Jumat, 06 Januari 2012

"Tips Kunjungan Ke Luar Negeri"

"Ingin "kunjungan" bisnis anda ke "Luar Negeri" berakhir dengan happy ending? Jangan lupakan delapan tips berikut ini!"


Jangan tinggalkan tanah air, sebelum anda membaca tips di bawah ini:

1. Siapkan semua dokumen perjalanan yang diperlukan. "Meskipun anda punya sekretaris atau petugas dari kantor yang mengurus, tidak ada salahnya anda cek ulang. Jika tidak, anda sendiri yang akan tertimpa kesulitan," saran Gina Luntungan.

2. Tahu etika internasional. "Setidaknya, pelajari beberapa etika atau kebudayaan yang berlaku di negara yang di"kunjung"i," saran Lea Judipranata.

3. Jika anda harus bertemu dengan klien penting, lakukan persiapan tubuh sebaik-baiknya. "Lakukan manikur dan pedikur sebelum berangkat," kata Daisy Musin. Dijamin anda makin percaya diri.

4. Packing seringan mungkin. "Setelah selesai meliput di "Luar Negeri", biasanya saya selalu membawa pulang banyak bahan liputan dan oleh-oleh. Daripada kopor beranak membuat repot, lebih baik anda membawa barang secukupnya saja dari tanah air," kata Atika W Moedjiono.
5. Kurang tidur membuat mata anda dibayangi lingkaran hitam." kata Marybeth Bond, penulis 8 Business Travel Tips for Smart Women. Agar tidur nyenyak selama di perjalanan, bawa perlengkapan tidur seperti bantal kecil dan penutup mata.
6. Pelajari jadwal acara baik-baik agar anda tak salah kostum. "Bawa baju yang sesuai dengan masing-masing acara," tutur Daisy Musin.

7. Jangan lupa catat nomor telepon penting untuk darurat. "Catat juga alamat dan nomor telepon KBRI setempat. Informasikan KBRI mengenai keberadaan anda di negara tersebut," tambah Gina. Sangat penting jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa emergency!

8. Usahakan selalu berkomunikasi dengan keluarga. "Bisa dengan e-mail, telepon hingga berkirim sms," kata Atika W Moedjiono. Apalagi bagi yang berkeluarga, berita dari anda selalu mereka nantikan:

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi Desember 2002).

0 komentar: