Jumat, 27 Januari 2012

"Antioksidan Sumber Awet Muda"

"Antioksidan" adalah kumpulan mineral dan vitamin-vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, beta-karotin (vitamin A) dan kandungan sejenis mangan, selenium, tembaga, bioflavonoids, zinc, coenzyme dan zat nutrisi lainnya."


Menurut banyak pakar, khasiat "Antioksidan" sangat efektif dalam memperlambat proses penuaan, sekaligus melindungi dan menangkal singgahnya berbagai penyakit. Untuk kecantikan, "Antioksidan" adalah sumber "awet muda".

Sumber "Antioksidan" sebenarnya tidak terlalu sulit anda dapatkan. Dari makanan sehari-hari kebutuhan "Antioksidan" dapat terpenuhi. "Antioksidan" ini akan menetralisir, bahkan melawan serangan radikal bebas yang merusakkan sel-sel kulit.

Anda ingin "awet muda"? Mulai sekarang, perangi si radikal bebas. Hindari stres, jaga diri dari bahaya polusi dan berhenti merokok. Kalau tidak, radikal bebas akan leluasa berkibar dan sel-sel kulit akan merana.

Sekarang tersedia suplemen atau pil "Antioksidan" yang bekerja dengan sistem mengisolasikan molekul-molekul tubuh yang tidak stabil, melindungi terjadinya kerusakan sel, khususnya pada membran dan pusat energi sel. Namun, cara yang terbaik adalah memperoleh "Antioksidan" melalui makanan yang dikonsumsi.

Disarankan, banyak makan buah bervitamin C, seperti stroberi, mangga dan jeruk. Atau, anda suka sayuran? pilih jenis sayur berdaun hijau, seperti asparagus, bayam, tomat dan brokoli. Untuk beta-karoten, salah satu bentukan dari vitamin A, terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning, umpamanya wortel, seledri, tomat, semangka, buah ceri dan asparagus.
Sedangkan vitamin E, "Antioksidan" yang amat ampuh mencegah kulit berkerut, terdapat pada sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, peterseli serta kecambah. Juga dalam buah-buahan seperti mangga, alpukat, bluberry, dan tomat, serta mentega dan minyak zaitun.

Harus diingat, tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin, maka anda harus setiap hari mengkonsumsi panganan-panganan itu. Asupan sumber "Antioksidan" tunggal, misalnya vitamin C saja, cukuplah memadai untuk menghambat gangguan radikal bebas. Tapi, lebih baik lagi jika anda mengkombinasikan beberapa sumber "Antioksidan", supaya khasiatnya saling melengkapi.

(Sumber: Majalah Wanita Kartini, edisi Nomor Milenium 2018, 7 s/d 21 September 2000).

0 komentar: