Sabtu, 21 Januari 2012

"Etika Buka Tutup Pintu"

"Etika anda memang paling diuji saat berhadapan dengan orang lain. Tampilkan kesan yang baik saat anda berada di tempat umum, terutama pada saat melewati "pintu" umum yang "buka tutup".


Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menjaga etika:

1. Berjalanlah di sebelah kanan saat berada di lorong atau tangga. Jalanlah perlahan apabila mendekati belokan, untuk mencegah supaya anda tidak bertabrakan dengan orang yang berjalan dari arah berlawanan.

2. Apabila sedang berjalan bersama-sama orang lain dan akan masuk atau keluar "pintu", segera "buka pintu" lalu lewati. Lebih baik lagi jika anda juga bersedia memegang "pintu"  untuk orang yang berada tepat di belakang anda.

3. Apabila memasuki "pintu" berputar, segera masuk dan tunggu sampai semua rekan sudah masuk, baru melanjutkan berjalan.

4. Sebelum memasuki lift, beri kesempatan untuk orang yang keluar lebih dahulu. Setelah itu baru anda masuk.

5. Apabila anda jadi orang yang terdekat dari control panel dalam lift, tanya dan bantulah orang lain untuk menekan tombol ke lantai tujuan mereka.

6. Tekan tombol open sampai semua orang sudah masuk atau keluar lift dengan baik.

7. Kalau anda melihat orang berlari mengejar lift, berbaik hatilah untuk menjaga "pintu" tetap ter"buka" dan ia tidak ketinggalan.
8. Apabila anda yang mengemudi, jangan lupa "buka"kan "pintu" penumpang sebelum anda masuk. Terlihat kurang sopan kalau anda membiarkan orang menunggu di luar sampai anda mem"buka pintu".

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi Juli 2002).

0 komentar: