Sabtu, 07 Januari 2012

"Hormon Melatonin Pemicu Tidur Nyenyak"

"Melatonin" adalah "hormon" natural yang diproduksi tubuh untuk mengembalikan jam "tidur" biologis Anda."

"Tidur" adalah salah satu aktivitas hidup yang menyenangkan dan selalu dinanti-nantikan. Di zaman serba sibuk sekarang ini, "tidur" delapan jam semalam bisa dikatakan sesuatu yang langka. Namun sebenarnya perlukah kita "tidur" selama itu untuk mendapat kualitas "tidur" yang baik? Ada orang yang cukup "tidur" tiga jam semalam. Karena masalahnya bukan berapa lama, namun seberapa bagus kualitas "tidur" itu.


Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas "tidur" yang bagus adalah dengan cara memaksimalkan "hormon melatonin". "Hormon melatonin" ini berfungsi untuk pemicu rasa kantuk. Tubuh pasti mengeluarkan "hormon melatonin", kadarya selama 20 menit bisa dari nol sampai batas maksimum, papar Dr. Stanley.

Untuk memicu produksi "hormon melatonin", perlu lingkungan yang tepat, jelas ahli terapi Lilias Curtin. Pastikan saat "tidur", kamar berada dalam keadaan gelap total. Tidak boleh ada secercah sinar pun masuk lewat celah pintu atau dari lampu alarm radio. Kelenjar pineal yang memproduksi "hormon melatonin" tidak dapat bekerja maksimal jika tidak gelap total. Jauhkan semua peralatan elektronik dari kamar "tidur", karena dapat merangsang aktivitas otak dan mengganggu kualitas "tidur".

Referensi:
1. www.sportindo.com/products/melatonin.
2. Majalah Cosmopolitan, edisi Agustus 2002. 

0 komentar: