Sabtu, 21 Januari 2012

"Buang Kebiasaan Tidak Sehat"

"Selain "kebiasaan" yang menguntungkan, ada juga "kebiasaan" yang merugikan dan mengganggu ke"sehat"an."


Ada beberapa "kebiasaan" tidak "sehat"  yang harus anda buang, antara lain:

1. "Kebiasaan" membaca buku di tempat yang penerangannya kurang memadai.
Kita sering mengabaikan "kebiasaan" buruk ini. Apalagi kalau sedang seru membaca novel. Selama huruf-huruf di buku masih terbaca, kita terus saja membaca. Kalau didiamkan terus, "kebiasaan" ini dapat merusak mata. Pasalnya, mata terpaksa bekerja di luar kemampuannya.

2."Kebiasaan" nonton TV terlalu dekat.
Cahaya terang yang keluar dari pesawat televisi, apabila terlalu dekat dapat merusak mata. Lama-kelamaan membuat syaraf-syaraf mata melemah sehingga kemampuan penglihatan pun mengendur.

3. "Kebiasaan" tidak mencuci tangan sebelum makan.
Akibatnya kuman yang menempel di tangan atau kuku akan masuk lewat mulut. Andapun akan mengalami infeksi perut. Oleh karena itu, sesibuk apapun, usahakan cuci tangan dulu sebelum makan.

4. "Kebiasaan"  menggigit-gigit kuku.
Memang asyik melakukannya, apalagi saat stres. Tapi kalau "kebiasaan"  ini dibiarkan terus, bentuk kuku jadi tidak karuan dan kuman akan masuk lewat mulut.

5. "Kebiasaan" makan tidak tepat waktu.
Sekali dua kali "kebiasaan" ini  efeknya tidak fatal. Paling-paling masuk angin. Untuk jangka panjang, "kebiasaan" ini dapat merusak lambung. Masalahnya lambung yang bekerja terlalu lama dalam keadaan kosong akan terluka.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi Juli 2002).

0 komentar: