Rabu, 27 Februari 2019

STUDI BANDING DAN WISATA KE NEGERI DI ATAS AWAN LUMAJANG

Perjalanan Sidoarjo ke "Lumajang" bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam atau  150 menit. Perjalanan bisa cepat karena tim kami melewati Jalan Tol. Berangkat dari kantor sekitar pukul 05.30 WIB dan sampai di "Inspektorat Lumajang" sekitar pukul 08.00 WIB.

Kehadiran kami disambut oleh Inspektur Kabupaten "Lumajang", walaupun hanya sebentar, karena beliau akan ada acara yang tidak bisa diwakilkan. Kemudian rombongan kami diterima oleh Sekretaris, Ispektur Pembantu beserta para auditor dan P2UPD.

Mereka menjelaskan seluruh program dan kegiatan "Inspektorat Lumajang" dan menjawab questioner terkait kegiatan pengawasan yang telah kami kirimkan sebelumnya. Setelah itu kami melihat laboratorium sarana dan prasarana serta peralatan pemeriksaan kegiatan pembangunan fisik. Setelah itu acara penutupan ditandai dengan tukar menukar cindera mata dan foto bersama.

Setelah acara di "Inspektorat" selesai, kami diajak untuk makan siang dan dilanjutkan kunjungan ke Pendopo Kabupaten "Lumajang" yang Bupatinya masih ada hubungan keluarga dengan rekan kami. Di Pendopo kami sholat dan beramah tamah dengan orang tua dan istri serta anak Bapak Bupati. Bapak Bupati sendiri masih ada acara dengan DPR, sehingga tidak bisa menerima kami. Setelah beramah tamah cukup lama, sekitar 2 (dua) jam lebih, rombongan kami menuju hotel Grand Aloha untuk beristirahat. Sementara rekan kami beristirahat, saya beserta beberapa teman menyempatkan untuk Ziarah ke Pesarean Eyang Mertonegoro di Pemakaman Jogoyudan yang lokasinya termasuk di tengah kota dan berdekatan dengan Pendopo Kabupaten "Lumajang".

Setelah itu baru kami menuju ke hotel untuk mandi dan beristirahat. Malamnya rombongan kami keluar untuk makan malam. Kebetulan ada teman dari Inspektur Pembantu yang berdomisili di "Lumajang" dan rombongan kami diajak untuk makan malam. Sedangkan saya dan ibu Sugiharti beristirahat di kamar hotel dan tidak mengikuti acara makan malam.

Pada pagi dini hari, sekitar pukul 3 pagi, rombongan kami diantarkan oleh Mas Akbar (Pegawai Dinas Pariwisata) untuk berwisata menuju ke "Negeri Atas Awan" B 29. Perjalanan kami cukup menantang. Kami menuju ke Desa Arjosari Senduro dengan mengendarai 3 mobil dinas. Kemudian kami melanjutkan perjalanan dengan naik ojek (Sepeda Motor). Perjalanan cukup menegangkan karena jalannya berupa jalan aspal, paving dan tanah yang selalu menanjak.

Sekitar setengah perjalanan kami berhenti untuk melaksanakan sholat Subuh di sebuah Musholla. Setelah itu baru kami melanjutkan perjalanan ke Puncak B29 yang terkenal dengan sebutan "Negeri Atas Awan". Sebelum sampai ke Puncak kami beberapa kali berhenti karena jalannya tidak memungkinkan dilewati dengan mengendarai sepeda motor. Kami harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter. Walaupun hanya jarak yang pendek, namun juga cukup melelahkan karena jalannya mendaki.

Alhamdulillah.... Akhirnya rombongan kami sampai juga di Puncak B 29 atau "Negeri Atas Awan" dengan selamat. Kami sampai sebelum Matahari Terbit, sehingga kami bisa menikmati keindahan matahari terbit dan kebetulan juga kami bisa menikmati pemandangan awan di lokasi yang lebih rendah dari tempat kami berdiri. Indah sekali destinasi wisata disini. Tidak salah kalau tempat ini dinamakan "Negeri di Atas Awan". Robongan kami disini bisa berfoto-foto maupun mengabadikan Beautiful Sunrise" yang sangat diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara.

Setelah puas menikmati suasana yang sangat indah di "Negeri Atas Awan", rombongan kami turun dengan mengendarai ojek lagi. Sampai di bawah, rombongan kami menikmati sarapan pagi ala Tengger yang sangat nikmat. Setelah itu kami melihat-lihat Penginapan Milik Pemerintah Kabupaten "Lumajang". Kelihatan nyaman juga misainya kita sewaktu-waktu ingin berwisata lagi ke "Negeri Atas Awan", kita bisa nenginap di tempat itu.

Setelah itu rombongan kami melanjutkan perjalanan pulang. Kami mampir ke Pura yang paling besar di Asia Tenggara yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung. Kami sempat melihat-lihat ke sekeliling Pura,  dan satu rekan kami menyempatkan untuk bersembahyang di Pura ini. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dan mampir ke Pengusaha Susu Etawa. Setelah itu baru mampir ke Pusat Oleh-oleh "Lumajang".

Kami melanjutkan perjalanan pulang ke hotel dan beristirahat dan persiapan pulang, sedangkan bagi rekan kami yang muslim melaksanakan Sholat Jum'at. Setelah mereka selesai Sholat Jum'at baru kami melakukan perjalanan pulang ke Sidoarjo.

Dalam perjalanan pulang, sampai di Probolinggo kami mampir ke sebuat Rumah Makan untuk makan siang. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan pulang dan Alhamdulillah sampai di Sidoarjo sekitar pukul 17.00 WIB. Syukur Alhamdulillah rombongan kami sampai di Kantor "Inspektorat" dengan selamat. Perjalanan yang sangat menyenangkan.