Minggu, 01 Januari 2012

"Electronic Banking"

"Sebenarnya "Electronic Banking" ini bukan barang baru. Namun, masih sedikit orang yang menggunakan fasilitas ini."


Supaya anda tidak gagap informasi, anda dapat baca tulisan berikut ini.

"Electronic Banking"   adalah layanan per"bank"an yang dilakukan secara "elektronik" melalui PC atau notebook dan telepon. Ini merupakan salah satu fasilitas "bank" yang cukup inovatif. Anda dapat mengakses data keuangan jauh lebih mudah dimana dan kapan saja. Layanan yang disediakan "Electronic Banking" ini antara lain, account statement reporting, transfer/remitance, penempatan time deposit (seposito), cheque book request.

Media yang digunakan dibedakan menjadi 2: internet dan non-internet based. Dalam non-internet based (dial-up), anda harus mengakses ke server "bank" melalui jaringan telepon yang sudah disediakan.
Kendala terbesar "Electronic Banking" adalah masalah security. "Bank" yang mempunyai fasilitas "Electronic Banking" menjamin keamanan nasabahnya. Penggunaan teknologi security yang canggih dilakukan oleh "Bank" untuk mencegah fraud atau penipuan. Tersedia pula automatic log-off. Gunanya: apabila customer lupa memutuskan hubungan komunikasi dalam beberapa menit sambungan otomatis terputus. Kendala yang lain yang dihadapi di Indonesia adalah infrastruktur komunikasi yang belum memadai. Seperti koneksi ke jaringan internet yang seringkali sangat lambat. Dan jika menggunakan non-internet based hubungan ke jaringan telepon yang tersedia juga seringkali terganggu.

(Sumber: Majalah Cosmopolitan, edisi Agustus 2003). 



0 komentar: