Jumat, 27 Januari 2012

"Mengatasi Rambut Beruban"

"Rambut" ber"uban" disebabkan berbagai macam, antara lain seringnya anda berganti-berganti kosmetika untuk "rambut", berlebihan dalam pemakaian kosmetika "rambut" atau dapat juga karena faktor psikologis (stres)."


Penyebab lainnya dapat juga karena faktor keturunan. Untuk mencegah dan menghambat tumbuhnya "uban" antara lain:

Resep Pertama:

1. Sebelum cuci "rambut" berilah minyak cem-ceman secara merata pada kulit kepala sampai "rambut" menjadi lunak. Lakukanlah pijatan ringan, setelah itu diamkan semalam (apabila cuci "rambut" esok pagi harinya) atau biarkan setengah jam (apabila cuci "rambut" pada sore hari). Kemudian cucilah "rambut" seperti biasa. Setelah itu berilah minyak urang aring yang mempunyai khasiat menghitamkan dan menyuburkan "rambut" serta mencegah terjadinya "uban" sebelum waktunya.

2. Cucilah "rambut" sedikitnya dua kali seminggu dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis "rambut" atau menggunakan shampo urang-aring.
3. Lakukanlah creambath dengan menggunakan cream akar wangi setiap seminggu sekali karena dengan melakukan creambath menggunakan cream akar wangi akan semakin menguatkan dan menyuburkan "rambut" dan sekaligus menghindari kerontokan "rambut".

Resep Kedua:

1. Ambil beberapa helai daun rambutan yang masih hijau, remas-remas dengan air.

2. Setelah itu anda cuci "rambut" dengan daun rambutan yang diremas-remas tadi.

3. Bersihkan "rambut" anda selesai cuci "rambut".

4. Lakukan dua kali seminggu, niscaya "rambut" anda terhindar dari "uban" berlebihan.

Referensi:
1. Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor Milenium 2018, 7 s/d 21 September 2000.
2. Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor 2039. 5 s/d. 19 Juli 2001.

0 komentar: