Kamis, 04 Oktober 2012

"MANFAAT/KHASIAT BUNGA KENANGA"

"Kenanga" ("Cananga" odorata) adalah nama bagi sejenis "bunga" dan pohon yang menghasilkan "Bunga Kenanga".

Ada dua forma "kenanga", yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai "kenanga" biasa, dan genuina, dikenal sebagai "kenanga" Filipina atau ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula "kenanga" perdu ("Cananga" odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

"Cananga" odorata fa. macrophylla tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. Batang pohon "kenanga" lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. "Bunga"nya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, "cananga" oil yang wangi.
Ylang-ylang juga berupa pohon, tetapi tidak setinggi pohon "kenanga" biasa. "Kenanga" perdu yang biasa ditanam di halaman rumah, hanya bisa tumbuh paling tinggi tiga meter.

"Kenanga" biasa merupakan tumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang tumbuhan asli Filipina. "Kenanga" lazim pula ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Di Indonesia, "bunga kenanga" banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan.

"Bunga Kenanga" ini mengandung asam bensoat, farnesol, geraniol, linalool, bensin asetat, eugenol, sadrol, kadinen, dan pinen. Kandungan minyaknya cukup tinggi namun mudah sekali menguap.

Sedangkan "Manfaat" dan "Khasiat" "Bunga Kenanga" antara lain untuk:

1. Malaria dan Asma
Ambil 3 (tiga) kuntum "bunga kenanga" yang sudah dikeringkan. Diseduh dengan 1 gelas air panas dan ditutup rapat. Kemudian disaring dan diminum secara teratur.

2. Sesak Nafas
Segenggam "bunga kenanga" dan 1 sendok gula pasir. Kemudian direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal gelas. Kemudian disaring dan diminum; dilakukan secara rutin pagi-sore.
Untuk mengobati sesak napas dan asma, juga bisa dengan cara: ambil 15 gram "bunga kenanga", 15 gram kulit semangka kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan diminum selagi dingin. Lakukan secara teratur. 
Juga bisa dengan ramuan 15-30 gram "bunga kenanga" dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc tambahkan + sendok teh gula pasir, disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

3. Bronkhitis
Ambil 2 kuntum "bunga kenanga". Kemudian direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal gelas. Stelah itu disaring dan diminum; dilakukan secara rutin pagi-sore.

4. Jamu Sehat Setelah Melahirkan
Ambillah "bunga kenanga" yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Kemudian semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas. Serelah itu disaring dan diminum.

5. "Bunga Kenanga" lazim digunakan untuk bahan ‘ngadi salira’ (perawatan tubuh)di kalangan keluarga bangsaawan. Caranya "bunga" atau minyak "kenanga" itu dijadikan sebagai bahan untuk luluran sihingga akan menghasilkan kulit dan wajah yang lembut. Penggunaan wewangian dengan aroma "kenanga" sendiri menunjukkan kelembutan bagi yang pemakainya.

6. Minyak "kenanga" juga sangat baik untuk terapi aroma (aromatheraphy). Ia akan mengatur aliran kelenjar andrenalin dalam sistim syaraf sehingga menimbulkan perasaan senang, tenang, menghilangkan rasa gelisah, marah, dan panik.

7. Untuk kosmetika, bagian tanaman yang banyak digunakan adalah ekstrak dari "bunga"nya yang berwarna kuning kecoklatan. Bila digunakan dalam sabun akan mempunyai efek penyeimbangan untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Di samping itu minyaknya dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sedang untuk urusan kecantikan, minyak "kenanga" dipakai dalam campuran masker dan lulur. "Bunga kenanga" hanya menghasilkan minyak atsiri yang baik untuk bahan pembuat parfum.

8. Pada sebagian masyarakat Jawa, "kenanga" sering dipakai dalam ritual bersama melati, mawar dan "bunga" lainnya direndam dalam air yang berasal dari 7 sumur. Air rendaman itu bisa disebut ‘Air "Bunga" Setaman’.

9. Menghilangkan Bau Badan. Ambil 3-5 "bunga kenanga", cuci bersih. Kemudian rebuslah dengan 4 gelas air sampai mendidih, tambahkan sedikit dula batu (sebesar kuku orang dewasa). Saring dan minum airnya.
Mencegah dan mengatasi bau badan juga bisa dengan menggunakan 15 gram "bunga kenanga", gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

10. Mengobati luka.Cuci bersih 50 gram "bunga kenanga" dan tumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa yang sudah dipanaskan sebentar. Setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.  

11. Mengatasi rematik encok dengan menggunakan 10-15 gram "bunga kenanga" yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

12. Mengobati demam nipas dengan memakai 5 kuntum "bunga kenanga", 5 kuntum "bunga" turi merah, 10 gram kencur, 10 gram kunyit, 10 gram temu hitam, 25 gram asam. Semua bahan diatas ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya, kemudian digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan 2 kali sehari.

13. Untuk kudis gunakan 50 gram "bunga kenanga" dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa dipanaskan sebentar, setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.

14. Mengobati gigitan serangga dengan menggunakan 2-5 kuntum "bunga kenanga", 1 kuntum "bunga" mawar, 10 kuntum "bunga" melati dihaluskan tambahkan 1 sendok minyak kelapa kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

15. Mencegah dan mengatasi hepatitis, ambil 3 gram "bunga kenanga", 20 gram temu lawak, 15 gram bangle direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin lalu disaring dan airnya diminum.

16. Mengatasi keputihan dengan menggunakan 30 gram "kenanga", 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum bila airnya sudah dingin. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 150 cc.

17. Obati radang saluran napas dengan menggunakan 10-15 gram "bunga kenanga", 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring dan diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

18. Mengurangi rasa gatal ditenggorokan dan batuk dengan menggunakan 15 gram "bunga kenanga", 15 gram kulit jeruk mandarin kering, 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

19. Ringankan sakit kepala dengan 15 gram "bunga kenanga", 15 gram jahe diiris-iris kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.

20. Mengatasi perasaan gelisah, ambil 15 gram "bunga kenanga", 30 gram kim cim direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat dan kim simnya dimakan.

21. Untuk mengobati radang saluran kencing, gunakan 10-20 gram "bunga kenanga", 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, 30 gram daun sendok segar, dicuci bersih dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 250 cc.(prof hembing/suarakarya) 

Sumber:
1. ente.blogdetik.com/.../manfaat...bunga-kenanga/co...
2. khasiatbuah.com/bunga-kenanga.htm
3. cozyeslife.blogspot.com/.../mengapa-harus-bunga-...
4. dai21juli.blogspot.com/.../manfaat-bunga-kenanga...

0 komentar: