Rabu, 28 Mei 2014

"ISTILAH AKU RAPOPO"

"AKU RAPOPO" merupakan meme asli indonesia yg berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai arti "aku" tidak apa apa" atau bisa juga "aku" baik baik saja".

 
"AKU RAPOPO" digunakan untuk menggambarkan reaksi seseorang ketika ia mencoba untuk menjadi kuat walaupun sebenarnya ia mengalami musibah atau kenyataan hidup yg cukup pahit.

Tahukah anda..?
Ternyata dibalik seseorang yang mengatakan
"AKU RAPOPO" sebenarnya menyimpan perasaan yang tidak karuan...
Karena kata
"AKU RAPOPO" singkatan dari "AtiKU RAsane POrak POranda".... Itu merupakan singkatan guyon maton menurut Bahasa Jawa.....

Kalau Anda ditanya "Istilah" apa yang paling ngetren saat ini, jawabannya adalah "AKU RAPOPO". "Istilah" ini jauh mengungguli "Istilah" lain, termasuk kampanye parpol, pemilu legislatif, atau golput. "Istilah" ini bahkan dipakai masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari artis seksi Julia Perez, tersangka kasus Hambalang Anas Urbaningrum, hingga beberapa capres seperti Jokowi, Prabowo, dan Wiranto. Dilanjut? "Rapopo"?

"Istilah" ini mengalami booming sejak Jokowi mengucapkannya lantaran terus disudutkan lawan-lawan politiknya. Itu terjadi setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberinya mandat untuk maju sebagai calon presiden (capres).

Yang menarik, Prabowo Subianto juga mengucapkan "AKU RAPOPO" setelah dia sering dihujat karena mengkritik partai politik tertentu yang mengabaikan “perjanjian” dengannya beberapa waktu lalu.
  
Tersangka kasus Hambalang, Anas Urbaningrum, ketika menjalani pemeriksaan di Gedung KPK juga ikut-ikutan mengucapkan istilah ini. Saat itu dia diserbu wartawan yang menanyakan kabarnya. Anas dengan santai menjawab: "AKU RAPOPO"!

Bahkan, boleh percaya boleh tidak, motivator hebat sekelas Mario Teguh pun jeli melihat maraknya penggunaan istilah "AKU RAPOPO". Itu sebabnya, acara Mario Teguh – Golden Ways yang disiarkan MetroTV pada Minggu, 16 Maret 2014, mengambil judul sangat spesial: "AKU RAPOPO"!

Kalau menilik ke belakang, sebenarnya istilah ini lebih dulu dipopularkan artis Julia Perez, atau sering disapa Jupe. Sejak rencana pernikahannya digantung Gaston Castano, Jupe kerap mengatakan "AKU RAPOPO".

"Istilah AKU RAPOPO" ini sekaligus dijadikan judul single lagu terbarunya, yang melukiskan kegalauan  hati Jupe mengenai hubungan asmaranya dengan pesepakbola dari Argentina itu.


Lirik lagu "AKU RAPOPO" menceritakan seorang istri yang suaminya selingkuh. Video klip untuk single lagu ini juga sudah dibuat di Pejaten, Jakarta Selatan, 22 Maret lalu.

“Single "AKU RAPOPO" terinspirasi dari hari-hari "aku". Lagu ini "aku' ciptain sama partnerku yang jago bahasa Jawa,” kata Jupe.

Banyak orang menduga kalau Jokowi sering mengucapkan istilah "AKU RAPOPO" karena terinspirasi Jupe. Ternyata tidak! Sebelumnya dia sudah melihat gambar-gambar lucu di kaskus, yang semuanya diberi tulisan "AKU RAPOPO". Jokowi mengungkapkan "Istilah" dalam bahasa Jawa, "AKU RAPOPO" yang saat ini begitu populer di media sosial. Ini mengekspresikan bahwa segala tudingan dan serangan politik tidak dipikirkannya.
"AKU RAPOPO".. ya terjemahannya "AKU RAPOPO", "aku" gak masalah, mau bilang apapun, "AKU RAPOPO"," kata Jokowi dengan tawa.

Memang, ungkapan "AKU RAPOPO" awalnya digunakan untuk menggambarkan perasaan / ungkapan seseorang yang sedang jomblo, baru saja putus hubungan dengan kekasihnya, atau bisa juga untuk janda / duda baru.

Itu sebabnya, Jupe mengucapkan "AKU RAPOPO" saat nasib pernikahannya dengan Gaston sepertinya berantakan lagi seperti beberapa waktu lalu.

Rupanya dari sinilah "Istilah AKU RAPOPO" makin membumi, meski sebelumnya sudah bermunculan gambar-gambar bertema serupa yang mengisahkan kegalauan hati seseorang yang jomblo atau lagi sorangan wae.

Hastag "AKU RAPOPO" juga bermunculan di berbagai social media seperti twitter, facebook, dan lain-lain. Gambar apapun, yang mendukung, bisa dipasangi tulisan atau hastag "AKU RAPOPO". Karena sekarang lagi musim pemilu, maka dunia politik sering menjadi sasaran penempelan tulisan "AKU RAPOPO"
 
"AKU RAPOPO", merupakan kosa kata bahasa Jawa, yang berarti "aku" tidak apa-apa. Banyak makna dari ucapan ini. Misalnya Aku" baik-baik saja”, Aku" nggak masalah”, sampai jika diurutkan ke tingkatan lebih lanjut, sebenarnya ini merupakan ungkapan dari seseorang yang pasrah, bahkan ikhlas.

Apabila diterapkan pada tempat yang sebenarnya, "Istilah" ini justru sangat bagus. Misalnya, ada yang memfitnah, dan kita tak berniat membalasnya, maka cukup membatin: "AKU RAPOPO".

Ketika ada orang yang iri dan dengki, lalu melakukan tindakan bully, maka cara meredam terbaik ya cukup berkata dalam hati: "AKU RAPOPO". Termasuk dalam konteks Anda ditipu orang lain, pacar, atau sahabat, dan Anda ikhlas, maka "AKU RAPOPO" sangat relevan untuk menjadi pil penenang.


Begitulahsejarah riwayat, asal usul alias asal mula "AKU RAPOPO", hehehe…

Gimana? "Rapopo"

Berikut ini lirik lagu "AKU RAPOPO"  yang ditulis dan dinyanyikan oleh Julia Perez:

Rasa hati ini uwes broken
nemu kamu wes tak sobek sobek
kang mas indehoy karo miss tukinem

Don’t alesan don’t many alesan
i sudah know mas you bajingan suka jajan
your wife ini minta di ceraikan

Endasku saiki uwes puyeng
gara gara i think macem macem
ora peduli how do you how how
iing penting jupe uwes seneng

It’s oke wae mas
it’s oke wae
"AKU RAPOPO".."AKU RAPOPO".."AKU RAPOPO"
Don’t comeback again mas
don’t comeback again
"AKU RAPOPO".."AKU RAPOPO".."AKU RAPOPO"
Mas "aku" nyambut gawe, gae kowe
ayuku gawe kowe, awakku gawe kowe
tapi, kenopo, kenopo, kenopo


Selamat menikmati suasana hati "AKU RAPOPO"........
 
Sumber:
1. www.kaskus.co.id › HomeFORUMThe Lounge
2. Unggul B Sudirman, Facebook, update.status.....
3. simomot.com/.../galeri-gambar-koplak-bertema-aku-r...
4. www.merdeka.com › TAGCCAPRES-JOKOWI
5. lirik-baru.blogspot.com › Lagu Indonesia
6. www.keepcalm-o-matic.co.uk/Always-smile-and-say-akurapoo.....
7. Nyantai (31012014) — with Banda Go Trilyuner at Seririt, Singaraja, Bali.
8. Bandar Udara Lombok (18012014) — with Banda Go Trilyuner.

0 komentar: