampak lebih bercahaya, lebih kencang dan lebih berseri-seri.
 
7. Cherry Blossom Lotion "bunga sakura" Jepang, dengan kandungan extrak "bunga sakura" yang berasal dari Jepang, mampu menjadikan kulit Anda lebih putih dan cerah alami, lebih sehat dan bersinar. Mengembalikan kulit rusak dan kusam menjadi lebih sehat dan meratakanm warna kulit yang belang. Menghaluskan, melembutkan, mengencangkan, dan mengenyalkan kulit
 
8. "Bunga sakura" Jepang dapat dimanfaatkan sebagai scrub dan formula shower dengan butiran jojoba yang lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit yang mati, menyamarkan permukaan kulit yang gelap, membersihkan kotoran dan sebum (minyak berlebih pada kulit). Menghasilkan kulit yang putih cerah bersinar, segar, halus, dan mulus secara menyeluruh yang siap untuk menyerap manfaat keindahan dari ekstrak Cherry Blossom "bunga sakura" Jepang.
 
9. "Bunga sakura" dapat diolah menjadi Krim mandi (shower creame).  Krim mandi dengan PH seimbang dengan busa melimpah dari extrak "bunga sakura" Jepang berfungsi membersihkan, melembutkan, mencerahkan. melembabkan kulit setiap habis mandi, tanpa mengikis dan mengiritasi kulit.
 
Sumber:
1. www.dalimunthe.com/.../indahnya-bunga-sakura.h...
2. dianovaanwar.blogspot.com/.../serba-bun...
3. forum.detik.com › Bursa Jual Belibursa: lain-lain

0 komentar: