Minggu, 22 Februari 2015

"MANFAAT BERAS MERAH"

"Beras Merah" mengandung serat yang tinggi, zat besi, dan bebas lemak".



Aleuron "Beras Merah" mengandung gen yang memproduksi antosianin, sumber warna "merah" atau ungu pada "beras" ini.

Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang khas,
"Beras Merah" adalah tambahan sehat untuk diet Anda. Berikut beberapa "manfaat" bagi kesehatan dari "Beras Merah":

1. Mengurangi Kadar Gula Darah
Karena rendah glikemik,
"Beras Merah" dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Plus, mengatur fungsi insulin tubuh untuk mengontrol diabetes. "Beras Merah" adalah pilihan yang bagus untuk penderita diabetes. Masak "Beras Merah" dan sayur untuk makan malam Anda.

2. Mengurangi Kolesterol
Gandum utuh
"Beras Merah" berisi dedak yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Lemak dedak "Beras Merah" juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Cobalah konsumsi "Beras Merah" setidaknya dua kali sepekan jika Anda ingin mendapatkan "manfaat" yang menakjubkan.

3. Sumber Terbaik Dari Vitamin B6
Apakah Anda tahu bahwa satu porsi nasi "merah" memiliki sekitar 23% dari kebutuhan vitamin B6 harian. Nasi "merah" memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah "merah" dan membantu fungsi setiap organ tubuh.

4. Menurunkan Risiko Obesitas"Beras Merah"dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk makan karena membuat lebih kenyang untuk waktu yang sangat lama. Selain itu, "Beras Merah" memberikan energi tubuh dan membantu pencernaan. Asupan lemak berlebih dapat meningkatkan risiko obesitas dan "Beras Merah" benar-benar bebas lemak. Telah terbukti bahwa orang yang makna nasi "merah" setiap hari, memiliki risiko rendah obesitas.

5. Melawan Asma
"Beras Merah"juga merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium untuk mengontrol pola pernapasan normal. Makan nasi "merah" secara teratur membantu mencegah asma.

6. Kaya Antioksidan
"Beras Merah" juga dikemas dengan antioksidan yang kuat. Itu sangat ber"manfaat" untuk kulit. Makan nasi "merah" secara teratur dapat mencegah munculnya garis halus dan kerutan di kulit. "Beras Merah" juga membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar UV.

7. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Magnesium dalam
"Beras Merah" juga sangat bagus untuk kesehatan tulang. Magnesium adalah nutrisi penting untuk membangun tulang yang sehat. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah di kemudian hari. Mengonsumsi nasi "merah" juga meringankan nyeri sendi.

8. Kaya Serat
"Beras Merah" membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Seperempat cangkir "Beras Merah" mengandung sekitar 2 gram serat, artinya memenuhi 8% kebutuhan serat harian Anda. Serat mencegah dan meringankan sembelit dan meningkatkan fungsi usus. Nasi putih kaya karbohidrat, sementara nasi "merah" mengandung serat. Hal itu memberikan energi untuk tubuh. (Amerikanki) 

9. Mencegah Terjadinya Batu Empedu 
Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam melarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

10. Kemungkinan Dapat Mencegah Kanker 
Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada "Beras Merah"? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam "Beras Merah" diyakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.


11. Sehat Untuk Pencernaan 
Kandungan serat yang tinggi pada "Beras Merah" juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

12. Membuat Lebih Cepat Kenyang
Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal,
"Beras Merah" dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.

Itulah tadi beberapa "Manfaat Beras Merah" untuk kesehatan kita berdasarkan dari pengalaman orang lain yang selama ini telah mengkonsumsi "Beras Merah". Sayapun mulai hari ini (22 Pebruari 2015) beralih dari "beras" putih ke "Beras Merah", sehingga untuk pengalaman pribadi belum bisa banyak berbagi cerita  tentang khasiat "Beras Merah". Namun demikian saya berharap dengan mengkonsumsi "Beras Merah" ini akan dapat menjaga kondisi kesehatan saya dan keluarga tentunya, walaupun sebenarnya sudah agak sedikit terlambat. Namun tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya.....

Semoga tulisan ini ber"manfaat" dan selamat mencoba.....
     
Sumber:
1. rona.metrotvnews.com/.../sejumlah-manfaat-kesehatan...
2. manfaat.co.id/manfaat-beras-merahTranslate this page
3. www.artikelkesehatan99.com/6-manfaat-beras-merah-..
4. www.carahidupsehatalami.info › Manfaat Makanan
Beras merah atau beras putih sebenarnya adalah dalam satu varietas, namun secara kasat mata bisa dibedakan dari warna beras merah yang agak gelap kecoklatan. Secara harga, beras merah tentu lebih tinggi karena ia merupakan beras dari jenis padi yang tidak banyak dibudidayakan. Bagaimana soal gizi?
Meskipun beras merah kurang nyaman dimakan maupun pada sata memasaknya. Beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, serta kurang nyaman jika dimakan karena lebih keras/pera daripada beras putih.  Hal itulah mungkin yang membuat beras merah kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai makanan sehari-hari. Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena ia mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini, dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabates, serta anti hipertensi.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-beras-merah-bagi-diet-dan-kesehatan.html#sthash.9OHicbQF.dpuf

0 komentar: