Kamis, 21 November 2013

"PERBEDAAN HIJAB, JILBAB DAN KERUDUNG"

"Sebagian besar masyarakat masih banyak yang salah kaprah tentang pemahaman arti istilah "Jilbab", "Hijab" dan "Kerudung"



Mereka menilai semua istilah tersebut memiliki makna sama yaitu penutup kepala. Padahal arti yang sebenarnya sangatlah berbeda.


Pengertian "Kerudung" sebenarnya sudah jelas. "Kerudung" umumnya dipakai oleh wanita muslim. Tetapi "Kerudung" juga sering dipakai oleh perempuan non muslim. "Kerudung" sendiri tidak dianjurkan dalam Islam, karena desain "Kerudung" cuma sebagai penutup kepala saja. "Kerudung" yang hanya sebagai penutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus.
Perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah, misalnya, diwajibkan untuk menutupi rambut mereka, seringkali menggunakan
"Kerudung" yang dikenal dengan nama tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan tzniot. "Kerudung" dulunya dipakai juga oleh perempuan Kristen yang telah menikah di Eropa pada abad pertengahan, bahkan dipakai juga oleh perempuan yang belum menikah.

Hampir sama dengan
"Kerudung", ada istilah khimar. Sesuai yang tertera dalam surat An-Nur ayat 31 Khimar  adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka. Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti "Kerudung", karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus ke bawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi.

"HIJAB"


"Hijab"menurut Al-Quran artinya penutup secara umum. Allah SWT. dalam surat Al Ahzabayat 58 memerintahkan kepada para sahabat Nabi SAW  waktu mereka meminta suatu barang pada istri Nabi SAW untuk memintanya dari balik"Hijab" . Jadi, "Hijab" berarti umum, bisa berupa tirai pembatas. 

Sehingga memang terkadang kata "Hijab" dimaksudkan untuk makna "Jilbab". Adapun makna lain dari "Hijab" adalah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya. "Hijab" berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-"Hijab" adalah benda yang menutupi sesuatu.

"JILBAB"


Sebagaimana disimpulkan oleh Al Qurthuby: "Jilbab" adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh". Kecuali Wajah dan telapak tangan.



Hal ini seperti yang tertuang juga dalam firman Allah "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri mukminin, "Hendaklah mereka mengulurkan "Jilbab"nya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal dan tidak mudah diganggu (QS 33:59). 



Dengan melihat uraian diatas jadi "Jilbab" bukanlah kerudung, melainkan "Jilbab" adalah baju jubah atau pakaian longgar bagi perempuan yang menutupi seluruh anggota tubuh atau aurat perempuan. Karena itu, anggapan bahwa "Jilbab" sama dengan "Kerudung" merupakan sesuatu yang salah kaprah yg seharusnya diluruskan. 



Banyak perempuan muslim yang mengaku sudah ber"Jilbab", padahal dia hanya ber"Kerudung" karena menutup kepalanya saja sedangkan bagian lainnya terbuka atau meskipun tertutup tetapi sangat menonjolkan bagian tubuh dengan berpakaian ketat. Jadi jelas perbedaan antara "Hijab", "Jilbab" & Khimar / "Kerudung". Karena "Jilbab" tak sekedar penutup kepala hingga menutupi dada, ia melindungi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
Sumber:
1. www.update-berita.com/.../Wajib-Anda-Ketahui-Perbe...
2. www.facebook.com/sifastore-facebook....
3. laely.widjajati.photos.facebook/jilbaber....
4. mashar2000.wordpress.com/01-Maret-2013....

0 komentar: