Jumat, 05 Oktober 2012

"KHASIAT/MANFAAT BUNGA BUGENVIL"

"Setiap pencinta "bunga" pasti mengenal "bugenvil". Tanaman tropis asal negara Brazil ini terkenal sebagai tanaman hias yang memikat mata". 

"Bugenvil" yang nama Latinnya "Bougainvillea" glabra ini memiliki banyak varietas yang menampilkan "bunga" beraneka warna, seperti merah muda, merah tua, putih, ungu, atau kuning. Kuntum "bunga bugenvil" terdiri dari lembaran kelopak "bunga". Ketika mengering kelopak "bunga bugenvil" menyerupai helaian kertas coklat yang tipis. Karenanya di daerah Melayu "bugenvil" disebut juga "bunga" atau kembang kertas. Kalaupun ada orang tidak suka menanam "bugenvil", itu lebih karena daun dan kuntum "bunga bugenvil" mudah rontok. Jika ditiup angin menimbulkan tebaran sampah di mana-mana. Selain itu, tanaman perdu ini memiliki akar yang kuat.

"Bugenvil" merupakan tanaman berduri yang dapat tumbuh di ketinggian 1-1400 meter di atas permukaan laut. Terlepas dari keelokan warna-warni "bunga" dan bayangan mitos yang menyelimutinya, "bugenvil" sebetulnya patut ditanam di pekarangan. Daun, "bunga", akar dan kulit batang "bugenvil" mengandung saponin dan polifenol. "Bugenvil" tidak hanya dapat menjadi tanaman hias, tapi juga dapat berguna sebagai obat. misalnya:

1. "Bugenvil" dapat di"manfaat"kan sebagai obat hepatitis alami. Sediakan batang "bugenvil" yang sudah dikeringkan. Cuci bersih, lalu rebus, saring, kemudian  minum  airnya  selagi  hangat

2. Bagian kuntum "bunga bugenvil" juga ber"khasiat" sebagai obat penyakit bisul, Ambil "bunga bugenvil" dan daun cocor bebek secukupnya, cuci lalu haluskan.Tempelkan  pada  kulit  yang  sakit.

3.  "Bunga bugenvil" juga berkhasiat sebagai obat keputihan. Caranya: Sediakan 15 gram "bunga bugenvil". Setelah dicuci, rebus dengan air. Saring lalu minum  airnya.

4.  "Bunga bugenvil" juga berkhasiat untuk mengobati haid tidak teratur. Caranya: Sediakan 9-15 gram "bunga bugenvil". Rebus bahan dengan air. Saring, lalu minum airnya.

5. "Bunga bugenvil" dapat ber"khasiat" sebagai penyegar badan. Caranya: dipakai + 10 gram "bunga Bougainvillea" glabra, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum dua kali pagi dan sore sama banyak. 
 
penyakit yang dapat diobati : Disentri , Kencing Nanah , Bisul , Sakit pada putting susu

cara pemakaian : untuk bagian luar , giling tanaman sampai halus san segera dibubuhkan pada bagian yang sakit, seperti pada bisul atau sakit pada putting susu. sedangkan untuk pemakain dalam , seluruh bagaian tanaman dapat direbus dan airnya diminum , secukupnya bisa 3 kali sehari . 
 
Sumber:
1. id.scribd.com/doc/16954985/Bugenvil-Berguna-Sebagai-Obat
2. tanamanobat.org/184/bugenvil/
3. clubbing.kapanlagi.com/threads/7085-Manfaat-bunga-kertas

0 komentar: