Sabtu, 02 November 2013

"KHASIAT DAN MANFAAT DAUN MIMBA"

"Mimba" atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Azadirachta indica A. juss, memiliki banyak sekali "khasiat"



Tanaman "Mimba" ini adalah pohon berkayu yang dapat digunakan sebagai konstruksi bangunan, ini karena kualitas kayu "Mimba" sebanding dengan kayu jati. Bahkan kayu dari pohon "Mimba" memiliki nilai jual tinggi di pasaran internasional, komoditas ini termasuk ekspor. Tetapi tahukah anda bahwa "daun" dari tanaman ini memiliki banyak "khasiat" yang belum terungkap?, "Daun Mimba" memiliki "manfaat" dan "khasiat" yang luar biasa untuk kecantikan kulit juga untuk pengobatan.

Jika di timur tengah termasuk Saudi Arabia, pohon yang memiliki "daun" selalu hijau pada cuaca ekstrim padang pasir, ia mendapat julukan sebagai Pohon Soekarno. Seperti di tanah Jawa "Daun Mimba" tetap hijau meski dalam kondisi musim kemarau panjang, mungkin dari sini dapat disimpulkan bahwa "Daun"-"Daun Mimba" memiliki "khasiat" yang luar biasa.

"Mimba" tergolong tanaman perdu yang ditemukan pertama kali di kawasan Hindustani, India. Namun, kini "Mimba" sudah tersebar di seantero nusantara sejak abad ke 15. Pulau Jawa merupakan kawasan utama yang banyak ditumbuhi tanaman ini.

"Mimba" ini lebih suka tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan "Mimba" sering ditemukan di tepian jalan atau hutan yang tidak terlalu banyak semaknya. Dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, "Mimba" memang cenderung kalah populer di tengah masyarakat, namun tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang banyak memiliki kandungan "manfaat" untuk kesehatan.
 
Jika dilihat sepintas, memang "Mimba" tidak berbeda dengan tanaman pagar yang lain. Karena itu, tidak mengherankan kalau belum banyak orang yang tahu apalagi me"manfaat"kannya.

Sekilas tentang tanaman "Mimba", yang memiliki "khasiat" sebagai obat (herbal). Bagian dari tumbuhan ini yang dapat dijadikan obat adalah kulit pohon, "daun" dan buahnya, namun kebanyakan yang kita jumpai pe"manfaat"an secara turun temurun hanya bagian "daun" yang paling banyak diambil "manfaat"nya.

Tanaman "Mimba" memiliki "daun" dengan helaian memanjang berukuran antara 3-10 cm dan lebar 0,5 cm. Warna "daun"nya hijau muda dengan bagian tepi "daun"nya bergerigi kasar. Beberapa "manfaat" yang bisa diperoleh dari tumbuhan "Mimba", antara lain sebagai berikut:

1. MEMBANTU PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB).

Mungkin belum banyak yang tahu kalau minyak "Mimba" dapat juga dijadikan sebagai pembantu kelancaran program keluarga berencana (KB). Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak "Mimba" tidak memberikan efek samping terhadap penggunaan alat kontrasepsi."Mimba" digunakan untuk membunuh sel sperma sehingga pembuahan tidak terjadi. Makanya, Anda bisa menggunakan "Mimba" sebagai bentuk KB alternatif.

2. MENGATASI DIARE. 

Jika Anda sedang terserang diare, gunakanlah "Daun Mimba". Ambil beberapa lembar "daun"nya. Kemudian, cuci dan rebuslah dengan sekitar 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saringlah. Karena airnya sangat pahit, maka tak ada salahnya jika Anda menambahkan madu ke dalamnya sebelum mengonsumsinya.

 3. DIABETES

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa bagian "Daun Mimba" bisa di"manfaat"kan untuk pengobatan alami guna menurunkan kadar gula darah. Aktifitas pemberian ekstrak minyak "Mimba" selama dua minggu berturut-turut, diketahui dapat mencegah terjadinya kenaikan gula darah. Yang mungkin mengejutkan ialah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktifitas hipoglikemik ekstrak "Mimba" setara dengan glibenclamide yang menjadi bahan aktif untuk penurun diabetes atau anti-diabetes. Ya, dapat dikatakan bahwa "Daun Mimba" sangat ber"manfaat" dalam hal mengontrol kadar gula dalam darah serta mencegah atau menunda terjadinya diabetes melitus. Seorang ahli botani Barat menyebut "Daun Mimba" ini sebagai wonderfull tree karena memiliki beragam "manfaat" untuk kesehatan. Untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, caranya serupa dengan pengobatan diare. Ambil daun Mimba yang sudah dikeringkan untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saringlah dan kemudian minum airnya. Minumlah air rebusan Mimba secara konsisten.

4. MENGOBATI MASUK ANGIN. 

"Daun Mimba" juga bisa digunakan untuk mengobati masuk angin. Rebuslah "Daun Mimba" yang sudah dikeringkan dan satu rimpang Jahe sampai mendidih. Kemudian, saring dan minumlah airnya.

5. PENCUCI LUKA.

Untuk mencuci luka baru, luka gores, atau luka memar, Anda juga bisa menggunakan air rebusan "Daun Mimba".

6. MENURUNKAN PANAS.

Bagian "Daun Mimba" memiliki rasa pahit, tetapi herbal ini sangat ber"khasiat" untuk menurunkan panas.

7. UNTUK MEREDAKAN NYERI.

"Daun Mimba" juga ber"manfaat" untuk meredakan nyeri-nyeri karena sifat "Daun Mimba" adalah antipiretik dan antirematik. "Khasiat" obat yang di peroleh dari "Daun Mimba" ini lantaran mempunyai kandungan bio kimia seperti azachdirichtin, asam asetil,oksituranoe dan minyak gliserda.

8. MENYEMBUHKAN HEPATITIS.



Rasa pahit pada daun mimba bukan tanpa alasan, lantaran itu ia memiliki "Khasiat Mimba"  untuk pengobatan penyakit, selain memiliki kandungan kimia seperti di atas  ia juga  terdapat senyawa-senyawa lain yang konon mampu menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan antara lain  penyakit hepatitis.

9. MENYEMBUHKAN PENYAKIT KANKER.

"Daun Mimba" juga ber"manfaat" untuk menyembuhkan penyakit kanker.

10. MENYEMBUHKAN PENYAKIT LIVER.

Disamping itu "Daun Mimba" juga ber"manfaat" untuk menyembuhkan penyakit liver.

11. MENYEMBUHKAN GAYAL-GATAL.  

Masalah  kesehatan kulit seperti gatal-gatal eksim, panu, kudis dan gangguan penyakit kulit lainnya juga dapat diatasi dengan "Daun Mimba"

12. OBAT CACINGAN DAN PENAMBAH NAFSU MAKAN.

Herbal "Daun Mimba" sering di"manfaat"kan sebagai obat cacingan dan jamu penambah nafsu makan. Ini berkat kandungan biokimia seperti yang tertulis di atas, senyawa-senyawa aktif lain yang dimiliki herbal "Mimba" adalah glokosida, flavonoida, triterpenoid, dan juga ditemukan adanya senyawa antivirus pada "Daun Mimba".


13. MEMBASMI KETOMBE DAN MELEMBABKAN RAMBUT.

Mengatasi masalah ketombe dapat dilakukan oleh "Daun Mimba", tidak hanya mampu menambah nafsu makan, herbal ini juga mampu mengatasi masalah ketombe. "Khasiat Daun MIMBA" dapat mengusir ketombe berkat kandungan senyawa anti inflamasi di dalamnya. Inilah alasan yang cukup kuat, bahwa "Daun Mimba" efektif menyembuhkan masalah-masalah yang berhubungan dengan kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eczema.
Cara membuat ramuan untuk membasmi ketombe adalah sangat mudah sekali, campur air rebusan "Daun Mimba" yang sudah dingin dengan madu asli. Resep herbal ini selain ampuh mengusir gangguan ketombe, dapat juga digunakan untuk kondisioner rambut. "Manfaat" lain dari ramuan madu asli dan "Daun Mimba" adalah melembabkan rambut. Selain Bebas dari masalah ketombe, setelah rutin menggunakan campuran herbal ini maka Anda terhindar juga dari masalah rambut kering, kusut dan rambut pecah-pecah.

14. OBAT JERAWAT AMPUH.

"Daun Mimba" sangat ampuh untuk pengobatan jerawat, seperti dalam tradisi masyarakat Jawa menggunakan "Daun Mimba" untuk obat gangguan penyakit kulit, ternyata "daun" yang memiliki rasa pahit ini adalah memiliki "manfaat" lain untuk menyembuhkan jerawat, mengobati luka jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebihan pada wajah.
Cara menggunakan "Daun Mimba" untuk obat jerawat sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanya merebus "Daun Mimba" secukupnya, setelah hangat-hangat kuku dapat anda terapkan secara merata pada bagian wajah anda. Jika anda melakukan pengobatan secara rutin dengan "Daun Mimba", "manfaat" lain juga anda peroleh termasuk kelembaban kulit wajah anda, menyingkirkan komedo dan kulit wajah kencang plus halus.

15. MASKER DAN SKIN TONER.

Untuk mendapat "manfaat Daun Mimba"  sebagai masker wajah yang ampuh, yang anda perlukan adalah beberapa bahan alami lain seperti madu asli, tepung maizena, yogurt dan susu kedelai. Langkah pembuatannya dapat disesuaikan antara jumlah semua bahan alami dengan kebutuhan masker anda. Tentunya "manfaat" yang anda peroleh dari masker "Daun Mimba" adalah terhindar dari kulit berjerawat, kulit keriput, komedo dan minyak berlebih pada wajah, jika anda secara rutin mengaplikasikan 3 kali dalam seminggu. "Manfaat" lain dari masker alami "Daun Mimba" adalah memperkecil pori kulit wajah anda. "Daun Mimba" juga dapat dijadikan skin toner, ini adalah sangat aman untuk kesehatan kulit wajah anda. Seperti yang telah kita ketahui, bahan dasar skin toner yang dijual di pasaran adalah alkohol, sehingga "Daun Mimba" adalah pilihan terbaik untuk dijadikan toner kulit. Cara membuatnya juga sangat sederhana, rebus "Daun Mimba" secukupnya dan tambahkan dengan perasan air jeruk nipis seperlunya.
 
Itulah beberapa "khasiat" tanaman "Mimba" yang ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah, sebagai obat KB, pereda masuk angin, diare, dan lainnya. Ternyata benar, setiap ciptaan Tuhan itu pasti ada "manfaat"nya, termasuk tanaman "Mimba" ini.

Namun demikian informasi mengenai penggunaan "Daun Mimba" secara tradisional masih sangat terbatas. Penyebabnya adalah masih sedikit hasil penelitian yang mendukung penggunaan "Mimba" sebagai tanaman obat diinformasikan kepada masyarakat. Akibatnya, tanaman obat berkernbang secara turun menurun hanya berdasarkan pengalaman.

Seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan tanaman obat dalam dunia kesehatan dengan semboyan back to nature, keingintahuan masyarakat terhadap "khàsiat" dan "manfaat" tanaman obat pun semakin berkembang. Informasi penggunaan tanaman obat berdasarkan pengalaman saja dinilai belum cukup. Karena itu, penjelasan singkat berkaitan dengan hasil penelitian mengenai tanaman obat, khususnya "Mimba", dinilai penting untuk diinformasikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dan daerah Situbondo, penduduk setempat mengungkapkan bahwa seduhan
"Daun Mimba" jika diminum menyebabkan nyamuk tidak berani menggigit. Informasi lain yang mendukung pe"manfaat"an "Daun Mimba" diperoleh juga dari negara tetangga yang memiliki populasi "Mimba" terbesar di dunia, yaitu  India. Di negara ini, "Daun Mimba" sudah dicantumkan dalam buku resmi mengenai obat-obatan dan bahan alam. Begitu juga artikel-artikel ilmiah terutama dan para penulls India telah banyak mengungkap berbagai aktivitas farmakologi "Daun Mimba".  

Sumber:

1.  http://www.deherba.com/khasiat-mimba-dari-alat-kb-sampai-pengendali-gula-darah.html#ixzz2jXaeG5H4
2. caratik.us › Khasiat Herbal
3. agil-asshofie.blogspot.com/.../khasiat-dan-manfaat-da...
4. aguskrisnoblog.wordpress.com/Pemanfaatan-Daun-Mimba-(Azadirach....
5. laely.widjajati.photos.facebook/Ambil-daun-mimba.....
6. apotekherbal.com/Mimba-Kapsul-Ekstrak-Manfaat.....

0 komentar: