Rabu, 09 September 2009

"09 - 09 - '09"

"Ada apa dengan "angka" "09 - 09 - '09" ? "Angka" itu berarti bertepatan dengan tanggal "09" bulan "09" (September) tahun 200"9".



Banyak orang menafsirkan "angka 9". Ada yang menganggap bahwa "angka 9" adalah "angka" keberuntungan, yang akan mendatangkan kebaikan-kebaikan dalam hidup ini. "Angka" "09-09-'09", ada triple "angka 9", yang berarti keuntungannya berlipat tiga.



Namun yang jelas "angka 9", adalah "angka" yang tertinggi dari "angka"-"angka" yang lain (0, 1, 2 s/d 8). Allah-pun mempunyai Nama-nama yang bagus (Asmaa'ul khusna) sejumlah "99". Nama-nama itu bukan hanya sekedar nama, tetapi nama-nama yang bagus yang sesuai dengan sifat-sifat Allah, seperti yang difirmankan dalam Surat Al-A'raf Ayat 180 : "Allah mempunyai asma'ul khusna (nama-nama yang agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma'ul khusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."


Adapun jumlah nama-nama yang baik (Asma'ul khusna) itu ada "99 nama". Imam Bukhory, Muslim dan Tirmidzi meriwayatkan Hadits dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW pun bersabda : "Sesungguhnya Allah mempunyai "99 nama", yaitu seratus kecuali satu. Barang siapa yang menghafalkannya dia akan masuk surga, sesungguhnya itu witr (tidak genap). Dia menyukai akan witr itu (yang ganjil)," (Hadits Riwayat Imam Baihaqi).


"Angka 9" dalam Islam, adalah "angka" yang baik. Tidak ada "angka" yang tidak baik. Apalagi kalau dikaitkan dengan Asma'ul khusna yang berjumlah "99" itu, adalah "angka" yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena "99 nama" itu adalah nama-nama yang diperintahkan oleh Allah agar manusia berdo'a dengan menyebut Asma'ul khusna, seperti yang difirmankan dalam Al-Qur'an Surat Al-Israa' Ayat 110 : "Katakanlah : Serulah Allah atau Rohman, mana saja nama Tuhan yang kamu seru. Dia adalah mempunyai nama-nama yang baik."


Menurut saya, apa yang harus kita lakukan dengan "angka" "09-09-'09", adalah kita harus bersyukur karena bertepatan dengan "angka" ini kita masih diberi kesempatan bernafas, diberi kesehatan dan kekuatan sehingga kita bisa melakukan ibadah kepada Allah SWT, yaitu kita dapat berpuasa pada bulan Ramadhan, shalat, bersedekah dan ibadah-ibadah yang lain.

0 komentar: