Jumat, 18 Oktober 2013

"MENIKMATI HARI LIBUR - PEDULI LINGKUNGAN"

"Rutinitas "Hari Libur" Sabtu dan Minggu, apabila dinikmati sangatlah menarik"


Sabtu Tanggal 19 Oktober 2013, "Hari Libur" rutin bagi para Pegawai Negeri Sipil, yang Non Pelayanan Publik. Pagi "Hari" ini diawali hujan turun pukul 03.50 WIB, menjelang Subuh. Lumayan segarlah walaupun hujannya tidak terlalu lama, tapi sudah bisa cukup untuk menyirami tanaman yang ada di Taman.

Sesuai dengan Surat Edaran Ketua RT 16/RW 05 Taman Jenggala Pemerintah Desa Larangan, bahwa pada "Hari" Sabtu dan "Hari" Minggu, Tanggal 19 dan 20 Oktober 2013, di lingkungan Taman Jenggala khususnya RT 16, akan dilakukan Pengerukan Selokan. Hal ini dilakukan sebelum musim hujan tiba, tapi tadi pagi pukul 03.50 WIB sudah mulai turun hujan setelah lama tidak turun hujan. 

Pukul 05.30 WIB,  saya sekeluarga kerja bakti untuk mengangkati pot bunga yang berada di atas tutup selokan untuk diletakkan di pinggir supaya nantinya tidak rusak dan tidak mengganggu para pekerja/pembersih/pengeruk selokan. Hal ini juga dilakukan oleh para tetangga yang lain. Kalau begini bisa ketemu dengan para tetangga, karena biasa keseharian tidak pernah bertemu, karena kesibukan masing-masing. 

Sedang asyeek memotong pohon kamboja, ada tetangga yang minta potongannya untuk ditanam. Memang pohon kamboja ini sangat mudah menanamnya. Ditancapkan di tanah saja bisa langsung tumbuh dan dapat dimanfaatkan untuk menambah keindahan "Lingkungan".

Pukul 08.30 WIB, setelah selesai membersihkan dan merapikan tanaman, saya sekeluarga dan para tetangga pun sudah selesai merapikan tanaman dan "Lingkungan" mereka masing-masing dan masuk ke rumah masing-masing sambil menunggu para pekerja/pengeruk selokan.

Sudah menunjukkan pukul 09.35 WIB, para pekerja pengerukan selokan kok belum datang. Emangnya mau dikerjakan mulai jam berapa siih?? Mumpung sekarang "Hari Libur" sehingga bisa mengawasi pekerjaan pengerukan selokan.

Waaaaah........ Kayaknya "Hari Libur"  kali ini memang penuh penantian. Para pekerja belum hadir jugaaa..... ? 

Setelah kutinggal tidur sampai pukul 15.15 WIB pun, para pekerja belum ada. "Hari" Minggu kali mulai bekerjanya. Semoga pekerjaannya besok lancar. Kayaknya kerjanya berat juga tuh pengerukan selokan. Setelah tutup selokan dibuka, ternyata banyak kotoran, sampah yang selayaknya tidak dibuang ke selokan. Ternyata masyarakat ini memang masih sangat sulit untuk diajak peduli pada "Lingkungan". Masak buang sampah saja masih belum pada tempatnya. 

Program Peduli Lingkungan (conservation programs), yaitu program pengelolaan "Lingkungan" secara benar dan bermanfaat  sehingga dapat dinikmati secara terus menerus tanpa merusak keadaannya, turut menjaga dan melestarikan sehingga ada manfaat yang berkesinambungan.
 
Mengingat masyarakat adalah unsur yang menikmati langsung kondisi "Lingkungan", ada sebuah Yayasan, yaitu Yayasan Peduli Anak Negeri (YPAN) yang mengajak masayarakat untuk menjadi media kontrol secara langsung terhadap "Lingkungan"nya dan berperan aktif untuk peka terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya pelestarian "Lingkungan" dengan menanamkan pengertian “Membangun bukan berarti harus merusak”. Program-program seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka pendidikan pelestarian "Lingkungan".
Disamping itu ada juga Komunitas Peduli "Lingkungan"  (KOPEL Indonesia). Komunitas ini juga mengajak kepada masyarakat untuk Peduli kepada "Lingkungan". Masih banyak lembaga-lembaga lain yang berkecimpung dalam kegiatan kepedulian "Lingkungan", semoga mereka benar-benar peduli terhadap "Lingkungan" ini dan tidak panas-panas tahi ayam dan sekedar mencari popularitas belaka.
 
Sumber:
1. laely.widjajati.photos.facebook/Mendungpun-ENGKAU-Lukiskan-dg-sangat-Indah.........
2. laely.widjajati.photos.facebook/Tak-ada-"Sedap-Malam"........"KAMBOJA"pun-jadi......
3. www.yayasanpeduli.or.id/in/program/lingkungan.html
4. https://www.facebook.com/komunitas.p.indonesia.7
5. laely.widjajati.photos.facebook/jaga-lingkungan......

0 komentar: